kabbalah666Avatar border
TS
kabbalah666
Aksi Menko Luhut Nyetir Eskavator Bersihkan Sampah di Cilincing
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melakukan pengecekan sampah di kawasan pesisir Cilincing, Jakarta Utara. Pengecekan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan aksi bersih yang bertajuk "Gerakan Aksi Bersih Dalam Rangka Memperingati Hari Bumi".

Sebelumnya, Luhut memberi sambutan di panggung utama. Dalam sambutannya Luhut menyampaikan bahwa kebersihan menjadi salah satu isu yang disoroti dunia.

"Sekarang yang menjadi isu dunia adalah menyangkut kebersihan atau sampah. Banyak pemimpin dan intelektual kita yang tidak menyadari betapa pentingnya sampah ini. Indonesia adalah negara kedua setelah Cina yang punya sampah terbanyak," ujar Luhut di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (6/5/2017).

Dalam kesempatan itu hadir pula Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi, Camat Cilincing Purnomo, Duta Besar Amerika Serikat, Duta Besar Belgia, Duta Besar Denmark, dan Duta Besar Korea.

Usai memberi sambutan di panggung utama, Luhut menuju kali tak jauh dari panggung. Di sana, Luhut mengoperasikan ekskavator untuk mengeruk sampah dan dimasukkan ke dalam mobil sampah. Kemudian, Luhut menuju ke tempat pengolahan sampah dan melihat mesin yang tengah berjalan untuk mengolah sampah. Luhut kemudian berbincang dengan Duta Besar Denmark soal lingkungan.

Melihat banyaknya sampah yang di perairan Jakarta, Luhut mengajak masyarakat untuk berperan serta menjaga lingkungan. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah plastik ke laut.

"Saya imbau, rakyat jangan buang plastik lagi ke laut. Karena akan dimakan ikan, itu bisa terkontaminasi. Itu long term akan merusak generasi. Kita harus sepakat bersihin ramai-ramai," kata Luhut usai melihat pengolahan sampah di TPI, Cilincing, Jakarta Utara,

Tak muluk-muluk, Luhut ingin bergerak dari hal kecil. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah toilet yang bersih.

"Itu juga menyangkut WC supaya bersih jangan bicara tinggi-tinggi dulu lah. Jangan bicara aneh-aneh. Yang dasar aja kita kerjain," tuturnya.

Melihat sampah yang begitu banyak di perairan Cilincing, ia pun berjanji kepada Camat untuk kembali dua minggu lagi. Luhut ingin melihat perkembangan kebersihan sampah di Kecamatan Cilincing.

"Pak Camat, saya mau balik lagi dua minggu, mau liat progressnya," ujar Luhut kepada Camat Cilincing Purnomo.
(irm/tor)

https://news.detik.com/berita/d-3493...h-di-cilincing

luhut 4 r1 2019
0
2.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.