Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
6 Langkah Ajaib Hindari Gigitan Nyamuk
6 Langkah Ajaib Hindari Gigitan Nyamuk


Buat Aganwati yang udah jadi ibu, pasti tahu dong kalau musim hujan merupakan waktu dimana nyamuk berkembang biak. Ada bermacam-macam alasan, mulai dari temperatur yang menjadi lembap hingga munculnya genangan air bekas hujan. Selain mengganggu, nyamuk juga dapat membahayakan kesehatan karena dapat menyebarkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah, chikungunya, malaria, hingga kaki gajah (filariasis). Adakah cara efektif untuk menangkal gigitan si hewan haus darah ini? Yuk intip tips berikut ini:

1. Gunakan minyak eucalyptus dan lemon

6 Langkah Ajaib Hindari Gigitan Nyamuk


Kedua bahan alami ini direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) untuk mencegah gigitan nyamuk karena kandungan antiseptik di dalamnya berkhasiat sebagai anastesi dan anti-inflamasi.

2. Makan cokelat

6 Langkah Ajaib Hindari Gigitan Nyamuk


Selain karena rasanya yang enak, peneliti dari University of Californiajuga menyatakan bahwa aroma coklat dapat merusak fungsi sensor pendeteksi karbon dioksida nyamuk. Hasilnya, nyamuk akan terdisorientasi dan bingung. Hebat, bukan?

3. Bercocok tanam

6 Langkah Ajaib Hindari Gigitan Nyamuk


Tidak ada salahnya untuk menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk di dalam atau di sekitar rumah. Beberapa tanaman yang terbukti ampuh mengusir nyamuk adalah tanaman serai, lavender, catnip, dan feverfew.

4. Gunakan pembasmi serangga yang mengandung DEET atau Diethyltoluamide

6 Langkah Ajaib Hindari Gigitan Nyamuk


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mexico State University, DEET dalam obat pembasmi serangga terbukti mampu menangkal nyamuk lebih lama dan efektif’

5. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol

6 Langkah Ajaib Hindari Gigitan Nyamuk


Pada tahun 2002, sebuah studi di Jepang menyatakan bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan sekresi keringat dan temperatur tubuh. Hasilnya, nyamuk akan semakin tertarik untuk menghisap darah.

6. Lakukan 3M

6 Langkah Ajaib Hindari Gigitan Nyamuk


Lakukanlah mengubur, menguras, dan menutup. Langkah tadi dimulai dengan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat genangan air, menguras bak mandi atau penampungan air lainnya secara teratur, hingga menutup tempat berpotensi menjadi tempat tumbuh kembangnya jentik nyamuk. Mudah, bukan?

Nah, Aganwati, sebenarnya tidak susah kok untuk menjaga keluarga dari serangan si hewan kecil yang satu ini. Asalkan sabar dan telaten, musim hujan tidak akan membahayakan kesehatan. Selamat mencoba!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


Punya saudara yang terkena DBD dan ingin segera berkonsultasi dengan dokter? Langsung tanya ke dokter ane, gan! emoticon-Ngacir2
Atau, perlu informasi kesehatan lainnya? Ente bisa cek web ane emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh godok.indonesia 03-04-2017 08:51
0
1.1K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.