Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

j4n11rAvatar border
TS
j4n11r
Perusahaan Fashion Terkenal Pilih Bangladesh Ketimbang RI, Ini Alasannya
Jakarta - Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Indonesia saat ini terbilang cukup terpuruk. Selain maraknya serbuan tekstil impor, banyak perusahaan-perusahaan pemilik merk produk fashion kenamaan saat ini lebih memilih basis produksinya di luar Indonesia.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Tutum Rahanta, mengatakan sebelumnya banyak brand-brand produk fashion memiliki basis produksi di Indonesia, namun sebagian dari perusahaan-perusahaan tersebut beralih ke negara yang ongkos produksinya lebih murah.

"Dulu sebetulnya banyak di China, dengan Thailand sudah lewati kita, sekarang bersaingnya paling dekat dengan Vietnam, kita masih di bawahnya, sekarang turun lagi (di bawah) Bangladesh, lama-lama kita turun sama Ethiopia. Sekarang banyak perusahaan buat produknya di sana, negara yang lebih terbelakang dari kita. Akhirnya merk seperti Uniqlo muncul dari Bangladesh, Indonesia malah jarang," kata Tutum di Hotel Ibis, Sawah Besar, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Diungkapkannya, faktor biaya produksi dan kemudahan bisnis jadi alasan merk ternama tersebut memilih membuat produknya di negara lain.

"Satu hal siapapun pasti pilih harga dulu, ok kalau harga mirip-mirip bersaingnya di produktivitas, pasti dong. Terus mereka debirokratisasi enggak ribet, saya juga kalau jadi brand internasional saya pilih yang mana, China sudah enggak bisa karena mahal, kecuali barang saya barang mahal, kalau pun ada dia secara pakai mesin besar-besaran," ujar Tutum.

"Bangladesh pilihannya, karena kita pelajari kenapa brand internasional ke negara itu. Kain yang sesuai kualitas mereka tersedia di sana, di kita enggak tersedia sesuai keinginan mereka. Kemudian kita tak bisa tutup mata, soal produktivitas kita dan gangguan-gangguan lain," tambahnya. (idr/dna)
0
4.8K
54
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.