Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blacksonicxAvatar border
TS
blacksonicx
Tahun Pertama, Sandi Butuh Rp3 Triliun untuk Rumah Tanpa DP
Tahun Pertama, Sandi Butuh Rp3 Triliun untuk Rumah Tanpa DP

http://www.cnnindonesia.com/kursipan...umah-tanpa-dp/

Jakarta, CNN Indonesia -- Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menargetkan dapat mengucurkan Rp3 triliun pada tahun pertama sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, untuk merealisasikan program rumah tanpa uang muka atau DP 0 rupiah.

Dana tersebut akan diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Pemerintah Provinsi DKI tahun 2018.

"Tahun pertama, target kita antara Rp2,5 sampai Rp3 triliun. Itu yang dibutuhkan dan harus dikomunikasikan dengan baik," kata Sandi di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Dana APBD bisa dikucurkan berdasarkan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Sandi mengatakan bakal berbicara dengan DPRD agar dana tersebut bisa dicairkan.

Jumlah uang Rp2,5 hingga Rp3 triliun dipatok berdasarkan rentang lima tahun kepemimpinan sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Sandi tak merinci perhitungannya. Namun ia menarget dalam lima tahun program rumah tanpa DP bisa mengurangi kebutuhan rumah warga Jakarta sebanyak 300 ribu.

Sementara itu, terkait ketersediaan lahan, Sandi mengatakan sudah mengidentifikasi sejumlah tempat yang dianggap cocok untuk mewujudkan pembangunan rumah tanpa DP. Tetapi ia ingin memberi tahu lokasi lahan itu untuk menghindari spekulan.

Sandi juga mengatakan akan berkomunikasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga pengawasan sektor jasa keuangan. Ia yakin skema pembayaran program ini tak serumit yang dibayangkan.

"Sebetulnya, dari segi perbankan enggak ada yang diperlukan secara khusus. DP sebetulnya tetap ada, seperti program KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) yang diinovasikan penyediaan DP dengan dana talangan," kata Sandi.

Lebih lanjut, Sandi mengatakan akan membahas program DP nol rupiah dengan dewan pakar. Program yang diklaim solusi bagi warga Jakarta ini menjadi salah satu prioritas pembahasan.

"Kan perlu Perda (Peraturan Daerah), jadi perlu mulai dibicarakan dengan teman-teman di dewan. Ini pasti akan masuk ke anggaran," kata Sandi.

-------------

banyak juga ya 3T emoticon-Belo

ya semoga saja rumah tanpa DP bisa segera jadi kenyataan
0
2.5K
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.