Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

godok.indonesiaAvatar border
TS
godok.indonesia
8 Macam Orientasi Seksual yang Harus Anda Ketahui


Secara singkat, orientasi seksual merupakan ketertarikan seseorang secara emosional dan seksual terhadap jenis kelamin atau hal tertentu. Di era modern ini, Gan-Sis pastinya menyadari bahwa orientasi seksual seseorang bukan lagi hal yang tabu untuk dibahas secara publik.

Saat pertama kali diteliti oleh Alfred Kinsey pada tahun 1948, orientasi seksual publik didominasi oleh ketertarikan pada lawan jenis. Namun, seiring dengan berkembangnya jaman, semakin banyak pihak yang memproklamirkan dirinya memiliki orientasi seksual yang berbeda. Mengapa bisa demikian?

Ternyata, hal ini dikarenakan orientasi seksual seseorang sejatinya bukanlah sekadar bawaan lahir. Terdapat faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi ketertarikan seksual, seperti faktor lingkungan, keluarga, pola asuh, dan trauma. Yuk, tambah pengetahuan Gan-Sis mengenai jenis-jenis orientasi seksual yang ada di tengah-tengah masyarakat! Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Heteroseksual



Heteroseksual sering juga dikenal sebagai orientasi lurus (straight) atau ‘normal’. Mengapa? Karena mereka yang tergolong memiliki orientasi seksual jenis ini hanya akan tertarik pada lawan jenis.

2. Homoseksual



Homoseksual dipercaya sebagai bentuk penyimpangan seksual yang pertama kali ada. Mereka yang menyatakan diri sebagai homoseksual digambarkan sebagai individu yang menyukai sesama jenis.

3. Biseksual



Seorang biseksual memiliki ketertarikan seksual terhadap kedua kubu jenis kelamin, yaitu sesama jenis dan lawan jenisnya. Karenanya, seseorang dengan orientasi seksual ini mempunyai tingkat ketertarikan yang sama baik kepada pria maupun wanita.

4. Panseksual



Panseksual merupakan kondisi di mana satu individu tertarik dengan individu lain tanpa mempermasalahkan orientasi seksual maupun jenis kelamin pasangannya.

5. Aseksual



Seorang aseksual tidak memiliki ketertarikan seksual kepada individu lain, baik pria ataupun wanita. Mereka mungkin dapat menyayangi bahkan mencintai seseorang, namun tidak akan memiliki gairah untuk melakukan hubungan seksual.

6. Poliseksual



Sedikit mirip dengan panseksual, mereka yang memiliki orientasi poliseksual dapat tertarik dengan semua jenis gender. Namun, perlu diingat bahwa berbeda dengan panseksual, mereka yang tergolong pada kelompok poliseksual tidak memiliki hasrat untuk bersama dengan pasangannya.

7. Demiseksual



Seseorang dengan jenis orientasi demiseksual dapat tertarik dengan semua jenis gender. Namun, mereka tidak akan memiliki ketertarikan seksual dengan siapapun kecuali sudah memiliki sebuah ikatan yang kuat.

8. Skolioseksual



Individu dengan jenis orientasi skolioseksual tidak akan tertarik dengan orang yang memiliki gender “biasa”. Mereka cenderung menyukai orang-orang yang mengidentifikasi diri sebagai non-biner, yaitu individu yang menyatakan identitas seksualnya bukan sebagai pria maupun wanita, semisal androgini dan intergender.

Jadi, jenis orientasi seksual manakah yang mendeksripsikan diri Gan-Sis?

Diubah oleh godok.indonesia 24-02-2017 03:04
0
9.3K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.