Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Anda Penjual Pakaian? Yuk Kita Sama-sama Mengenal Bahan Yg Lagi Trend Saat Ini

lunyakAvatar border
TS
lunyak
Anda Penjual Pakaian? Yuk Kita Sama-sama Mengenal Bahan Yg Lagi Trend Saat Ini
Salam agan dan sista emoticon-Malu

Yuk kita sama-sama belajar mengenal bahan kain yg lagi trend sekarang.

Untuk penjual online dan offline pasti sering di tanyain si pembeli, "bahannya apa mbk/mas?"
Yg sudah ngerti pasti tau dan bisa bedain. Nah bagi yg gak tau, gimana?
Apalagi bagi yg masih pemula dan masih awam tentang hal ini. Termasuk saya, yang baru saja berkecimpung dalam bidang penjualan, sehingga mengharuskan saya mencari tau, "bahan apa sih ini?"

Mari kita perjelas sedikit tentang bahan kain tersebut. Tapi ini hanya sebagian, karena di lain trit jg ada yg membahas tentang bahan kain yg lain. Saya hanya memberi sedikit tambahan tentang kain yg baru saya tau.

Yuk di cek dulu 👇👇

Mungkin kita gak asing dengan bahan kain yang sering disebut di masyarakat sekitar. Atau mungkin kita adalah seorang penjual baju, baik offline maupun online. Tentu kita harus mengenal macam-macam kain yang digunakan untuk pakaian tersebut.
Atau jangan-jangan masih ada yg belum tau tentang bahan-bahan tersebut ya?

Karena saya juga kurang tau dan masih awam dalam hal ini. Karena itu saya coba searching dan baca-baca.

Dari pada ntar saya lupa dengan apa yg sudah saya baca, gak ada salahnya kalau saya abadikan hal yg saya baca di sini untuk di jadikan trit emoticon-Betty

Ok langsung aja ya..
Mungkin ini hanya sebagian jenisnya yang saya baca, karena masih banyak lagi.


Spoiler for 1. COTTON:


Bahan katun combed dibuat dari murni 100% dariserat kapas alami. Bahan combed memiliki tekstur yang halus, adem dan mudah menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di negara kita yang beriklim tropis. Kain Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya tampak lebih rapi.
Ada beberapa jenis kain combed yang ada di pasaran berdasarkan jenis benang yang digunakan serta ukuran gramnya (gr/m2).
Ada 3 varian combed yakni combed 20s,24s, 30s. yang membedakan adalah ketebalannya.
Kain 20s yang paling tebal, 30s yang paling tipis. Kain Combed 20s merupakan kain yang paling banyak digunakan dan menjadi bahan utama kaos distro karena selain nyaman ketika digunakan, harganya juga terjangkau.

Spoiler for 2. FLEECE:


Fleece merupakan bahan kain yang berbulu menyerupai benang wool. Bahan ini mampu menguapkan keringat melalui pori-pori kain dengan cepat , tetap ringan dikenakan saat berkeringat karena sirkulasi udara terjadi dengan sangat baik sehingga nyaman dipakai.
Umumnya fleece digunakan sebagai bahan pakaian pada bagian dalam dengan tujuan agar pakaian yang digunakan lebih terasa hangat saat dipakai. Fleece sering digunakan untuk pembuatan jaket , sweater juga celana training.

Spoiler for 3. SPANDEX:


Spandex merupakan jenis kain yang memiliki elastisitas yang baik seperti karet. Hal ini dikarenakan spandex 100% berbahan sintetis yang diciptakan untuk menggantikan karet. Bahan yang dibuat dari polymer ini tergolong kuat dan sangat umum digunakan sebagai bahan pakaian dan biasanya digabungkan dengan polyester atau cotton. Karena sifatnya yang lentur, pakaian berbahan spandex jika dikenakan akan mengikuti lekukan tubuh dan nyaman ketika dikenakan.
Spandex yang bagus memiliki pori-pori yang mampu menyerap keringat. Spandex juga dikenal dengan nama lycra.Spandex juga sering digunakan sebagai bahan jilbab, rok dan baju gamis.

Spoiler for 4. POLYESTER:


Polyester dibuat dari bahanserat sintetis atau serat buatan.Dalam arti serat buatan bahannya tidak tersedia secara bebas di alam. Polyester lebih mirip dengan cotton tetapi kualitasnya lebih rendah. Polyester juga tidak menyerap keringat. Pakaianberbahan polyester ini jika dikenakan ditempat yang panas maka akan terasa panas. Sebaliknya jika dipakai ditempat dingin akan terasa dingin. Polyester tidak sedingin cotton, biasanya lebih keras/kaku.
Kelebihannya adalah harganya yang lebih terjangkau. Kekurangannya adalah kain jenis ini mudah kusut, ketika dicuci mudah luntur untuk yang berwarna.Semakin sering dicuci, maka semakin berbulu.

Spoiler for 5. HYGET:


Jenis bahan ini terbuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Oleh karena itu kain jenis ini harganya paling murah. Umumnya kain ini memiliki tampilan mengkilap, tidak mudah kusut dan sedikit panas. Sebenarnya bahan ini kurang layak jika dijadikan kaos.Namun karena murah biasanya bahan ini sering dimanfaatkan dan dibuat secara massal untuk kaos kampanye partai, pemilu, pilkada.

Spoiler for 6. SIFON:



Kain jenis ini dibuat dari bahan sintetis perpaduan bahan sutra, katun, nilon, polyester atau rayon. Kain ini sangat tipis, ringan dan transparant (tembus pandang). Kain sifon tidak menyerap keringat. Ketika dipakai seringkali meninggalkan bau badan. Jenis kain ini sangat cocok untuk gaun malam dan pakaian formal.

Spoiler for 7. RAYON:


Kain rayon teksturnya agak sedikit licin, mengkilap dan jatuh. Bahan adem dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman dipakai dalam berbagai kondisi cuaca.Kain rayon merupakan kain sintetis pertama yang dibuat manusia. Kain ini berbahan dasar dari serat kayu. Kain ini mudah kusut. Jenis kain ini umumnya digunakan untuk pembuatan kemeja.

Spoiler for 8. BABY TERY:


Kain Baby terry atau disebut juga baby tray dibuat dari katun atau serat kapas. Pada awalnya kain jenis ini untuk pembuatan handuk karena teksturnya yang lembut. Kain ini memiliki bulu yang lenbut. Bagian dalamnya bertekstur halus dan lembut seperti selimut sangat cocok untuk kulit bayi dan balita. dari sinilah muncul istilah baby terry. Bahan ini juga banyak digunakan untuk bahan sweater atau jumper. Namun belakangan ini kain baby terry lebih banyak digunakan untuk blazer wanita juga jogger.


Spoiler for 9. DENIM:


Denim atau kain jeans merupakan material kain yang kokoh dibuat dari katun twill. Bahan denim ini biasanya banyak digunakan untuk pembuatan celana yang kita kenal dengan celana jeans. Tidak hanya celana , bahan denim juga digunakan untuk jaket dan pakaian wanita.

Spoiler for 10. SATIN:



Kain jenis ini permukaannya mengkilap dan licin berkilau. Kain satin banyak jenisnya. Kain Satin yang murah tidak menyerap keringat.Biasanya digunakan untuk bahan kerajinan , kain pelapis atau furing. Kain satin yang kualitasnya bagus dan mahal biasanya digunakan untuk bahan baju pengantin dan baju pesta karena tampilannya yang terkesan mewah.

Spoiler for 11. BROKAT:


Brokat merupakan jenis kain yang saat digunakan memiliki kesan mewah danelegan. Brokat berasal dari kata broccato yang artinya kain yang disulam. Sekilas kain ini mirip dengan kain yang disulam dengan renda. Namun pada kenyataannya brokat berbeda dengan bahan lace(renda). Kain ini sering digunakan sebagai bahan gaun pengantin dan untuk bahan pembuatan kebaya serta baju pesta.

Spoiler for 12. KATUN TWILL:


Apa itu katun Twill? Katun Twill juga biasa disebut sebagai katun Cina. Katun Twill ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan katun Jepang. Namun katun Twill pada umumnya memiliki tekstur kain yang lebih tipis dan dari segi warna kurang kuat atau kurangmencolok. Selain itu Twill juga memiliki campuran spandex 2%, sehingga Twill akan memiliki kelenturan apabila mendapatkan tekanan selain itu akan mengunci warna sehingga tidak mudah pudar. Oleh sebab itu bahan Twill ini sering digunakan untuk busana muslim karena memiliki kelenturan. Kelenturan ini juga menjadikan busana muslim menjadi tahan lama.Katun Twill memiliki permukaan yang sama dengan drill, yaitu berbentuk diagonal. Mengikuti kemajuan jaman, kain twill pun dibuat dengan mengikuti kebutuhan yang diperlukan konsumen. Katun Twill akhirnya diproduksi turunannya, baik dari segi kerapatan tenunnya maupun dari ketebalan kain katunnya. Sifat kain katun Twill ini adalah kuat dan tahan lama. Sehingga katun Twill lebih cocok digunakan untuk busana muslim, kemeja lapangan, jaket kantor maupun jaket lapangan, serta dibuat sebagai bahan celana bentuk kargo.

Spoiler for 13. KATUN STRETCH:


Katun stretch seperti apa sih? Well, kalo dilihat dari namanya “stretch” kalo ga salah itu artinya meregang alias melar. Jadi kalo diartikan sepintasmaka kain katun stretch itu adalah bahan kain katun yang karakteristiknya bisa meregang atau melar, jika dibandingkan dengan jenis kain katun biasa atau non stretch.
katun stretch adalah kain katun yang dibuat dari 2 jenis serat. Yang pertama adalah serat utama yaitu serat kapas atau cotton, dan yang kedua adalah serat spandex atau lycra yang dikenal mempunyai daya elastis yang baik, serta disebut sebagai bahan yang kuat dan tahan lama dibandingakan dengan karet alam. Bahan katun stretch tetap dapat menyerap keringat dan dingin karena mayoritas bahannya adalah kapas.
Penggunaan campuran spandex atau lycra atau biasa disebut juga elastane pada kain hanya beberapa persen saja supaya kain dapat mempunyai daya elastis atau stretch.

Spoiler for 14. JERSEY:



Bahan jersey merupakan bahan kain yang dibuat dari jenis tekstil rajutan, yang terdiri dari serat katun seluruhnya atau sebagian dicampur dengan serat sintetis. Ciri-ciri dari bahan kain jersey ini adalah merupakan kain katun strech, halus, lebih tebal dibandingkan dengan kain spandex rayon, serta tidak berbulu.
Penggunaan dari kain jersey ini adalah secara umumdigunakan untuk membuat kaos/ t-shirt seperti kaos jersey bola, dan juga untuk selimut musim dingin. Dengan sifatnya yang hangat, fleksibel, elastis dan dapat mencegah panas badan keluar, ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk menggunakannya sebagai lapisan pakaian yang paling dekat di kulit badan.
Bahan kain jersey ini banyak sekali digunakan karenamemang terlihat bagus dengan berbagai pilihan warna cerah dan gelap, terlihat bagus saat dikenakandan jatuhnya enak karena kainnya memang lembut. Hal ini tentunya sangat cocok jika dipakai untuk seragam sepak bola, yang lebih umum dengan nama jersey bola. Namun jika para muslimah yang mengenakannya harap menggunakan ukuran busana muslim satu ukuran lebih besar dari biasanya, karena jika memakai ukuran tubuh sebenarnya maka akan terlihat lekuk tubuh karena sifat bahan kain jersey yang mudah jatuh. Jika hal ini terjadi maka akan hilanglah esensi dari memakai busana muslim syar’i yang salah satunya adalah tidak menampakkan angota dan lekuk tubuh.

Spoiler for 15. KATUN JEPANG:


Sekilas memang hampir sama seperti kain katun pada umumnya, tetapi jika diperhatikan ada beberapa ciri khusus, yaitu :
👉 Daya serap keringat bagus.
👉Harga lebih mahal dari kain katun biasa.
👉Permukaan kain lebih halus.
👉Tidak Berbulu
👉Warna lebih awet dan tahan lama walaupun sering dicuci.
👉Untuk warna merah & hitam pertama kali di cuci akan luntur (yang luntur lilinnya) dan tidak merusak kain yang lain.
Katun ini sangat nyaman dipakai karena terbuat dari 100% cotton.

Spoiler for 16. KATUN CATRA:


Kandungan seratnya terdiri dari 80% katun dan 20% polyester. Koleksi kain Catra biasanya lebih banyak motif dewasa, yaitu warna yang terlihat modern atau motif minimalis. Kalau Catra walau warnanya penuh, kain tidak akan kaku. Bahannya dingin dan nyaman dipakai. Awalnya kain ini dipakai untuk pembuatan sprei, tapi sekarang sudah marak dipakai untuk pembuatan baju.

Spoiler for 17. WAFEL:


Kain Waffle atau Wafel adalah salah satu jenis kain yang rajutannya bertekstur seperti kulit jeruk, Dahulu disebut kain kulit jeruk karena permukaanya yang tidak rata. Karakternya menyerap keringat karena terbuat dari katun.
Pada beberapa jenis kain Wafel dibuat dengan campuran polyster sehingga dapat diberi motif. Bahan ini juga biasa dikatakan kain Honey Comb / sarang lebah, rajutanya renggang tidak padat rata seperti COMBED.
Karakternya yang lain adalah tebal dan berbobot. Meski berbobot tapi kain ini tidak jatuh seperti bahan SPANDEK jersey STELA. Gramasinya antara 24 dan 20s bahkan bisa lebih berat.Kain wafel ini sangat cocok diaplikasikan atau digunakan sebagai bahan baju atau pakaian bawah semisal legging, celana, rok. Kalo dipakai atasan sangat bagus untuk Blazer, Cardigan, rompi dan bisa digunakan untuk Jaket / hoodie.Di era tahun 2000 an kain Waffel juga sudah populer sebagai bahan kaos olahraga. Hanya saja bahan Wafel dulu tidak sperti sekarang, dulu kebanyakan hanya polos, sekarang banyak motif sehingga aplikasinya cocok juga untuk berbagai busana muslim.


Spoiler for 18. KATUN RIB:


Karakteristik kain ini adalah Stretch, lembut, dingin, tidak berbulu, berteksture garis. Rib sering digunakan untuk ban tangan, maupun untuk bagian leher. Rib juga bisa digunakan untuk gamis, inner dan manset juga legging karena sifatnya yang memiliki elastisitas tinggi.

Spoiler for 19. MISBY:


Bahan kain ini sekarang sedang marak dipakai untuk gamis. ciri – ciri bahan korea misby adalah bahan lumayan tebal , tekstur halus , bahan nya adem / dingin serta jatuh di badan sangat baik, sangat nyaman sekali saat dikenakan.

Spoiler for 20. DOUBLE HYCON:


Bahan double hycon memiliki serat kain yang jauh lebih rapat dibandingkan bahan paris. Selain tidak transparan, rapatnya serat kain ini juga menghasilkan warna yang lebih solid, sehingga warnanya jauh lebih cantik. Istimewanya, bahan double hycon ini sama nyamannya dengan bahan paris, tekstur bahannya adem, lebih tidak mudah kusut, serta sama ringannya.


Cuma itu yg mau saya tambahkan, silakan agan dan sista yg mau menambahkan kain-kain yg marak saat ini.
Maaf klo kurang berkenan, dan gak ada niat repost ya. Karena saya liat saya ada nambahin beberapa yg belum ada.

Terima kasih agan dan sista.. emoticon-Kissemoticon-Kiss

Sumurnya : http://www.kreasiceria.com/2016/06/2...n-pakaian.html
Diubah oleh lunyak 26-04-2017 21:23
0
22K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.