Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

The IdiotAvatar border
TS
The Idiot
Aset orang tua banyak tapi hidup pas-pasan
Semoga dalam keadaan sehat semua. Izinkan ane meminta masukan agan2 ya.

Jadi gini, ane cowok 30 tahun, anak terbesar dari 3 bersaudara. Ayah ane cuma ada pemasukan dari uang pensiun. Ibu ane freelancer yg pemasukan tidak pasti. 2 tahun lalu ayah ane dapet warisan sekian m, semuanya dibelikan properti, termasuk 2 rumah kontrakan. Jd skrg pemasukan ortu dari kontrakan, pensiun, dan pemberian ane 6jt sebulan. Semua itu pas2an untuk kebutuhan sehari2, termasuk membiayai 2 adik ane yang belum berpenghasilan tetap. Bbrp bulan kmrn ortu minjem duit ane sekian ratus juta untuk renov rumah. Dan sekarang sedang perlu duit untuk renov rumah nenek ane. Rencananya duit dari 2 rumah kontrakan mau dialokasikan ke sana, alhasil uang untuk sehari2 jadi kurang. Ane sebagai anak merasa bertanggung jawab untuk membantu mereka, jadi ane mungkin harus nambah pemberian bulanan ane dari 6 juta. Jujur ane tidak keberatan untuk menambah itu jika memang diperlukan, tapi ane rasa ada yang kurang sreg di sini.

1. Punya aset sedemikian besar (2 rumah + 3 tanah, di luar rumah tinggal saat ini), kok untuk hidup sehari pas2an? Apa tidak sebaiknya salah satu dijual agar ada harta liquid? Mungkin bisa dialokasikan ke reksadana dsb. Ayah ane bilang aset2 itu untuk warisan anak2 nanti, jadi sayang kalau dijual. Ane sih mikirnya, bagus2 aja investasi untuk masa depan, tapi kalau bikin hidup saat ini pas2an mungkin berlebihan juga. Knp ga ambil jalan tengah dengan menjual salah satu. Lagian masa depan ga ada yang tau seperti apa, yang namanya rezeki mah ada aja, jadi knp ga fokus di sekarang aja dulu. Tapi ane belum sampaikan ini karena males debat, beliau keras orangnya.

2. Ane sendiri juga lagi butuh uang karena sedang bangun rumah dan ingin lanjut studi, jadi kalau harus menambah pemberian bulanan untuk orang tua, mungkin ada beberapa cita2 yang harus ditunda. Sekali lagi, ane tidak keberatan bahkan senang hati jika harus membiayai orang tua dan adik2, tapi kembali ke poin nomor 1, kalau ada solusi yang lebih baik, kenapa tidak?

Nah menurut agan2, apa sudah benar keputusan ayah ane tidak menjual asetnya dan memilih hidup pas2an? Apakah keputusan yang bagus jika ane menambah uang pemberian ane dan menunda beberapa cita2, atau lebih baik ayah ane menjual salah satu aset agar ada harta liquid? Mohon masukannya gan.

emoticon-I Love Kaskus (S)

TL;DR orang tua hidup pas2an dan ane harus mensubsidi (termasuk untuk 2 adik), sedangkan ortu punya aset properti banyak. jual salah satu atau ane terus subsidi? sedangkan ane mau lanjut studi dan bangun rumah.
Diubah oleh The Idiot 30-04-2017 10:39
tata604
tata604 memberi reputasi
1
5.6K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.