Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tanah.liatAvatar border
TS
tanah.liat
Curhat Musisi Israel yang Lagunya Dipakai Anies-Sandi
JawaPos.com – Polemik tuduhan lagu pemenangan Anies-Sandi yang menjiplak belum berakhir meski sudah ada klarifikasi. Penyebabnya, akun Instagram Gadelbaz, musisi Israel yang mempopulerkan lagu Hashem Melech mengeluarkan kritik pedas untuk pasangan calon nomor tiga di Pilgub DKI Jakarta itu.


Curhat Musisi Israel yang Lagunya Dipakai Anies-Sandi


Dalam postingan di akun resminya pada Jumat (7/4) malam sekitar pukul 9.30, Gad Elbaz terlebih dahulu mengklarifikasi soal lagunya, Hashem Melech. Dikatakannya, lagu itu sudah ada sejak lama. ’’Saya mau mengatakan sesuatu yang penting tentang lagu ini yang keluar sejak lima tahun lalu pada 2013,’’ ujarnya seperti dikutip dari Instagram Gadelbaz.

Setelah itu, secara spesifik dia menyebutkan kegiatan politik yang sedang terjadi di Indonesia. Dia menyebut, untuk kegiatan politik itu digunakan lagu terbesar di komunitas Yahudi yang dinyanyikannya. ’’Politikus itu anti Israel, dan mereka adalah ekstrimis Muslim. Namanya, Sandiaga Uno,’’ imbuhnya.

Entah apa dasarnya Gad Elbaz menuding Sandi seperti itu. Dia tidak memberikan alasan terperinci di Instagramnya. Dia juga sempat menyinggung tuduhan dari tim Anies-Sandi yang menyebut bahwa justru lagunya yang menjiplak mereka. Gad Elbaz menegaskan, kalau lagunya sudah muncul sebelum musisi seperti Mark Anthony merilisnya.

’’Saya merilis lagu cover dari Chab Challed dan lagu ini menjadi yang terbesar di komunitas Yahudi di seluruh dunia,’’ tegasnya.

Di akhir postingannya, Gad Elbaz berterimakasih kepada Tuhan untuk terciptanya lagu itu. Dia juga berdoa agar seluruh ekstrimis yang ingin membunuh yang tidak seiman, akan dibalas oleh Tuhan. ’’Saya bahagia berada di sisi baik dari dunia ini,’’ tutupnya.

Jawaban Gad Elbaz itu untuk menampik pernyataan di website tim pemenangan Anies-Sandi di [url="http://www.jakartamajubersama.com."]www.jakartamajubersama.com.[/url] Ada informasi yang tidak akurat dan disentil oleh Gad Elbaz. Dikatakan kalau lagu dari band Israel itu muncul pada Januari 2016, dan lagu Kobarkan Semangat Indonesia sudah muncul pada April 2014.

Jika dilihat pada postingan Gad Elbaz di akun YouTubenya, terlihat lagu itu kali pertama diunggahnya pada 27 Januari 2013. Pada awal 2016, dia kembali merilis lagu itu kembali dengan judul Hashem Meleh 2.0. Jika didengarkan, lagu yang diunggah Gad Elbaz pada 2013 dan 2016 pada intinya adalah sama. Perbedaan ada pada digunakan alat musik sebagai pengiring, dan Nissim sebagai rapper.

Di lagu Hasem Meleh versi 2.0, Gad Elbaz juga memasukkan lirik dalam bahasa Inggris. Tidak didominasi bahasa Ibrani seperti pada lagu pertamanya. Penelusuran Jawa Pos, Chab Challed selaku pemilik lagu orisinal tidak pernah mempermasalahkan instrumennya dipake untuk Hashem Meleh. Entah, apakah itu berarti Chab Challed sudah memberi restu agar instrumennya dipakai untuk lagu rohani orang Yahudi.

Yang jelas, soal izin itu yang membuat Gad Elbaz akhirnya mengkritik keluarnya lagu Korbankan Semangat Indonesia. Nah, apakah tim Anies-Sandi sudah meminta izin juga ke Chab Challed? Hingga kini pertanyaan itu belum terjawab. Sebab, Wakil Ketua Tim Media Anies Sandiaga Naufal Firman Yursak menegaskan lagu tersebut tidak menjiplak Gad Elbaz.

"Tidak mungkin lagu Semangat Indonesia menjiplak lagu band Israel, karena lagu Kobarkan Semangat Indonesia diterbitkan lebih dulu yaitu pada April 2014 sedangkan lagu band Israel baru diterbitkan Januari 2016," ujar Naufal kepada JawaPos.com, Jumat (7/4). Menurutnya, lagu Kobarkan Semangat Indonesia lebih mirip dengan lagu berjudul C'est La Vie yang artinya Inilah Hidup yang dinyanyikan oleh Cheb Khaled. (dim)

SUMUR BORRRRR


emoticon-Takut emoticon-Takut

Ektrimis muslim emoticon-Hammer2


Selamat ente terkenal di sana brey.... dan juga memalukannnnn nama indonesia,seolah indonesia sarang EKTRIMIS
Diubah oleh tanah.liat 08-04-2017 08:06
0
2.5K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.2KThread45.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.