pekakgalauAvatar border
TS
pekakgalau
Jebakan Maut Tanaman Pemakan Daging
OM SWASTYASTU


Selamat Datang di Thread ane Gan/Sis
Ini Thread HT ketiga ane

Spoiler for HT:


Ada berbagai jenis perangkap yang dimiliki tanaman karnivora untuk menjebak mangsa: menggulung daun berisi enzim pencernaan atau bakteri, menggunakan flypaper atau lendir lengket, snap atau gerakan daun yang cepat menutup begitu mangsa datang, perangkap kandung kemih yang menyedot mangsa dan perangkap lobster-pot. Mari kita simak satu-persatu jenisnya.

1. Pitfall Traps atau Daun Menggulung



Tanaman yang termasuk dalam jenis ini memangsa serangga dengan cara menggulung daunnya ketika mangsa hinggap. Perangkap di daun tersebut mengandung enzim pencernaan atau bakteri. Termasuk dalam jenis ini adalah Nepenthes atau yang dikenal dengan nama Kantung Semar. Di ujung daun, terdapat sulur yang bisa memerangkap serangga. Tampak pada foto: Nepenthes albomarginata di Borneo.

2. Flypaper atau Menggunakan Lendir Lengket



Daun tanaman dengan perangkap flypaper ini bertatahkan kelenjar lendir. Flypapers telah melakukan evolusi setidaknya lima kali. Yang termasuk jenis ini, di antaranya Drosera atau tanaman Embun Pagi. Ketika serangga menempel di tentakel yang lengket, kelenjanya menyerap nutrisi dari mangsa tersebut.

3. Snap Trap atau Menutup Cepat-cepat



Salah satu contoh tanamannya adalah Dionaea Muscipula (tanaman penangkap lalat Venus). Helai daun terbagi 2: tangkai berbentuk hati pipih dan sepasang lobus terminal berengsel di pelepah, membentuk perangkap. Permukaan bagian dalam dari lobus tanaman ini mengandung pigmen merah dan ujung-ujungnya mengeluarkan lendir. Lobus tanaman bergerak cepat menutup ketika rambut sensorik dirangsang gerakan.

4. Bladder Trap atau Perangkap Kandung Kemih



Uricularia (bladderworts) adalah tanaman karnivora yang menggunakan perangkap kandung kemih. Perangkap yang sangat kecil bisa menangkap mangsa secepat kilat, seperti protozoa. Mangsa yang lebih besar: kutu air dan berudu. Prosesnya, perangkap memicu rambut kecil yang melekat pada pintu jebakan. Saat rambut pemicu jatuh, pintu perangkap terbuka, menghisap serangga dan menutup secepat kilat.

5. Lobster-Pot Traps



Tanaman dengan perangkap lobster-Pot punya ruang yang mudah dimasuki, tapi sulit keluar karena terhalang bulu tanaman. Contoh tanaman ini adalah Genlisea atau pembuka botol. Ada dua jenis daunnya: yang di atas tanah untuk fotosistesa, sementara yang di bawah berupa tabung seperti akar, yang menyerap air.Mikroba bisa masuk ke tabung ini tapi tak bsia keluar. Di tabung, mereka dicerna dan dimangsa
Diubah oleh pekakgalau 13-04-2017 13:06
0
32.9K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.