Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

minnie16Avatar border
TS
minnie16
Miris Banget! Ini lah 5 Negara Paling Korup di Dunia, Rakyatnya Banyak yang Kelaparan
EPIZONE.ID - Ada patokan yang bisa dipakai menunjukkan buat menetukan tingkat korupsi di sebuah negara. Ada Corruption Perception Index (CPI) yang dipakai sejak 1996 buat menentukan ranking tiap negara.Nah, penilaian itu biasanya dilakukan oleh Transparency. International. Dilansir Epizone dari wonderslist.com, berikut ini adalah laporan terbaru dari Transparancy International yang menunjukkan negara paling korup di dunia.

1. Venezuela
Ekonomi Venezuela bergantung pada ekspor minyak yang mencapai 96% dari jumlah ekspor. Hampir 75% orang Venezuela percaya bahwa ada banyak kasus korupsi di negara itu. Menurut NGO di Venezuela, selama 25 tahun terakhir, sekitar 100 milyar dolar dari ekspor minyak udah disalah gunakan. Pengedaran narkoba, terorisme, dan nepotisme udah jadi hal yang biasa di sana.

2. Guinea-Bissau
Negara ini mungkin agak asing di telinga kamu, tapi ini ada. Di negara ini ada banyak banget masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Tempat ini jadi surga bagi para bandar narkoba. Korupsi yang terjadi di negara ini paling banyak dipengaruhi oleh perdagangan barang haram.

3. Afghanistan
Afghanistan adalah negara di Asia Selatan yang dikenal dengan produk handmade. Negara ini mengekspor karpet, obat-obatan herbal, dan buah kering. Korupsi juga jadi isu besar di negara ini. Hal itu merupakan akibat dari kondisi negara yang masih belum stabil setelah terjadinya perang beberapa waktu lalu. Yang terbaru, ada skandal terkait Kabul Bank yang melibatkan Presiden Afghanistan.

4. Libya
Korupsi adalah masalah utama di Libya yang jadi penghalang bagi banyak perusahaan yang ingin berbisnis di Libya. FYI, Libya adalah salah satu negara yang punya tambang minyak terbesar di dunia dan bahkan jadi yang paling luas di Afrika. Walaupun udah ada Arab Spring di tahun 2011 lalu, nyatanya kondisi di Libya nggak kunjung membaik. Konstitusi di Libya yang masih lemah jadi masalah utama kenapa korupsi nggak kunjung berkurang.

5. Sudan
Negara ini mengekspor emas, batu bara, berbagai kebutuhan pangan, dan juga minyak. Walaupun begitu masih ada banyak banget masyarakat miskin di Sudan. Negara ini ada di posisi 177 dari 183 negara terkorup di dunia. Peraturan pemerintah yang masih lemah dan juga kondisi politik yang tidak stabil jadi penyebab utama tingginya kasus korupsi di Sudan.

Lihat artikel asli.

Baca juga:

Inilah 6 Pasangan Paling Unik di Dunia, Satu di Antaranya Menikah dengan Anjing

6 Brand Terkenal Ini Pasti Nggak Kamu Kenali Saat di Luar Negeri, Namanya Berubah Drastis

6 Festival Paling Gila di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.9K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.4KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.