Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fajriandiniAvatar border
TS
fajriandini
Apa sih Maladministrasi itu....???
Agan & aganwati pernah denger ga kata “Maladministrasi”. Jangan berpikir kalo ini administrasi mal atau pusat perbelanjaan yah, karna arti kata tersebut bukan itu.

Disini ane jelasin secara singkat ttg maladministrasi, trus tipe-tipe maladministrasi itu apa aja. Kemungkinan agan-agan pernah alami.

Maladministrasi adalah perilaku atau perbuatan melawan hukum, melampaui wewenang, menggunakan wewenang untuk tujuan lain dari yang menjadi tujuan wewenang tersebut, termasuk kelalaian atau pengabaian kewajiban hukum dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh Penyelenggara Negara dan pemerintahan yang menimbulkan kerugian materiil dan/atau immaterial bagi masyarakat dan orang perseorangan.

Intinya: waktu kita berurusan sama layanan publik, terus ada yang ngga beres. Kita itu disebut korban maladministrasi. Jadi korban karena ada pelaksana layanan publik yang ngga becus kerjanya.

Tipe-tipe maladministrasi tuh ada banyak banget, ane ringkas aja nih.

1. Penundaan yang berlarut-larut (Undue Delay).
Biasanya nih kita jumpai pas pembuatan KTP, atau legalisir berkas di instansi pemerintah, padahal hanya tanda-tangan or cap aja bisa seminggu, sebulan, bahkan setahun.

 Apa sih Maladministrasi itu....???

2. Tidak memberikan pelayanan.
Ada loh pejabat atau pegawai pemerinta ga kerja, tapi pas kita pengen urus surat-surat malah ga dikerjain hanya dibiarkan aja. Ini merugikan masyarkat banget, misalnya kalo kita urus surat ijin usaha, bisa2 usaha kita ga beroperasi, hanya karna berkasnya ga diurusin.

3. Tidak kompeten.
Nah biasanya nih pegawainya ga bisa kerja atau bukan bidangnya malah maksa ambil keputusan atau malah berusaha nyelesain masalah. Bukannya kelar, tapi masalahnya semakin ribet.

4. Penyalahgunaan wewenang.
Ini banyak banget yang terjadi di pemerintahan. Misalnya polisi menggunakan seragam or jabatannya untuk jadi debt collector, sehingga yg utang jadi takut. Biasanya orang yg utang dari kalangan pengusaha nih.

5. Pungli atau korupsi.
Kalo ini sering ditemui pas buat SIM or perpanjangan STNK, bahkan uang yg dikeluarkan ga sedikit. Pernah ga sih agan2 bayangin berapa yang di dapat oleh polisi setiap harinya. Hal ini menyebabkan masyarakat malas berurusan sm aparatur negara.

 Apa sih Maladministrasi itu....???

6. Penyimpangan prosedur.
Kita udah antri lama nih untuk buat pasport or KTP, tiba2 ada orang yg dilayanin lebih dulu, dengan alasan anak pejabatlah, saudara anggota dewan lah, dan bla....bla...bla... Ini yang buat waktu masyarakat terbuang dengan sia-sia.

7. Bertindak tidak layak or tidak patut.
Pas nanya tentang informasi pembuatan kartu kuning atau SKCK, petugas informasinya malah marah-marah, ga ramah, plus jutek. Bikin hati kesel kan.

8. Berpihak or Ga adil.
Ada sengketa kepemilikan tanah, bahkan sampe ke pengadilan. Nah hakimnya tuh masih kerabat jauuuuuuuhhhhh dengan salah satu pihak, dan memenangkan pihak tersebut, sehingga pihak yang lain dirugikan akibat putusan hakim ini. Kayaknya ini masih ditemui di Indonesia, bahkan cukup sulit nih.

 Apa sih Maladministrasi itu....???

9. Konflik kepentingan.
Pelaksana layanan publik ngga bisa nanganin kerjaannya karena dia punya kepentingan sendiri, atau langsung ambil alih kasus yg sodaranya terlibat dan minta bantuan untuk diselesaikan.

10. Diskriminasi.
Indonesia kan terdiri dari berbagai suku, dan daerah yg berbeda-beda. Nah pegawai pemerintah kan ga boleh beda-bedain dalam memberikan layanan. Terkadang masalah ini sering ditemui, alasannya juga bawa isu SARA.

Itu dia gan, pengertian maladministrasi dan tipe-tpenya, udah ngerti kan....

Kalo agan & aganwati pernah ngalamin maladministrasi, bisa di share, dan gmn sikap agan menghadapinya.

Jangan lupa komen, emoticon-Rate 5 Star rate, dan jika berkenan memberikan emoticon-Blue Guy Cendol (L) cendol buat ane. Trima kasih...

 Apa sih Maladministrasi itu....???

Sumber:
http://www.ombudsman.go.id/
http://www.republika.co.id/berita/na...aladministrasi


Diubah oleh fajriandini 27-04-2017 13:49
0
9K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.