Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thunderbolt123Avatar border
TS
thunderbolt123
Macam-macam Robin, Sidekick Batman dari Generasi ke Generasi
Macam-macam Robin – Bagi yang mengikuti kisah Batman, pasti tidak asing dengan karakter berkostum merah dengan logo R berwarna kuning di dadanya. Dia adalah Robin, seorang sidekick alias partner yang seringkali membantu Batman dalam menjalankan aksinya. Salah satu kemampuan Robin yang paling ikonik adalah gaya bertarung akrobatik yang cukup baik. Hal tersebut telah menjadi ciri khas dari karakter Robin yang sudah beberapakali berganti generasi.

Ya, Robin bukan hanya satu. Dalam perjalanan komiknya, ternyata ada beberapa karakter yang pernah berperan sebagai sang ‘The Boy Wonder’. Ingin mengetahui lebih banyak tentang Robin? Simak saja profilnya di bawah ini!

Robin dari Generasi ke Generasi

#1 – Dick Grayson, Robin Pertama dan Sidekick Batman Terlama

Macam-macam Robin, Sidekick Batman dari Generasi ke Generasi

Richard Dick Grayson pertama kali muncul dalam Detective Comics #38 Tahun 1940. Dikisahkan bahwa Dick Grayson adalah anak dari sepasang pemain sirkus terkenal yang bernama ‘The Flying Grayson’. Suatu hari, kedua orang tua Dick meninggal dalam kecelakaan ketika bermain sirkus, hal tersebut dikarenakan pertunjukan sirkusnya disabotase oleh Zucco, bos gangster di daerah tersebut. Alasan Zucco menyabotase area sirkus adalah karena sang pemilik sirkus menolak untuk membayar uang keamanan pada boss gangster ini.

Bruce Wayne, yang kebetulan berada di TKP teringat akan masa lalunya dan merasa bersimpati pada Dick dan memutuskan untuk merawat Dick sebagai anak angkatnya.

Merasa jarang mendapat perhatian dari Bruce, Dick pun memutuskan untuk menjauhkan diri. Hingga suatu malam Dick bertemu dengan Batman yang sedang menginvestigasi pembunuhan John dan Mary Grayson. Saat itu Dick hampir terbunuh oleh salah seorang mafia yang merupakan pelaku pembunuhan tersebut, untungnya Batman tepat waktu dan berhasil menyelamatkan nyawanya.

Luka parah, Dick Grayson dibawa oleh Batman ke Batcave untuk mendapatkan perawatan. Di saat yang bersamaan, Dick mengetahui bahwa identitas asli Batman adalah ayah angkatnya sendiri, Bruce Wayne. Dick pun memutuskan untuk mengikuti jejak Bruce Wayne dalam menumpas kejahatan agar tidak ada lagi korban seperti dirinya.

Dick Grayson bisa dibilang merupakan Robin yang paling populer. Bukan hanya karena dia Robin pertama, namun juga karena dia mendampingi Batman selama 40 tahun lamanya (waktu asli, bukan waktu dalam komik). Selama menjadi Robin, Dick Grayson mendapatkan beberapa julukan seperti ‘The Boy Wonder’ dan ‘Dynamic Duo’.

Dick Grayson berhenti menjadi Robin karena ingin beraksi sendiri (tanpa bantuan Batman) dan mengganti nama aliasnya menjadi Nightwing.

#2 – Jason Todd, Robin Kedua yang Dibunuh Joker

Macam-macam Robin, Sidekick Batman dari Generasi ke Generasi

Robin kedua ini mungkin tidak terlalu populer, namun dia adalah Robin favortinya Joker. Jason Todd adalah anak berandal dan pencuri kecil. Pertamakali bertemu dengan Bruce Wayne ketika ia mencoba mencuri ban Batmobile milik Batman. Batman menyadari bahwa tidak banyak orang yang bisa melakukan hal serupa. Melihat potensi dan semangat yang dimiliki Jason, Batman kemudian mengangkat dan melatihnya sebagai Robin kedua.

Berbeda dengan Dick Grayson, Jason Todd adalah Robin yang kasar, keras kepala dan sering bertindak seenaknya. Oleh karena sifatnya inilah, banyak fans menginginkan Jason Todd mati dalam sebuah polling yang diadakan oleh DC Comics.

Benar saja, Jason Todd kemudian diceritakan tewas secara sadis ditangan Joker. Meski kemudian dia dibangkitkan kembali oleh Lazarus Pit (kolam keabadian) milik Ra’s Al Ghul. Setelah bangkit, Jason Todd menjadi seorang anti-hero bernama Red Hood.

Jika kalian sudah melihat film Batman v Superman: Dawn of Justice, kalian pasti mengetahui ada kostum Robin yang dicoret-coret dan disimpan Batman di Batcave. Kemungkinan besar itu adalah kostum Robin Jason Todd yang juga mengartikan bahwa di DCEU Jason Todd telah tewas ditangan Joker.

#3 – Tim Drake, Robin Ketiga yang Cerdas dan Pemberani

Macam-macam Robin, Sidekick Batman dari Generasi ke Generasi

Timothy “Tim” Drake adalah Robin generasi ketiga yang kepopulerannya tidak kalah dibanding Dick Grayson. Tim adalah penggemar dari ‘The Flying Grayson’ dan mengetahui bahwa Dick telah menjadi anak angkat Bruce Wayne. Tim menebak bahwa Dick dan Bruce adalah Batman dan Robin, dan ternyata itu benar.

Mengikuti setiap berita dan cerita kedua pahlawannya, Tim Drake mengetahui bahwa Dick Grayson telah meninggalkan Bruce untuk menjadi Nightwing, dan Batman baru saja kehilangan Jason Todd. Tim pun mencoba meyakinkan Dick bahwa Batman membutuhkan Robinyang baru, dan ia memberanikan diri untuk maju sebagai The Boy Wonder generasi ketiga.

Tim adalah Robin yang cerdas, lebih tenang dan bisa berpikir secara jernih. Bisa dikatakan bahwa Tim adalah Robin yang paling jenius. Saat ini dia memiliki indentitas baru sebagai Red Robin dan dia adalah pemimpin dari Teen Titans bersama Superboy, Wonder Girl, Kid Flash, dan lain-lain.

#4 – Damian Wayne, Robin Keempat yang Angkuh dan Percaya Diri

Macam-macam Robin, Sidekick Batman dari Generasi ke Generasi

Robin keempat adalah Damian Wayne, anak biologis dari Bruce Wayne dan Thalia Al Ghul. Karakter yang bernama asli Xu’ffasch ini tumbuh besar dalam organisasi pembunuh bernama ‘League of Assasins’ dan mendapat pelatihan langsung dari pemimpin League of Assasins yang sekaligus kakeknya, yaitu Ra’s Al Ghul. Hal tersebut membuat Damian tumbuh sebagai seorang anak berkemampuan bertarung di atas rata-rata, bahkan Damian Wayne meng-klaim bahwa dirinya adalah Robin terbaik dari para generasi Robin sebelumnya.

Kepercayaan diri Damian bukan tanpa alasan. Menurutnya, dia adalah Robin terbaik karena bisa menjadi sidekick Batman saat berumur 10 tahun. Selain itu, dia merasa tidak takut pada apapun karena darah Batman mengalir dalam dirinya. Skill bertarung dan membunuhnya juga tidak bisa dianggap enteng walaupun usianya masih belasan tahun.

Damian pertamakali bertemu Bruce Wayne ketika Thalia (ibunya) menyuruhnya untuk memata-matai Batman, sang Robin keempat ini akhirnya menunjukan dirinya kepada ayah kandungnya yang sebelumnya belum pernah ditemui.

Dengan sifatnya yang ambisius, keras, kasar, dan sangat percaya diri, Damian langsung menantang Tim Drake (Robin ketiga) untuk sebuah duel. Damian ingin sekali menggantikan posisinya sebagai Robin agar dapat memerangi kejahatan bersama ayahnya secara langsung.

Damian mungkin Robin yang paling muda dan paling nakal, tapi Damian Wayne adalah Robin yang paling brutal (yang sama ditakutinya) sebagaimana ayahnya.

Selain keempat Robin laki-laki di atas, ternyata ada dua Robin perempuan loh.

SUMBER : http://www.selowae.net/2017/04/24/ma...dekick-batman/
0
6.5K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.