Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

margosaAvatar border
TS
margosa
Di Mana Dana Haji Disimpan?

Di Mana Dana Haji Disimpan?



Jakarta - Dana haji yang masuk melalui Kementerian Agama (Kemenag) disimpan pada tiga instrumen keuangan, yaitu Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Surat Berharga Negara (SBN) dan deposito berjangka perbankan syariah.

Instrumen tersebut dipilih karena telah memenuhi persyaratan, yaitu aman, bermanfaat serta likuid alias mudah dicairkan. Demikianlah disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/1/2017).

"Penempatan dana-dana haji harus memenuhi 3 kriteria persyaratan. Pertama harus terjamin keamanannya, dua dia harus memiliki nilai manfaat yang ketiga memiliki likuiditas yang baik artinya likuid," ungkapnya.

"Atas dasar itulah seluruh dana dana haji itu ditempatkan di SBSN yang berbasis syariah, surat berharga syariah negara, lalu yang kedua untuk membeli Surat utang negara, SUN, dan yang ketiga ditempatkan di deposito berjangka di bank bank syariah," jelas Lukman.

Lukman menyatakan, dana haji tidak ditempatkan pada pembangunan infrastruktur. Ia mengakui adanya wacana yang berkembang perihal tersebut, akan tetapi hingga sekarang belum ada pembicaraan.

"Kami dalam posisi memberikan sepenuhnya kewenangan pada BPKH. Karena nanti BPKH Itulah yang oleh undang undang mendapatkan mandat untuk bagaimana menginvestasikan dana dana itu ke dalam bentuk investasi seperti apa," tandasnya.


(mkj/mkj)



https://m.detik.com/finance/moneter/...-haji-disimpan


"maruk bener dah dana ummah pun mau dipinjam" ((emoticon-linux2))
0
2.2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.