Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Medcom.id
  • Hukuman Mati Era Jokowi Dinilai Lebih Buruk Ketimbang Era SBY

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Hukuman Mati Era Jokowi Dinilai Lebih Buruk Ketimbang Era SBY
Hukuman Mati Era Jokowi Dinilai Lebih Buruk Ketimbang Era SBY

Metrotvnews.com, Jakarta: Era pemerintahan Joko Widodo dinilai lebih buruk ketimbang 10 tahun era Susilo Bambang Yudhoyono soal hukuman mati. Pasalnya, selama 2,5 tahun memimpin, pemerintahan Jokowi telah mengeksekusi belasan terpidana mati.


Peneliti Imparsial Eva Rosita mengatakan, hukuman mati paling gencar diberikan kepada terpidana kasus narkoba. Tercatat, kata dia, sudah ada 18 terpidana yang dieksekusi mati.


'Kalau kita komparasikan, tercatat 21 (terpidana dieksekusi mati) dalam 10 tahun pemerintahan SBY,' kata Eva dalam sebuah diskusi di kawasan Tebet, Jakarta, Minggu 9 April 2017.


Eva menilai angka eksekusi mati pada pemerintahan Jokowi- Jusuf Kalla bertolak belakang dengan komitmen keduanya saat kampanye Pilpres 2014. Saat itu, Jokowi-JK berkomitmen memajukan dan memperbaiki penegakan HAM di Indonesia.


'Sayangnya, isu-isu penegakan HAM tidak cukup terlihat optimal. Salah satu yang krusial jaminan hak hidup yang sampai hari ini tidak terlihat upaya optimal pemerintahan Jokowi-JK,' ujar dia.


Menurut dia, kebijakan hukuman mati terus dikritik sejak bertahun-tahun. Bahkan, kritikan tersebut tak hanya datang dari dalam negeri, tetapi juga dunia internasional. Namun, pemerintah tetap menerapkannya.


Peneliti Imparsial lainnya, Ardi Manto mengatakan, hukuman mati era pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla belum berhasil memenuhi target. Pasalnya, jeratan itu belum berhasil membuat pengedar narkoba jera.


'Jadi tidak ada impact dari tiga eksekusi (mati),' kata dia.


Ardi menyarankan, pemerintah mengubah kebijakan dalam mengatasi masalah narkoba. Misalnya dengan mengedepankan program kesehatan ketimbang hukuman mati. 


'Isu kesehatan akan memberikan pemerintah cara pandang lain bagaimana mengatasi problem narkotika di Indonesia,' pungkas dia.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/4K...imbang-era-sby

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Hukuman Mati Era Jokowi Dinilai Lebih Buruk Ketimbang Era SBY Dituduh Melakukan Sihir, Pasutri WNI Bebas dari Hukuman Mati

- Hukuman Mati Era Jokowi Dinilai Lebih Buruk Ketimbang Era SBY Mengidap Kanker Hati, Napi Hukuman Mati Kritis

- Hukuman Mati Era Jokowi Dinilai Lebih Buruk Ketimbang Era SBY Pangeran Arab Saudi Dieksekusi Mati

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.7K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.