Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mrifaiAvatar border
TS
mrifai
FUI Komitmen Aksi 313 Berlangsung Damai
FUI Komitmen Aksi 313 Berlangsung Damai



Forum Umat Islam (FUI) berkomitmen agar Aksi 313 berjalan dengan damai. Sekjen FUI Muhammad Al-Khaththath mengatakan, rekam jejak (track record) aksi mereka telah menunjukkan hal itu.

"Ya, dari dulu kita damai. Kita komitmen aksi damai, kita mau lakukan itu. Dalam arti, aksi 4 November atau aksi 411 setelah magrib kita sudah ingin pulang, kita bertujuan aksi damai. Tapi kemudian saat itu ada bentrokan. Begitu juga aksi 212 dan kita waktu kita salat Jumat Istiqlal," kata Al-Khaththath ketika dihubungi, Kamis (30/3/2017) malam.

"Jadi track record kita sudah membuktikan kita selalu menggelar aksi damai," sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Divisi Humas Media FUI Aksi 313, Nanang Qosim mengatakan hal senada. Menurutnya aksi damai ini akan dilakukan untuk menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang dapat menjadi rahmat bagi sekalian alam.

"Kita dari semenjak aksi 411 sampai 212 jilid 2 kita aksi damai, aksi super damai terus. Hal ini kita lakukan supaya dunia melihat agama Islam itu rahmatan lil alamin, cinta damai," tuturnya.

Dia mengatakan, sebagai wujud komitmen, mereka akan membuat pagar betis ketika massa mulai long march dari Masjid Istiqlal hingga akhirnya berakhir di depan Istana Merdeka. Pagar betis sebagai pembatas massa ini akan dilakukan oleh Laskar Pembela Islam (LPI). Selain itu, lanjutnya, massa akan diusahakan tidak sampai mengganggu pengguna jalan lainnya.

"Jadi laskar FPI sudah ikut rapat. Penjagaan nanti dari laskar FPI. Saat long march nanti, ada Laskar FPI di depan, di kanan dan kiri. Mereka akan mengawal mobil komando. Ini berkaitan dengan kesepakatan korlap aksi dengan Polda Metro Jaya dan Mabes Polri," ucap Nanang

"Nanti kalau memang jemaah bisa pakai ruas jalan, kita pakai satu ruas. Tapi kalau jemaah ada yang sampai 2 sampai 3 ruas jalan, maka akan begitu. Kita akan usahakan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya," imbuhnya.

Nanang mengatakan, dari massa yang akan aksi besok juga akan ada tim sapu bersih. Tim ini akan menjaga kebersihan dengan mengambil sampah agar tidak ada yang tercecer dan mengotori lokasi aksi.

"Ada juga tim sapu bersih, dia bawa plastik besar. Kalau ada sampah akan dimasukkan ke dalam plastik. Tim ini ada sekitar 100 orang," ujarnya.
(jbr/jor)

sumber

udah disediakan pengamanan ambulan dan satpol PP juga

Amankan Aksi 313, Pemprov DKI Siagakan Ambulans dan Satpol PP



Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengimbau agar jalannya aksi 313 bisa berjalan aman. Untuk itu berbagai antisipasi pengamanan dilakukan.

Usai berkoordinasi dengan personel Polri, Sumarsono menyampaikan bahwa Jakarta sudah siap menyambut kedatangan para peserta aksi pada hari ini (31/03/2017) di kawasan Monas. Fasilitas untuk peserta aksi yang menyampaikan aspirasi diwujudkan dalam bentuk pengamanan.

"Atas saran Pak Kapolri dan Kapolda ada 1.500 satpol PP di sejumlah titik. Ambulans 10 dengan 10 orang tim setiap unit jadi ada 100 disiapkan. Mulai dari Monas, DPR, Istiqlal dan seterusnya," terangnya.

Selain itu ada pula pemadam kebakaran yang disiagakan dengan masing-masing dilengkapi lima personel. Tak hanya itu, antisipasi kemacetan juga mengerahkan 180 peraonel dari Dinas Perhubungan.

"Smart City CCTV sedang on, ada 3.000 CCTV bisa kita monitor dari balai kota. Insya Allah kita semua berlangsung aman, tertib karena yang demo juga tidak banyak. Perkiraan sampai hari ini 2.000an orang," harapnya.

Kawasan Monas akan mulai disterilkan siang hari. Sementara Tugu Monumen Nasional telah ditutup sejak pagi bagi khalayak umum. Selain Monas, Jl Medan Merdeka Utara, Jl Medan Merdeka Barat, serta Jl Veteran juga telah steril dari lalu lintas warga.
(fjp/fjp)

sumber

buat yang mau bepergian, pantau lokasi demo nih, jangan deket-deket biar gak kena macet.

Ada Aksi 313, Hindari Sejumlah Ruas Jalan Ini



JAKARTA, KOMPAS.com - Massa aksi unjuk rasa pada Jumat (31/3/2017) ini atau yang disebut "aksi 313" rencananya akan berjalan kaki dari Masjid Istiqlal ke Istana Merdeka untuk menyampaikan aspirasi mereka. Namun dari Istiqlal massa tidak akan langsung ke Jalan Medan Merdeka Utara, lokasi Istana Merdeka berada. Mereka akan mengitari Monas melewati Balai Kota yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Untuk aksi dari Masjid Istiqlal ke Istana dengan melalui Jalan Medan Merdeka Timur, belok kanan Jalan Merdeka Selatan, lewat Balai Kota, kemudian Bundaran Patung Kuda belok kanan lagi lewat Jalan Medan Merdeka Barat sampai depan Istana," kata Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath di Masjid Baiturrahman, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya terpaksa menutup sejumlah ruas jalan yang akan dilintasi oleh para pengunjuk rasa itu. Iriawan memastikan unjuk rasa akan selesai atau dibubarkan pada pukul 18.00.

"Rekayasa tentu ada. Beberapa tempat yang harus kami lakukan, seperti Patung Kuda akan ditutup nanti. Di sekitar Gambir, dan belakang Jalan Veteran," kata Iriawan, Kamis.

Baca juga: Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Aksi 313

Usai menyampaikan aspirasi depan Istana, massa kemungkinan akan berkumpul kembali di Istiqlal untuk melaksanakan shalat maghrib.

Iriawan mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan antisipasi jika massa di Istiqlal bergabung bersama massa mahasiswa di MPR/DPR.

sumber

semoga saja damai, Indonesia kan damai Gan! Yee nggakkkkk?
Siapa yang ikutan aksi 313? Boleh lah laporkan keadaan di mari emoticon-Cool
Diubah oleh mrifai 31-03-2017 02:55
0
17.4K
244
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.