News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1050
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f763b05c779824208b4568/alasan-ahok-djarot-kalah-versi-hitung-cepat-menurut-pengamat
Debat Publik Pilkada DKI Jakarta Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) didampingi Djarot Saiful Hidayat (kiri) berjalan
Lapor Hansip
19-04-2017 20:18

Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat

Past Hot Thread
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat

Debat Publik Pilkada DKI Jakarta Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) didampingi Djarot Saiful Hidayat (kiri) berjalan menuju ruang debat saat Debat Publik Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4/2017). Debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut mengangkat tema Dari Masyarakat Jakarta untuk Jakarta. (ANTARA/M Agung Rajasa)

Quote:Video kampanye Ahok-Jarot yang menggambarkan umat Islam yang keras dan intoleran justru meningkatkan militansi pemilih muslim Jakarta karena umat merasa disudutkan


Jakarta (ANTARA News) - Hasil quick count beberapa lembaga survei menunjukkan pasangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno jauh mengungguli Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) -Djarot Saiful Hidayat dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua.

Hitung cepat Voxpol Center hingga pukul 18.06 WIB misalnya, menghitung Anies-Sandiaga memperoleh 59,4 persen atau 18,8 persen lebih besar dari Ahok-Djarot yang memperoleh 40,6 persen.

Hasil quick count Indo Barometer pada 16.57 WIB tak jauh berbeda. Lembaga survei juga menempatikan Anies-Sandiaga berada di posisi atas dengan 58,5 persen atau 17 persen di atas Ahok-Djarot yang memperoleh 41,5 persen suara.

Prosentase kemenangan Anies-Sandiaga ini bahkan jauh lebih besar dari kebanyakan hasil survei menjelang pemungutan suara putara kedua Pilkada DKI itu.

Mengapa Ahok-Djarot bisa sejauh itu tertinggal?

Analis politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menyampakan beberapa alasan yang menjadi hasil analisisnya.

Yang utama, kata dia, tidak aktifnya mesin politik pasangan Ahok-Djarot membuat faktor terbesar Anies-Sandi unggul.

"Mesin politik Ahok-Jarot tidak bergerak efektif. Mesin politik Ahok-Jarot secara kuantitas sebenarnya mengungguli pasangan Anies-Sandi karena Ahok-Jarot didukung enam partai politik dan mantan relawan yang teruji pada Pilkada 2012. Sayang, modal kuantitas tersebut tidak mampu bekerja efektif," ujar Ubedilah dalam pesan elektroniknya, Rabu.

Pola kampanye Ahok-Djarot terbaca oleh mesin politik pasangan Anies-Sandi, yakni pola konvensional, seperti kegiatan baksos, sembako murah, dan sembako gratis. Padahal hal ini tidak efektif lagi mempengaruhi secara luas pemilih Jakarta yang mayoritas pemilih rasional.

Selain itu, sambung Ubedilah, ada pula pola kampanye melalui dunia maya yang menggambarkan pasangan Ahok sebagai korban diskriminasi dan intoleransi. Cara ini tak mampu mengubah cara pandang mayoritas masyarakat Jakarta.

"Termasuk pola 'kampanye udara' yang cenderung menggunakan pola playing victim sebuah kampanye melalui dunia maya untuk menggambarkan pasangan Ahok-Jarot sebagai korban diskriminasi dan intoleransi tidak mampu merubah cara pandangan warga Jakarta secara mayoritas," kata dia.

Gaya komunikasi publik Ahok juga ditengari pengamat ini sebagai salah satu faktor kekalahan pasangan Ahok-Djarot. Dalam konteks sosiologis politik, Ubedillah menilai, cara komunikasi santun jauh lebih diterima warga Jakarta.

"Tidak sedikit pernyataan-pernyataan Ahok di hadapan publik menimbulkan kemarahan massa, di antaranya yang paling fenomenal adalah terkait pernyataanya mengenai Almaaidah 51 di Kepulauan Seribu pada September 2016," tutur dia.

Faktor lainnya yakni pasangan Ahok-Djarot kurang menggunakan modal finansial secara efektif, padahal dukungan finansial mereka sangat melimpah.

"Ini bisa dicermati dari pembiayaan yang besar untuk imaging politic melalui media masa dan media sosial, tetapi tidak berbuah pada meningkatnya elektabilitas Ahok-Jarot. 'Kampanye udara' yang berbiaya besar nampak lebih diutamakan dibanding 'kampanye darat' yang sesungguhnya bisa lebih efektif dengan menggerakkan mesin politik secara kultural," papar Ubedilah.

Terakhir, mengenai tindakan para relawan atau simpatisan Ahok-Djarot menjelang putaran kedua, salah satunya video kampanye yang mengesankan umat Islam intoleran (lakukan kekerasan).

"Ini menimbulkan kesan negatif terhadap pasangan Ahok-Jarot yang justru mengurangi elektabilitasnya. Video kampanye Ahok-Jarot yang menggambarkan umat Islam yang keras dan intoleran justru meningkatkan militansi pemilih muslim Jakarta karena umat merasa disudutkan," jelas Ubedilah.

Dia menyimpulkan faktor tidak efektifnya mesin politik dalam bekerja dan performa komunikasi politik calon gubernur yang ekstrem berlawanan dengan kondisi sosiologis masyarakat atau pandangan umum masyarakat adalah faktor utama kekalahan pasangan Ahok-Djarot.


Editor: Jafar M Sidik

Sumber : antaranews
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 38 dari 54
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:31
Quote:Original Posted By ggpaaasuu
Asas pemilu itu luber gan..ente mau pilih ory kafir pun ..sp yg tau??
Himbauan itu soal lain gn...ane jg tdk yakin klo di gereja tdk ada himabaun milih ahok..faktanta hasil survey mngatakab 98 % non muslim pilih ahok..

Sdgkn muslim?? Aadakah 70 persen ??

Klo lihat data statistik sp yg lbh sk Sara gan?? Milih krn agama??

Muslim atau kalian ??

Btw masala kerja apa agan suka jika jg ada aturan muslim dilaranf konsumsi produk kafir??

Apa anda kira produk non muslim itu hny d bli org kafir??

Angan angan anda itu cmn angan angan kosong .. para penguaaha non muslim itu malah menggantungka produknya pd konsume muslim..knp ?? Krn mereka mayoritas...

Coba lht produk makanan mrk itu ada sertifikat halal nya apa tdk??

Itu sj ckp sbg contoh btp mrk " trgantung pada muslim"

Buka mata gan


Cb tanya tmn ente yg non Muslim bila perlu etnis tionghoa jg.

Sekiranya pilpres 2019 nnti capresnya hari tanoe (tionghoa,kristen) diadu dengan jokowi (jawa,muslim), kira2 n ente yg non Muslim pilih HT atau Jokowi???

Udah itu aja...
emoticon-Big Grin
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:32
Ooh ternyata begitu 😄
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:32
saatnya mengawal program si anis
rumah dp 0% dan penutupan reklamasi
kalo ga di tepati berarti anis menista kepercayaan umat seiman nya emoticon-2 Jempol
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:34
Buat Panastak :
1. Memang kita tinggal di negara dunia ke-3 dan jg bakal seterusnya, dimana emosi mengalahkan reason dan logic. emoticon-Embarrassment
2. Makanya jangan anggap remeh orang goblok dalam jumlah banyak. emoticon-Embarrassment

Buat Panasbung :
1. Selamat jagoan anda menang, tp jgn harap Indonesia bisa sejajar AS, Jpn, Singapor dsb. Kita ini cuma negara dunia ke-3.emoticon-Stick Out Tongue


===============


BTW, nasib nastak dan nasbung terbalik skrg :

1. 2014 Jkw menang, nasbung nyinyir dan nastak bilang nasbung gak bisa move on. Nastak klaim prestasi Jkw, nasbung bilang sdh dilakukan sblm Jkw.
2. 2017 Anis menang, nastak nyinyir dan nasbung bilang nastak gak bisa move on. Nasbung bakal klaim prestasi Anis, Nastak bilang sdh akan dilakukan sblm Anis.

Sampe di sini sama saja gobloknya Nasbung dan Nastak, tinggal ganti saja subjeknya. Yg ngebedain cuman si Wowo Nasbung gak terima kekalahan dgn selisih 8 juta suara, anggep ada kecurangan masif terstruktur dan sistematis, sdkn si BTP Nastak kalah 900K suara terima saja santai. emoticon-Embarrassment

Ya mmg lebih goblok Nasbung drpd Nastak sih.emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


=========

Oh ya kelupaan, sekedar mengingatkan kalo skor skrg Nastak vs Nasbung : 2 - 1. Nastak : 2012 dan 2014, Nasbung 2017. emoticon-Embarrassment
Diubah oleh 032700
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:34
Quote:Original Posted By Awenmilano
saatnya mengawal program si anis
rumah dp 0% dan penutupan reklamasi
kalo ga di tepati berarti anis menista kepercayaan umat seiman nya emoticon-2 Jempol


jangan lupa alexis ... ya itu semua kalo sanggup emoticon-Toast
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:35
Jd survey di Kaskus dl Ahok smpe 70an persen ga dianggap ya?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:36
Misi mengalahkan ahok: done
Next mission: Ngalahin ridwan kamil di pilkada jabar 2018 emoticon-Cool


Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
Diubah oleh faizarhabdg
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:40
Quote:Original Posted By andrehm110


foke jualan pengalaman broh,kan semboyanny "serahkan pada ahlinya"
wowo lupa gw jualan apaan


Wowo jualan Bocor mbah.... emoticon-Ngakak
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:41
Quote:Original Posted By geahadid


kan uda libur mas abis unbk. libur sebulan emoticon-Betty


What? Liburan sekolah sampai sebulan? Enak banget yah, udah kaya libur semester kuliah aja. emoticon-Matabelo emoticon-Betty
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:41
Quote:Original Posted By LaMaras
Sebenarnya yang paling kan sandiaga uno kenapa ? Karena dia engga akan bisa jadi wagub sebentar lagi di proses kasus penipuan surat tanah ayah angkatnya , surat resmi ada di tangan ayahnya ah dia bisa terima duit dari pertamina berapa juta dollar , di pengadilan terakhir sih denger bapaknya menang nah anis jadi gubernur sandiaganya nyungsep


kasus bakal ilang, mirip kasus si silvy kemaren
Karna udah bau politik dikasus ntuh, klo emang niat ngelapor dari awal harusnya udah dilapor bukan waktu putaran kedua
emoticon-Traveller
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:42
y namnya jg pemilihan ada menang ada kalah,
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:42
Quote:Original Posted By dogslike

Sudah-sudah ikhlaskan saja...

Wajar ajalah klo DKI yg mayoritas muslim, gubernurnya muslim. Bali yg mayoritas hindu jg punya gubernur hindu. Sulut mayoritas protestan jg punya gubernur protestan. Jadi klo anies-sandi menang ya emang sudah sewajarnya. G ada yg aneh, biasa aja...


dari page 1 ampe 3 yang paling ane demen ini nihh.. Masuk akal, ga provokatif, dan ga nge-judge pihak manapun.. mantapp gan emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:43
Quote:Original Posted By anti.suap


Ah masaaa?
2012 foke jualan agama kalah
2014 prabowo jualan agama kalah.


Jadi......?
emoticon-Traveller


maklum galon om,,
gagal nyalon emoticon-Leh Uga
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:44
Quote:Original Posted By hantupuskom


jgn lupa, mayoritas dpr dki kn pengusung no.2



Itu dia politik susah ditebak...kenapa Prabowo pilih Anies habis itu ada berita menteri datang kerumah Prabowo dan Mega dukung Ahok padahal bisa loh Ahok maju tanpa PDIP
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:47
Quote:Original Posted By dentaku
What? Liburan sekolah sampai sebulan? Enak banget yah, udah kaya libur semester kuliah aja. emoticon-Matabelo emoticon-Betty


kan nunggu kelulusan. seminggu berangkat sekali
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:47
emoticon-Wakaka
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:50
Selain bahwa ahok non muslim
1. Ga konsisten dengan jalur independen
2. Berkali kali blunder verbal
3. Video blunder
4. Sembako blunder
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:58
Ahok kalah karna kurang bagi fulus
0 0
0
Alasan Ahok-Djarot kalah versi hitung cepat, menurut pengamat
20-04-2017 12:59
dah jangan banyak alasan lah
0 0
0
Halaman 38 dari 54
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia