Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Buya Syafii: Intoleransi Dipicu Pragmatisme Politisi
Buya Syafii: Intoleransi Dipicu Pragmatisme Politisi

Metrotvnews.com, Jakarta: Cendekiawan muslim Indonesia Ahmad Syafii Maarif menilai para politisi di DPR tak mampu menekan aksi intoleransi yang kian marak akhir-akhir ini. Suara-suara para politisi di Senayan itu tak dipercaya lagi oleh masyarakat.


'Selama ini sebagian politisi kita masih berpandangan sangat pragmatis,' kata Syafii di acara Indonesia di Persimpangan Negara Pancasila vs  Negara Agama, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Sabtu 8 April 2017.


Buya Syafii mengatakan negara dengan populasi muslim besar seperti Indonesia berpotensi terpecah belah jika pandangan para politisinya masih pragmatis. Karena, kenyataannya, rakyat Indonesia masih bergumul dengan kemiskinan dan korupsi.


Sikap intoleran itu ditambah dengan masuknya ideologi arabisme yang tak terkendali (misguided arabism). 'Jika tak cepat diantisipasi, ideologi semacam ini akan dengan cepat memecah belah kehidupan bangsa dan bernegara,' kata Buya.


Ia mengapresiasi langkah Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk menangkal ideologi yang bisa berpotensi meningkatnya aksi intoleransi. Namun, hal itu saja dinilai tak cukup tanpa diimbangi dengan nilai-nilai Pancasila.


'Ini semua tak akan efektif kalau nilai Pancasila tak dibawa turun ke bumi. Ditambah kesenjangan yang begitu tajam,' tutur dia.


Buya berkaca kepada negara-negara di Timur Tengah yang hancur. Konflik terus berkecamuk di sana akibat tindakan intoleransi warganya. Ia sangat mengantisipasi hal itu terjadi di Indonesia.


'Kenapa negara yang sehebat dan sebesar itu, muslimnya terpecah belah? Saling menghujat? Coba Anda bayangkan Suriah, Libya, dan Mesir sudah hancur. Kita tak boleh seperti itu,' kata Syafii.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...tisme-politisi

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Buya Syafii: Intoleransi Dipicu Pragmatisme Politisi Sebuah Sekolah di Jerman Larang Penggunaan Sajadah

- Buya Syafii: Intoleransi Dipicu Pragmatisme Politisi Indonesia-Arab Sepakat Mengedepankan Islam Moderat

- Buya Syafii: Intoleransi Dipicu Pragmatisme Politisi Daftar Kepala Daerah Pejuang Kebebasan Beragama

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.