Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lailasaswatiAvatar border
TS
lailasaswati
Temui Komnas HAM, 100 Warga Kendeng Pro Pabrik Semen ke Jakarta
Temui Komnas HAM, 100 Warga Kendeng Pro Pabrik Semen ke Jakarta

TEMPO.CO, Solo - Warga di sekitar pabrik milik PT Semen Indonesia di Rembang berangkat ke Jakarta untuk ke kantor Komnas Hak Asasi Manusia. Mereka ingin menyuarakan kepentingan warga yang setuju dengan keberadaan pabrik semen tersebut.

"Hari ini mereka berangkat ke Jakarta," kata Koordinator Tim Pembela Aset Negara Ahmad Michdan saat ditemui di Surakarta, Ahad 16 April 2017. Rencananya, mereka akan mengunjungi kantor Komnas HAM pada Senin, 17 April 2017.

Jumlah warga yang berangkat ke Jakarta menurutnya mencapai 100 orang. "Mereka menggunakan dua bus," katanya. Para warga itu berasal dari desa-desa yang berada di ring 1 pabrik, seperti Kadiwono, Tegaldowo, Timbrangan, Pasucen dan Kajar.

Advokat itu mengaku saat ini pihaknya sudah mendapat surat kuasa dari para warga pendukung pabrik semen di lima desa itu. "Mereka ingin suaranya juga diperjuangkan," kata dia.

Selama ini, lanjutnya, rekomendasi-rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komnas HAM terkait pabrik semen tidak pernah melibatkan warga sekitar yang pro pabrik semen. "Padahal mereka merupakan warga terdekat," katanya.

Sementara, kelompok yang kontra dengan keberadaan pabrik semen terus menyuarakan kepentingannya dengan cukup kencang. "Padahal domisili mereka juga belum jelas," katanya.

Dia berharap semua pihak memandang persoalan pabrik semen Badan Usaha Milik Negara itu secara proporsional. "Yang terjadi saat ini, warga di berbagai kota ikut menolak keberadaan pabrik semen tanpa pernah tahu persoalannya," katanya.

Michdan menyebut tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat dengan keberadaan pabrik semen. Beberapa sekolah baru juga telah didirikan. "Persoalan lingkungan juga tidak ada masalah setelah adanya perbaikan-perbaikan," katanya.

Sumber : https://m.tempo.co/read/news/2017/04...men-ke-jakarta
0
1.1K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.