davis166Avatar border
TS
davis166
Facebook Luncurkan Fitur Baru Untuk Penggalangan Dana

Klik like, ketik amin, dan share, untuk membantu anak-anak ini bisa sekolah!

Sering Gan melihat status seperti itu? Seringkali media sosial seperti facebook menjadi tempat untuk mengumpulkan simpati, juga donasi. Like yang agak berikan, bisa setara dengan sebuah bantuan. Tapi kadang kita bertanya-tanya, gimana sih sistem konversinya? Atau cuma demi mengepul popularitas saja?

Memang Facebook sebagai media perantara saja, tapi pengumpulan dana ini bisa menjadi lebih nyata karena Facebook sudah mengumumkan fitur terbarunya, fundraising, alias mengumpulkan dana. Konsepnya adalah mengumpulkan dana dari publik, donasi, patungan, sumbangan, you name it. Bedanya, Agan bisa menggalang dana atas nama pribadi, tak atas nama organisasi atau perusahaan.



Facebook Fundraisers

Untuk bisa memakai fitur ini, Agan harus berusia minimal 18 tahun. Facebook memberikan 6 kategori untuk fitur penggalang dana ini yaitu pendidikan, kesehatan, kesehatan hewan, pemulihan krisis, keadaan darurat pribadi, pemakaman atau duka. Untuk menghindari penipuan, akan dilakukan tinjauan otomatis selama 24 jam untuk setiap kampanye. Rencananya program ini akan dirilis di Amerika Serikat beberapa minggu ke depan.



Fitur fundraising ini tidak gratis memang, karena sebanyak 6,9 persen donasi yang terkumpul diambil oleh Facebook sebagai biaya transaksi, dan setiap donasi yang masuk akan dipotong sebesar 0.30 dollar AS atau setara dengan Rp. 4000. Biaya yang diambil oleh facebook itu tujuannya untuk memproteksi penipuan, proses pembayaran, dan pemeriksaan.

Cara Membuat Penggalangan Dana

Untuk mulai menggalang dana, Agan harus mengisi data-data yang diperlukan. Hal pertama yang ditanyakan adalah "Untuk siapa Agan menggalang dana?". Agan bisa memilih teman di facebook, organisasi non profit untuk Agan sendiri, atau untuk seseorang ataupun sesuatu yang tidak ada di facebook (seperti kucing atau anak kecil). Lalu kemudian pilih kategori dan isi deskripsi singkat.



Selanjutnya Facebook akan mem-verifikasi. Jika disetujui, pengguna bisa memilih cover photo, menunjukkan orang yang menerima dana. Ada juga 'thermometer' yang menjadi petunjuk seberapa banyak uang yang terkumpul, cerita dibalik orang yang membutuhkan dana, dan informasi mengenai pembuatnya. Orang yang ingin menyumbang bisa melihat semua informasi ini, jadi Agan bisa kroscek terlebih dahulu kredibilitas penggalang dananya. Donnasi yang diberikan melalui sistem pembayaran milik facebook yang sudah tersedia.

Fitur yang Bermanfaat

Facebook memang sudah gak asing dengan penggalangan dana Gan. Facebook pernah membantu mempopulerkan Ice Bucket Challenge yang menjadi viral dan berhasil mengumpulkan 115 juta dollar untuk amal. Kita juga sering lihat bagaimana sebuah sosial media dapat membantu banyak orang, ketika berbagi cerita lalu menggugah simpati, dan mengumpulka dana. Meskipun sudah banyak website yang membuat penggalangan dana seperti ini seperti GoFundMe, YouCaring, kalau di Indonesia misalnya KitaBisa, dan masih banyak lagi, namun fitur baru ini membuat penggalangan dana bisa mencapai lebih banyak orang. tentu karena pengguna Facebook yang sangat banyak di seluruh dunia.

Semoga fitur baru ini bisa segera diluncurkan di negra-negara lain dan bisa bermanfaat dengan baik untuk menumbuhkan semangat saing membantu sesama. Yuk manfaatkan sosial media dengan baik, jangan buat nyebar hoax doang!

sumber
[URL="http://mashable.com/2017/03/30/facebook-personal-fundraisers/?utm_cid=mashS E N S O R-Tw-main-link#0rVeILZG_mqq"]sumber 2[/URL]
Diubah oleh davis166 03-04-2017 06:48
0
13.8K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.