mangmamas25Avatar border
TS
mangmamas25
Sering Lewatin, Tapi Baru Kali Ini Liat Wajah Patung Pancoran


Agan Sista, terutama yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tentu sudah gak asing dengan patung pancoran. Patung yang nama aslinya adalah patung Dirgantara itu memang mempunyai pose yang ikonik, dengan bentuk tugu yang melengkung, dengan posisi strategis di perempatan jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.



Meskipun sudah sering melihat patung pancoran, tapi pasti Agan-Sista belum pernah lihat wajah dari patung itu kan? Karena posisi patung yang menghadap ke atas, wajah patung pancoran memang gak terlihat, dibandingankan dengan patung-patung lainnya yang ada di Jakarta. Tapi berkat seorang fotografer, wajah patung pancoran telah diabadikan, melalui potret yang diambil dengan drone.

Cerita Pengambilan Foto



Foto wajah Patung Pancoran diabadikan oleh fotografer bernama Rudy Sunandar. Menurut Rudy, awalnya ia hanya iseng saat tengah bermain drone di atas gedung yang lokasinya tak jauh dengan Patung Pancoran itu. Sabtu itu (8/4) Rudy tengah menghadiri acara drone racing di Wisma Aldiron. Lalu tercetus lah ide memotret wajah patung pancoran karena drone yang ia kendalikan terbang melewati patung tersebut.

Viral di Sosial Media



Jepretan iseng Rudy malah membuat heboh dunia maya. Foto yang diunggahnya di akun instagram pribadinya, @ryu_rudyitu mendapat respon positif dari netizen. Banyak yang berterima kasih pada Rudy karena berkat foto itu, orang-orang jadi tahu bagaimana wajah patung pancoran yang sering mereka lihat dari kejauhan saja. Foto ini pun mendapat lebih dari 1000 likes di instagram, dan di-repost oleh banyak orang, tak hanya di instagram, tapi juga di twitter dan facebook. Fotonya pun menimbulkan rasa penasaran untuk melihat wajah patung-patung lainnya yang ada di Jakarta.

Inspirasi Sosok Patung Pancoran



Patung Pancoran dirancang oleh Edhi Sunarso sekitar tahun 1964 - 1965 dan pembuatannya selesai pada tahun 1966. Edhi adalah pemahat patung kepercayaan Soekarno dan membuat sejumlah karya yang kini menjadi ikon di Jakarta seperti Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng.

Patung setinggi 11 meter dengan penyangga yang menjulang 27 meter itu memiliki berat mencapai 11 ton dan panjang 36 meter. Pengecoran perunggu patung dilakukan oleh Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif Yogyakarta, dipimpin oleh I Gardono. Sedangkan arsiteknya adalah Ir Sutami.

Menurut Sejarawan LIPI, Asvi Warman, Soekarno terinspirasi membuat patung tersebut dari sosok kosmonot Rusia, Yuri Gagarin yang tercatat sebagai orang yang pertama kali ke luar angkasa. Melalui patung itu Soekarno ingin menyampaikan pesan agar anak muda mempunyai kemampuan seperti Yuri Gagarin. Wajah Patung Pancoran mengambil sosok Gatot Kaca. Sedangkan bentuk tangan patung yang seperti hendak terbang memiliki nilai filosofi agar anak muda memiliki cita-cita setinggi langit. Secara filosofis patung ini melambangkan keberanian, satria dan kedirgantaraan dengan kejujuran dan semangat mengabdi.

Gimana Gan? Jadi penasaran pengen liat wajah patung yang lain?


sumber
sumber2
sumber3
sumber4
Diubah oleh mangmamas25 10-04-2017 17:17
0
72.6K
236
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.