Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

albertyadiAvatar border
TS
albertyadi
Offlaner Guide by Hellboyz
Halo semuanya, apa kabar ? semoga semuanya baik2 saja ..
Hari ini saya ingin membagikan guide tentang Role Offlaner dan pengertian dari offlane menurut saya sendiri.

Apa itu Offlaner ?

Offlaner merupakan salah satu Core di Dota2 yang mengambil peran di hard line ( line yang creep musuhnya dekat dengan tower, kalau di Radiant berarti Top Lane , Dire berarti Bot Lane )

Apakah penting pemilihan hero di offlane ?

Pemilihan hero di offlane sangatlah penting , apalagi Offlane merupakan line yang sulit untuk ditangani sendiri karena harrash dari support musuh yang terus menerus untuk mencegah agar kita bisa leveling . Kita terkadang harus mengcounter sedikit carry dan support dari musuh saat pemilihan hero . Andaikan saja musuh nya Carry dengan Spectre , kita harus memilih hero yang bisa bertahan di line dan menganggu farming dari Spectre itu sendiri , contohnya Tidehunter, Timbersaw, Clockwerk, Bristleback , Lonedruid, Legion Commander, Abadon, Axe, Slardar, Faceless Void dll.

Apakah hal awal yang harus dilakukan seorang Offlaner ?

Seorang offlaner di awal game, membutuhkan ward maupun sentry , apabila anda sekalian yang berada di keadaan MMR yang support nya belum mengerti untuk memberikan early ward pada Offlaner lebih baik kita meminta baik2 , kalau tidak diberikan ward alangkah baiknya kita membeli ward sendiri , toh ward ini cuman 75 dan sangat worth banget buat lining kita . Ward ini kita gunakan untuk memblock camp musuh agar support musuh tidak bisa pull creep dan juga hanya bisa memberikan vision agar kita tidak digank oleh team lawan. Bayangkan aja kalau kita sendiri lawan 3 musuh , terus kedua supportnya cuman leech exp ( diam2 cuman numpang exp ), tentu saja level kita lebih tinggi dari 3 musuh di line kita . Kalau keadaanya seperti itu , apakah support dari musuh akan diam2 saja di line? tentu saja support dari musuh akan berusaha ganking ke line lain dan stack creep. Saat itulah kita bisa mulai mengharrash Carry dari team lawan dan mencari exp serta gold. Selain itu kita juga bisa pulling dari camp musuh dengan cara memotong pohon kemudian pulling ke creep kita yang akan sampai dekat dengan camp, dengan cara seperti itu Creep dari team lawan akan maju ke tower kita dan kita bisa mendapatkan full exp serta menganggu exp dari carry karena creep yang dibunuh oleh Creep hutan.

Berikut beberapa picture dari posisi warding seorang offlaner :

Ward untuk vision camp pull dan bounty rune Dire side



Ward untuk vision camp pull dan anti gank Radiant Side



Ward untuk vision 2 camp pull Radiant Side




Ward untuk bounty rune sekaligus Rune bot Radiant Side ( sangat efisien karena kemungkinan deward sangat kecil )





Ward untuk Block camp Radiant Side ( Tidak dianjurkan karena paling sering di deward )



Ward untuk vision anti gank Dire Side



Ward Populer sekarang , bisa melihat camp dan pergerakan creep serta anti gank dan kemungkinan deward sangat jarang



Ward untuk melihat camp pull dan anti gank ( Sangat sering di deward karena letaknya yang mudah ditebak )



Apa saja item awal dari seorang Offlaner ?

Item awal seharusnya tergantung dengan situasi dari hero team lawan , tapi rata2 hero offlane item awal paling penting menurut saya , Poorman Shield apabila menurut loe bakal survive dan leveling di lane , Talon apabila chance buat leveling di line mustahil dan loe lebih memilih ke jungle. Boots yang paling berguna untuk Offlaner adalah Tranquil boots ataupun Arcane boots, Tranquil boots sangat berguna untuk menangani harrash dari support team lawan , kita bisa regen tanpa pulang ke base karena level dari seorang offlaner sangat penting untuk mengangkat game.

Apa saja Situasional yang perlu diketahui dari seorang Offlaner ?

- Pertama adalah kemungkinan dari hero lawan di line , contohnya adalah apabila kita memilih hero seperti axe dan kita memiliki lawan seperti Drow VengefulSpirit Rubick di 1 line , akankah kita bisa survive di lane dan mendapat EXP sewajarnya ? tentu saja hal tersebut cukup rumit dikarenakan harrash early dari hero lawan . Apabila kita sudah membaca kondisi yang tidak mungkin tersebut , alangkah baiknya kita berusaha untuk ke jungle dan start item dengan Talon ataupun Poorman Shield.

- Kedua adalah penempatan ward , Apabila kita tidak mungkin survive di line dengan harrash hero lawan , otomatis kita lebih bermain di jungle , jangan pernah memaksa untuk ward di hutan lawan yang notabene akan dideward apabila kita lebih bermain di jungle . Lebih baik kita memasang ward di tempat kita akan jungling . Mengapa ? karena apabila kita tidak di line , otomatis support dari lawan akan mulai berjalan ke jungle untuk menganggu kita , sehingga dengan adanya ward tersebut kita dapat memanfaatkan vision dengan baik .

Ward bagi offlaner yang lebih ke jungle karena tidak ada kemungkinan survive di lane Radiant Side



Ward bagi offlaner yang lebih ke jungle karena tidak ada kemungkinan survive di lane Dire Side





Apa inti dari menjadi seorang Offlaner ?

Survive early , Initiate Later , Inti paling penting dari offlane adalah anda bisa leveling dan menganggu farming dari carry support di awal game. Offlaner juga bertugas sebagai Inisiator saat war dan Tanking di line depan ataupun membait hero dari team lawan . Intinya sering latihan aja dan fokus dengan Offlane ini , semakin lu bermain di Offlane , semakin lu mengerti dan mulai bisa membaca pergerakan dari lawan .
Keep Training Guys emoticon-Ngamuk

Sekian dulu guide dari saya hari ini untuk role Offlaner, Mohon maaf bila ada salah kata dan tidak berkenan, Semoga bermanfaat , jangan lupa di like or share , jangan lupa untuk mengunjungi blog saya http://hellboyzjasagbmmr.blogspot.co.id/ ( murni blog tanpa iklan abal2 ), Terimakasih
Diubah oleh albertyadi 13-04-2017 15:45
0
13.6K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dota 2
Dota 2KASKUS Official
2.8KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.