Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Terminal Terboyo Semarang.. Calo Bertebaran dan segala keanehannya

moyyestAvatar border
TS
moyyest
Terminal Terboyo Semarang.. Calo Bertebaran dan segala keanehannya
Hai agan n sista.. gw Moyyest.. Pemain baru di Kaskus. Newbie banget gan. Gw mau cerita soal Terminal Kota Gw tercinta yang namanya Terminal Terboyo gan.

Nah.. terminal terboyo ini terminal yang paling worst menurut gw, beda sama saudaranya di Ujung Barat yg namanya Mangkang. Terminal ini sibuk ngurusin angkutan AKAP & AKDP yang notabene ga boleh masuk kota, karena ngalangin rejekinya si Angkutan dalam Kota. Jadi kebijakannya harus di pinggiran kota.
Nah sejarahnya sendiri Terminal Terboyo adalah terminal Tipe A dadakan pindahan dr terminal Jurnatan (gw jg lupa gan dmn nih terminal. sekarang udah jadi lain) dan gw jg lupa pindahannya kapan. Mungkin pas gw belum lahir. Terminal ini harapannya bisa jadi pintu exit dan welcome yang baik buat kota Semarang dan sekitarnya. Tp nonsence lah... gw ngrasa segalanya Worst banget di sini.

Banjir


http://m.metrotvnews.com/jateng/peri...lum-tertangani
Ga ngerti lagi, tiap gw ke sini selalu ada genangan air barang seciprit. Mungkin karena lokasinya ada di deket pantai yang mangrovenya udah pada ilang, bikin Terboyo dan Unis**a (kampus swasta terkenal di deketnya) jadii langganan banjir. Dan bayangin aja ini terminal sampai banyak ranjaunya. jeglong jenglong. Main suspensi dah.

Calo oh calo.. kau bertaburan bagai bintang

Tahun 2001, pas itu bonyok gw belum punya HP gan. Gw ma nyokap gw nganterin Bokap gw ke terboyo naik bus umum. Sampai di Terboyo nyokap gw bisa Kiss bye sambil melambaikan saputangan ala-ala Telenovela macem Rosalinda, gw inget banget bokap sedang tugas di Surabaya dari kantornya brp bulan. Ga ada HP, adanya telpon rumah. Bokap selalu beli di loket resmi yang ada di gedung terboyo dan ngetime cukup lama di sana. Tarifnya lumayan mahal gan kalau itu. Tapi betapa gw terkaget2. Setelah say goodbye sama si bokap. Nyokap ngajak gw pulang (yaiyalah, ngapain lama2 di terminal) gw sama nyokap dihadangin sama pelbagai macam orang, mulai dr pakai seragam PO sampai yg gondrong dan pakaian preman. "Bu, surabaya bu.. Bu rembang bu, "Bu patas AC bu". Ibu saya langsung nolakin sambil cepet2 bawa saya ke bus yang dia super tau bakal bawa gw ke rumah di tengah Kota Semarang. Ibuku bilang itu namanya Calo, orang-orang curang yang kalau di sekolah sukanya nyontek. (Hahaha.. ciusan nih nyokap gw, moga aja dia baca n inget)
Nah.. 15 tahun berlalu. Gw mau naik bus jurusan Surabaya buat turun Pati. Nah.. karena gw ga ngerti, gw nunggu di dalem. Ada orang bongsor bertopi (mirip ama Alm. Taufik Savalas lah) nanya. "Mau kemana dek" gw jawab "Pati pak" dia langsung corat coret kertas gaje dan bilang "45 ya dek. nanti busnya lewat."
saya terima tiketnya tapi keinget soal omongan nyokap jaman dulu soal calo, dan omongan bokap sebelum berangkat ati2 aja ama calo.
"Aduh pak, kog kemarin saya 15rb ya pak?" dia tarik kertasnya dan menganulir gw. Gagalah si Calo nipu gw. Amit2 lah makan duit haram.

Dan Bus Bus itu ternyata nunggu di luar

Gw memutuskan naik Bus N**anta*a tujuan akhir Pati. gw berpikir ini bus pasti nyaman. secara ekonomi AC tarif biasa. Ternyata banyak ngetimenya. Mereka paling lama ngetime di depan gerbang masuk Terminal. Inilah yang bikin lalulintas tambah macet. Masuk terminal cuma buat muter terus keluar buat cari penumpang. Makanya gw sampai heran kenapa terminal terboyo bisa sepi amat. ga serame waktu gw nganter bokap tahun 2001.
Dari penumpang sebelah gw, gw baru tau emang penumpang lebih banyak didapet dari luar terminal. Di luar juga banyak calo, tp calo ini rata2 calo ngarahin penumpang ke dalem bus. bukan mesenin tiket. Tenang aja bayaran bus di tagih kalau udah di dalem bus dan udah ga ngetime2 lagi

Eh.. idup gw makin ga tenang. ternyata bus N**anta*a nurunin penumpang di Kudus

Yah.. semua. mau si N**anta*a ini tujuan akhirnya bilangnya di lasem, di tuban, atau di surabaya. pasti turun di Kudus. "Ini rahasia umum dek. nanti juga dibalikin lagi duitnya separo buat bayar bus ekonomi non AC.
Nah ini yang gw takutin. mitos soal bus ekonomi non AC. perjalanan semarang Surabaya cuma 5 jam. Serasa naik jet darat. What? iya.. begitulah.. Salip menyalip sudah biasa. Seakan-akan bus berisi ratusan nyawa ini sedang balapan. Ga tahu ngejar apa. Yang jelas hal itu sudah terbayang jauh di benak gw. Lalu bus itu lewat. gw naik, sebelahan sama bapak2 yang tinggal di Rembang. Bapak2nya ini chinese gan? (maaf sebut etnis) dan selama perjalanan. Bukan hanya jet darat. Penjual pada ngotot minta si koko ini beli semua hal yg mereka tawarkan. Koko ini kaget jg sama kayak saya. karena si N**anta*a ini nurunin penumpang di kudus. "Saya juga kaget dek. biasanya saya emang naik ini (bus yg gw tumpangin gan). Tapi saya liat jurusannya lasem, ya sudah saya naik" Koko ini sebenarnya kaya raya gan. cuma pas itu dia pakai baju kemeja biasa, cuma bawa uang, pakai kacamata, sama keliatan sederhana. Koko ini cerita kalau anaknya kuliah di sini dan situ (univnya yang bayarnya mahal) Jelas gw heran kenapa naik bus. Akhirnya dia nunjukin matanya. Ternyata dia abis operasi di Semarang. dia ga berani nyetir mobil sendiri. Dan dia ga mau pakai supir.
Nah.. lanjut. pedagang asongannya ini bahkan sampai akhirnya nawarin jualannya ke gw dengan ngotot. Dengan harapan si koko baik hati ini mau beliin dengan senang hati buat gw.
Aku ngotot bilang ga. Hadeeh.. Ternyata memang teorinya, orang yang keliatan kaya banget akan dipepet banget sama pedagang asongan. Contohnya kalau si pedagang jual oleh2 atau jual aksesoris. Parah bener lah.

Sampai di tengah kemacetan dan harus jalan giliran di jalan yang sempit. si Sopir bilang "J*nj*k" ke Sopir kendaraan satunya

Udah busnya kayak kaleng bekas. ini sopir (sebut saja bus Negara) ngatain supir lainnya ksrena ga mau kasih giliran. Padahak gw udah siap2 mau turun di tujuan gw di Pati. Bukan di terminalnya. J*nj*k (sengaja typo ya gan). Gw langsung banyak2 nyebut. Astaghfirullah sambil bus berlalu kencang. Pas mau nurunin gw pun, dia rem mendadak. Hadeeh..

Rekomendasi Gw buat para penumpang Terboyo
1. Siapin Mental
2. Tampil Sederhana.
3. Naik bus patas yang pesan di dalam terminal. bener2 beli di loket POnya.
4. Hindarin Calo dengan tarif asli atau pura2 lagi bawa duit Pas.
5. Bawa Temen kalau pergi-pergi begini
6. Kalau lu mau ke kota Semarang setelah dateng ke terboyo. Pastikan agan menggunakan bus Trans Semarang.
7. Kalau lu cantik banget, mending lu pakai masker
8. Kalau lu ga tau apa2, please browsing di google sebelum perjalanan atau sok tau aja sampai nemu tempat sepi untuk browsing
9. Ga usah percaya orang (Koko yang tadi aja sebenarnya gw ga percaya, tp ge pancing dikit tentang pajak dan pengurusan perizinan HO, dia mudeng banget, malah gw jadi tambah ilmu)
10. Ketiduran itu lumrah. jadi untuk jaga2 soal dompet dan HP. taruh di tempat paling dalem dari tas. dan tasnya taruh depan atau dipeluk ya.
11. Pastikan lu simpen minum di dalem tas. Dan mending minuman yg kemasan kotak sekali minum, bukan botolan. Pengalaman temen gw ketiduran. ada yg nambahin obat tidur di botol minumnya. pdhl botol minumnya dia bawa sendiri dari rumah dan itu tumblr mahal. jadi ada yg naburin bubuk tidur kayaknya gan. Akhirbya HP ilang dan Dompet ilang. tp untung aja uangnya ga ilang karena dia pencar di saku tiap celana baju.
12. Biar inget. Selalu Doa sebelum, saat perjalanan, dan sesudah perjalanan.

ohya.. nih gw kasih link2 menyedihkan soal terminal terboyo. Silahkan baca sendiri dan "simpulkan sendiri"

http://blog-maspamot.blogspot.co.id/...rboyo.html?m=1

http://m.metrotvnews.com/jateng/peri...lum-tertangani

https://m.tempo.co/read/news/2016/07...ng-menjijikkan


http://m.tribunnews.com/images/regio...kurang-memadai

Pak Jonan yang biasanya ngomel soal kereta dan pesawat jadi ngomel soal terminal TERBOYO
http://regional.kompas.com/read/2016...memprihatinkan

Eh.. si Walikota ngeles. Belajar dari pak rusdi kirana kali ye?

http://regional.kompas.com/read/2016...ang.tak.terima

http://www.hariandemak.com/2016/06/t...mudik.html?m=1

Jadi katanya terminal Terboyo jadi tempat parkir truk. semuanya pindah Mangkang dan dipaksa lewat tol. sumpah itu jauh banget.
http://berita.suaramerdeka.com/terbo...-bongkar-muat/


Boleh komen nih agan2 yang punya pengalaman buruk kayak gw. Gw ga tau cendol itu apa dan cara kasihnya gmn. Gw newbie soalnya. Thanks gan atas perhatiannya sama thread ini. Semoga Terminal Terboyo bisa lebih baik lah.
Diubah oleh moyyest 22-07-2016 17:39
0
11.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.