icefrappeAvatar border
TS
icefrappe
Sejarah teknologi Virtual Reality (VR)
Dengan mengucap Bismillah, ane buat trit pertama ane nih gan dan kali ini ane akan ngebahas mengenai Virtual Reality.

Pasti teman-teman udah pada tau dong dengan perangkat yang satu ini, yups....Virtual Reality mulai terkenal sejak dirilis pada akhir tahun 2014 atau awal 2015 oleh Oculus Rift. Tapi teman-teman tau gak sebenarnya teknologi Virtual Reality ini udah lama loh ditemukannya yaitu sekitar tahun 1950-an

Beliau adalah Morton Heilig, seorang pionir dibidang teknologi Virtual Reality.

Spoiler for morton heilig:


Dengan pengalaman dibidang Cinematographer yang dimilikinya, beliau dan temannya menciptakan sebuah permainan video (Arcade Game) pada tahun 1957 yang diberi nama SENSORAMA dan dipatenkan pada tahun 1962.

Sensorama sendiri adala suatu permainan dimana gamer akan mendapatkan pengalaman mengendarai sepeda motor di jalanan Brooklyn. Para pemain juga dapat merasakan sensasi hembusan angin diwajah, getaran jok sepada motor, pemandangan 3D bahkan sampai bau-bau yang ada dilingkungan game tersebut bisa keciuman gan....keren banget yah pada tahun 1957 udah ada permainan kaya gitu. Nih, kalo teman-teman penasaran kaya apa sih mesin permainannya, ane kasih tau penampakannya.......

Spoiler for mesin sensorama:


Kaya gitu gan mesin permainan Sensorama yang dibuat oleh Morton Heilig.

Tetapi sayangnya, Sensorama gagal dipasaran gan, karena era tahun 1950-an banyak perusahaan yang belum siap dan teknologi untuk mengembangkan gamenya pun butuh biaya yang banyak. Akhirnya, Sensorama ditinggalkan begitu saja selama beberapa generasi.

Kira-kira begitu guys, asal-muasal teknologi Virtual Reality dan sekarang Morton Heilig dikenal sebagai Bapak Virtual Teknologi Dunia.




Sumber : Morton Heilig - Wikipedia
Diubah oleh icefrappe 03-05-2017 01:51
0
18.5K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.