abrahamtetraAvatar border
TS
abrahamtetra
Tips Bagi Agan yang Mau Naik Motor Saat Mudik
Lebaran udah deket gan, agan2 yang punya kampung halaman pasti pada mau mudik. Selain naik mobil pribadi atau angkutan umum, mungkin ada juga agan yang mau naik motor. Nah bagi agan yang mau naik motor, ane akan kasi beberapa tips buat agan-agan sekalian:


Menyiapkan Perbekalan

Saat akan mudik, ada baiknya kalo agan nyiapin perbekalan seperti air minum dan makanan ringan. Perbekalan ini bisa agan embat kalo agan udah gak kuat berpuasa atau berhenti untuk beristirahat.

Persiapan Fisik
Saat akan berangkat, pastikan agar tubuh agan berada dalam keadaan yang fit. Selain itu, tenangkan dan jauhkan diri dari perasaan was-was agar perjalanan agan jadi lebih menyenangkan.

Kalo Agan Lagi Sakit
Kalau ternyata agan lagi sakit dan harus minum obat, pastikan kalau obat tersebut tidak buat agan mengantuk. Karena kalo agan mengemudi dalam keadaan mengantuk, maka agan akan membahayakan diri agan dan pengguna jalan lainnya.

Memeriksa Roda Motor
Sebelum berangkat, pastikan agar agan memeriksa roda motor. Caranya adalah putarlah roda motor agan, jika putarannya terasa berat berarti ada masalah pada poros roda motor. Oleh karena itu, periksalah apakah ada yang bengkok pada as, stempet laher dan pelek roda.

Memeriksa Angin Ban
Pastikan bahwa keadaan angin ban Anda sesuai dengan beban yang akan ditanggungnya emoticon-Ngakak. Sebaiknya ban tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Ban yang lembek akan membuat beban terlalu berat sehingga motor jadi boros bensin. Tapi jika ban terlalu keras, maka bisa jadi motor agan bakal tergelincir.

Memeriksa Rem
Rem adalah bagian yang penting dari motor. Oleh karena itu, sebaiknya agan memeriksa keadaannya. Jika agan merasa ada yang kurang beres atau oli remnya kurang, sebaiknya agan segera membawanya ke bengkel.

Bagi yang Pertama Kali
Jika agan ingin mudik pertama kalinya dengan menggunakan motor, sebaiknya Anda tidak membawa penumpang. Hal ini untuk menjaga kenyamanan agan.

Perlengkapan Lainnya
Ada baiknya kalo menggunakan helm full face untuk menjaga keselamatan. Tapi kalo gak punya, agan bisa menggunakan helm half face dan gunakan masker untuk menutup mulut. Pastikan juga kalau helm agan memenuhi syarat SNI dan tidak mudah pecah. Jangan lupa untuk menggunakan jaket yang agak longgar serta sarung tangan.

Berdo’a
Sebelum berangkat, pastikan kalo agan berdo’a kepada Yang Maha Kuasa dan mintalah perlindungan kepada-Nya agar agan selamat sampai tujuan.

Saat Berlalu Lintas
Saat berada dalam perjalanan, pastikan agar agan mengikut rambu-rambu yang ada serta tertib dalam berlalu lintas. Selain itu, kendalikan emosi agan saat dalam perjalanan.

Beristirahat
Setelah agan mengendarai motor selama 2 jam, sebaiknya agan beristirahat sejenak. Ada banyak tempat untuk beristirahat seperti masjid, pom bensin, pos-pos kesehatan dan lain-lain. Saat istirahat rebahkanlah tubuh, lemaskan otot dan pijatlah kaki agan. Setelah itu, periksa lagi keadaan motor.

Sumber : SegiEmpat
Diubah oleh abrahamtetra 26-07-2014 09:10
0
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.