Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agusorantoAvatar border
TS
agusoranto
Mengapa Menara Eiffel Tidak Dihancurkan Saat Perang Dunia?



Pada saat perang dunia yang pertama dan yang kedua, Menara Eiffel memang sudah ada dan menjadi ikon dari kota Paris sendiri. Semua orang juga telah begitu mengenal mengenai diktator asal Jerman yaitu Adolf Hitler ketika ia memimpin pasukan Jerman.

Jerman beserta Adolf Hitler memang sudah banyak menduduki berbagai macam kota di Eropa, dan juga sekaligus telah ikut menghancurkan ikon-ikon dari kota-kota yang telah mereka duduki tersebut. Namun, mengapa NAZI pada saat menduduki Prancis mereka tidak menghancurkan menara Eiffel ? Apa yang menyebabkan mereka tidak berani melakukan semua itu ?
Menara yang termasuk pemancar tertinggi didunia ini, dibangun pertama kali para tahun 1889 dan sudah memiliki banyak sekali cerita yang begitu kelam dan bahagian selama kurang lebih 128 tahun ia berdiri.

Hingga sampai sudah sebanyak 200 juta pasang mata telah berhasil melihat menara ini secara langsung dan menikmati keindahannya. Lahir pada masa sebelum terjadinya perang dunia yang pertama dan kedua membuat menara ini termasuk ikon kota yang termasuk “Beruntung” karena sama sekali tidak menjadi target penghancuran pada saat itu.

Lantas apakah yang menyebabkan semua itu terjadi, apakah dibalik itu semua ada terselip alasan khusus ?.

2 Alasan Tidak Dihancurkannya Menara Eiffel :

Semua orang sudah banyak mengetahui bahwa NAZI dan para pasukannya sudah berhasil dalam menguasai Prancis dan kota yang termasuk didalamnya adalah Paris, hingga sampai pada masa perang dunia yang kedua.

Pada masa itu tentara Jerman yang dibawah kepemimpinan Adolf Hitler sangat ditakuti diseluruh Eropa. Semua itu dikarenakan pada saat tentara Jerman mendiami sebuah kota, maka kota tersebut sudah bisa dengan mudah dikuasi oleh Jerman, Lalu mengapa menara Eiffel tidak dihancurkan ?
Ketika pada saat kekuasaan NAZI di Prancis hampir habis ditelan oleh Sekutu maka. Untuk merebut kembali semua itu akhirnya membuat Adolf Hitler mengumumkan sebuah wacana yang cukup mencengangkan publik pada saat itu. Disana Hitler sendiri memerintahkan kepada Jenderal Dietrich von Choltitz yang mana pada saat itu menjabat sebagai gubernur militer Paris untuk meruntuhkan seluruh menara yang ada di kota Paris. Namun akan tetapi Von Choltitz dengan lantang menolak semua perintah tersebut, dengan alasan-alasan sebagai berikut.

1. Hitler Manjat Menara Eiffel

Ada sebuah kisah kontroversi yang cukup terkenal pada ketika Jerman sedang berkuasanya di Prancis pada saat bergulirnya perang dunia yang ke II. Kunjungi Hitler yang terjadwal menuju menara Eiffel tidak sesuai dengan rencana.

Semua itu disebabkan karena pada saat Hitler mencoba untuk menaiki menara tersebut dengan menggunakan lift yang ada. Tiba-tiba saja liftnya tidak berfungsi sama sekali. Hal tersebut membuat Hitler harus menaikinya secara satu-persatu. Tak lama beberapa saat sesudah itu semua. Tampak Hitler sedang berpose bersama dengan para anak buahnya dan dia terlihat senang disana.






2. Pasukan Jerman suka Paris

Pada dasarnya pasukan NAZI Jerman rata-rata menyukai kota Paris. Itulah yang menjadi sebuah dasar mengapa pertempuran yang ada disana tidak sama parahnya dengan kota-kota lainnya. Seperti kota warsawa atau stalingard.

Jauh sebelum itu semua, pasukan NAZI Jerman sudah membuat beberapa kesepakatan terkait bahwa mereka tidak akan menghancurkan kota Paris. Dari itu terdapat dua macam statement dari para jendral Jerman terkait hal ini.






Yang paling sangat diingat oleh para pecinta sejarah adalah mengenai Sekutu yang melakukan pendaratan di Normandia. Apapun yang terjadi pasukan Jerman tidak akan berupaya untuk menghancurkan Kota Paris seperti kota-kota lainnya yang ada di Prancis.


Sumber: media online
juga dari repost trit ane sendiri yg kena auto banned..
0
24.6K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.