Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Ternyata Ini 7 Hal Penyebab Munculnya Jerawat, Gan!

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Ternyata Ini 7 Hal Penyebab Munculnya Jerawat, Gan!


Siapa sih yang nggak merasa terganggu oleh kehadiran jerawat? Sebelum memutuskan untuk mengobatinya, lebih baik kita mencari tahu terlebih dahulu penyebab timbulnya jerawat.

Jerawat muncul karena beberapa alasan, seperti adanya penyumbatan pori-pori di wajah, menumpuknya sel-sel kulit mati, infeksi bakteri, penggunaan kosmetik berlebihan, stres berkelanjutan, efek obat-obatan, serta konsumsi makanan yang tidak sehat. Banyak kan, penyebabnya? Selain dapat menurunkan tingkat percaya diri Agan dan Sista, jerawat juga seringkali menganggu keseharian karena dapat menyebabkan beberapa bagian wajah terasa bengkak dan perih. Nah, karena itu, ada baiknya Agan dan Sista mencegah timbulnya jerawat sejak dini. Lalu, hal-hal apa saja sih yang jarus kita hindari supaya jerawat nggak muncul-muncul lagi? yuk, cek daftarnya di mari gan :

1. Malas membersihkan kulit wajah



Melakukan kegiatan di luar ruangan dapat menyebabkan kulit berminyak dan kusam. Kotoran, debu, dan polusi yang menempel di kulit wajah dapat menyumbat pori-pori jika tidak segera dibersihkan. Hasilnya, jerawat kemungkinan besar akan muncul di sekitar wajah.

2. Membersihkan wajah secara berlebihan



Malas membersihkan wajah memang dapat menimbulkan jerawat. Akan tetapi, terlalu sering mencuci wajah juga dapat meningkatkan kelenjar minyak pada kulit wajah sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Solusinya, cukup mencuci wajah 2 atau 3 kali dalam sehari.

3. Hindari produk kecantikan yang mengandung minyak



Perubahan hormon dalam tubuh memacu produksi kelenjar minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Karenanya, hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung minyak dan menggantinya dengan yang berbahan dasar mineral agar wajah terhindar dari jerawat.

4. Menyentuh kulit wajah terlalu sering



Sebagian wanita sering menyentuh kulit wajah ketika sedang berpikir atau menghapus keringat di sekitar wajah menggunakan tangan. Tanpa disadari, hal tersebut dapat menjadi sarana menempelnya bakteri yang ada pada tangan di kulit wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal inilah yang kemudian menyebabkan si jerawat nakal muncul di kulit wajah.

5. Merokok



Efek negatif dari merokok sudah tidak diragukan lagi. Merokok dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya, seperti jantung dan kanker paru-paru. Namun, tahukah Anda kalau kebiasaan merokok juga dapat memicu timbulnya jerawat? Ini dikarenakan zat yang terkandung pada rokok dapat merusak sistem kerja kulit. Jadi, hindari merokok jika ingin kulit wajah bersih dan sehat!

6. Stres & Begadang



Stres tidak hanya mengganggu kondisi psikologis, tetapi juga berakibat buruk pada kulit. Ini produksi hormon akan meningkat saat stres mendera. Hasilnya, kulit menjadi kusam dan berminyak sehingga menimbulkan jerawat. Lain halnya dengan begadang. Tidur terlalu larut ternyata dapat merusak dan mengganggu regenerasi sel kulit. Kulit akhirnya akan menjadi kering, kusam, keriput serta berjerawat.

7. Menggunakan kosmetik berlebihan



Paparan bahan kimia yang terlalu banyak tidak baik bagi kulit. Karenanya, Agan dan Sista harus berhati-hati dalam memilih kosmetik karena dapat membuat kulit iritasi dan menimbulkan jerawat. Jangan lupa untuk membasuh wajah ketika sudah selesai memakai kosmetik karena bahan kimia yang ada didalamnya dapat meresap ke kulit wajah.

Mudah bukan mencegah timbulnya si bintik merah menyebalkan di kulit wajah? Selamat mencoba!emoticon-Kiss

Nah, kalau Agan dan Sista ingin tahu tips, trik, sama info kesehatan lainnya, langsung aja yuk Gan, meluncur ke TKP ! emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
0
16.8K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.