Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

victimofgip.77Avatar border
TS
victimofgip.77
Sembako Jadi Faktor Kekalahan Ahok
RMOL. Lembaga-lembaga konsultan politik merilis hasil hitung cepat (quick count) putaran dua Pilkada DKI Jakarta dengan menempatkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) sebagai pemenang.


Lembaga survei Indomatrik menempatkan pasangan nomor urut tiga tersebut dalam hitung cepat dengan mencapai perolehan dukungan 60,23 persen. Sementara pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) 39,77 persen.

Direktur Indomatrik Husin Yazid mengatakan, pihaknya merilis bahwa enam wilayah DKI Jakarta semuanya dikuasai Anies-Sandi.

Menurutnya, kekalahan Ahok pada putaran kedua ini sangat dipengaruhi oleh kondisi politik di saat-saat terakhir yakni pada masa tenang sebelum pemungutan suara. Salah satu faktor adalah aksi bagi-bagi sembako oleh tim sukses yang membuat masyarakat antipati terhadap Ahok-Djarot.

"Kemenangan Anies-Sandi dipicu juga oleh gerakan politik sembako oleh Ahok-Djarot yang ternyata salah sasaran, karena dilakukan di kantong-kantong suara yang mereka sebenarnya unggul di putaran pertama. Masyarakat antipati, Ahok-Djarot bikin gaduh dengan memberikan sembako di masa tenang," jelasnya dalam jumpa pers di kawasan Sabang, Jakarta (Rabu, 19/4).

Husin menambahkan, gerakan sembako tersebut tergolong dalam kategori politik uang. Di samping permasalahan pribadi Ahok yang berstatus terdakwa kasus penistaan agama, ditambah komunikasi publik yang sangat buruk.

"Aspek-aspek sosial ini sangat berpengaruh terhadap sikap pemilih di Jakarta," katanya.

Kendati sudah menempatkan Anies-Sandi unggul dalam quick count, menurut Husin, pemenang sesungguhnya akan ditentukan oleh hasil penghitungan resmi KPU DKI Jakarta.

"Hasil quick count ini menunjukkan mereka (Anies-Sandi) unggul. Tapi yang menyatakan keluar sebagai pemenang ya KPUD Jakarta," ujarnya. [wah]


http://politik.rmol.co/read/2017/04/...ekalahan-Ahok-

Makanya jangan curang lu taik.
1
26.1K
297
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.