B0eDyAvatar border
TS
B0eDy
yuk budi daya jamur merang dengan modal 10-15 jt
I.PENDAHULUAN


A.\tLatar belakang
Dukungan wilayah kepulauan Indonesia sangat stategis untuk mengembangkan budidaya jamur merang (Volvariella valvaciace ) merupakan negara ke – 2 setelah Brazil, bahan baku jerami padi sangat berlimpah dan merupakan potensi terbanyak khususnya daerah penghasil padi. Negara kita pernah berhasil untuk swasembada beras, dengan adanya tanaman padi yang berlimpahrua bisa dibuktikan bahwa bahan baku jerami sangat banyak. Kebutuhan jamur dunia saat ini masih dikuasai oleh cina akan tetapi 10 tahun kedepan muda-mudahan kita bisa setarap dengan cina sebagai negara penyuplai jamur merang yang berkualitas.

Saat ini pengusaha dan petani jamur di Indonesia jumlahnya terbatas sedang kebutuhan akan jamur di masyarakat sangat tinggi. Jadi peluang pasar cukup memadai khususnya di negara kita ini. Harga pasaran jamur merang masih tingi berkisar /Kg Rp.17.000,- hinga Rp 22.000,- pada tahun 2009. Kalangan menegah keatas adalah merupakan pasar utama ,tetapi kita bisa buktikan sendiri di daerah kita sendiri permintaan jamur cukup besar. Bahkan di kirim dari luar kota.

Jamur merang merupakan komoditas ungulan pertanian yang bebas pestisida dan bahan kimia ,sehingga residu yang terkandung pada jamur merang relatip tidak ada dengan demikian efek sampingan mengkonsumsi jamur ini tidak ada bahkan dipercaya sebagian masyarakat, jamur bisa menyembuhkan kangker dan sangat berguna untuk konsumsi orang yang terkena serangan penyakit darah tinggi.

Kondisi saat ini banyak limbah pertanian yang belum diolah oleh petani khususnya jerami masih banyak ditemui di area petani dan petani masih suka suka membakar dari pada memanfaatkannya karena SDM mereka sangat rendah. Dengan melalui Pelatihan di Pusat-Pusat Pelatihan yang bisa dikembangkan untuk membantu Pemberdayaan petani melalui pelatihan ini , dengan adanya Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya ini bisa menumbuh kembangkan kemampuan pendayagunaan bantuan –bantuan yang belum bisa terealisasi dengan mudah dan cepat menjadi program yang berkelanjutan bagi Perusahaan dan BUMN yang bersedia untuk menjadi mitra kami dan harapan kami selalu siap untuk melayani masyarakat. Dan menciptakan interfrener sejati\t\t\t\t\t\t\t

B. Tujuan
1.\tAdapun Tujuan dalam Buku Pedoman Budidaya Jamur Merang ini ditulis berdasarkan hasil kegiatan praktek lapangan. Yang disesuaikan dengan kondisi yang ada di lingkungan pantura Inramayu.
2.\tUntuk meningkatkan produksi jamur merang melalui pelatihan di P4 S Bunga Nirwana
3.\tUntuk menggali inovasi teknologi jamur merang menjadi dinamis ,dan disesuaikan dengan agroklimat di tempat usaha masing-masing.
4.\tmengolah dan memanfaatkan limbah pertanian menjadi nilai tambah penghasilan petani
5.\tMembentuk kemitraan dan jaringan bisnis serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.
6.\tMembantu Pemerintah untuk meningkatkan SDM Petani ,yang mengacu ke pertanian organik yang ramah lingkungan.


II.KONTRUKSI KUMBUNG JAMUR


Pelaksanaan Budidaya Jamur merang di butuhkan inspirasi perencanaan yang matang baik dari persiapan, tempat, bahan baku, tenaga kerja serta peralatan dan perlengkapan untuk membuat sebuah manajemen antar lain :








1.\tPersiapan Membuat Kumbung
Memilih Tempat yang akan disiapkan untuk membuat kumbung jamur.
Perkembang di lingkungan petani. Budi daya jamur merang memilih lokasi pekarangan yang cukup untuk tempat penyimpanan bahan media atau jerami padi dan yang lainya, tempat untuk membuat kumbung jamur dipilih tempat yang tedu dan jauh dari gangguan dari percikan api yang disebabkan aktivitas perbengkelan atau aktivitas yang sama pegelasan untuk menghindari terjadinya kebakaran .
a.\tUkuran kumbung jamur panjang 6,5 meter lebar 4 meter tinggi 4 -5 meter
b.\tBahan pembuat kumbung :

•\tBambu sebanyak 250 batang ukuran bambu diameter 9-12 cm
•\tPlastik PE ukuran tebal 0,012 sebanyak 20 Kg
•\tStryfoam sebanyak 100 lembar panjang 1,25 m dan lebar 1.15 m
•\tTambang plastik + 7 Kg
•\tPaku 20 kg
•\tBatu bata 750 buah
•\tKawat ayam 30 m’ untuk melindungi tikus
2.\tKonstruksi rak

Rak terbuat dari bambu tengah dan batangan, pingir sejumlah 2 rak, dengan ukuran lebar rak 1,15 cm, tingi rak dihitung dari lantai 0,5m , 0,60 m ,0,65 m,0.75m ,0,60m,0,70m,0,70m untuk lebih jelasnya lihat pada lampiran
3.\tKonstruksi jendela dan pintu
Jendela dan pintu dibuat pada bagian tengah kumbung, jendela sebanyak 2 unit dan pintu satu unit. Ukuran pintu disesuaikan dengan lorong tengah kumbung yaitu 0,7 m tinggi 1,60 m terbuat dari bingkai bambu yang ditutup plastik. Jendela dibuat pada bagian atas kiri kanan kumbung, letaknya diatas rak bagian pinggir. Ukuran jendela lebar, 0,8m dan tinggi 0,4 m tertutup kawat ayam. Jendela bisa dinaik turunkan dari bagian luar kumbung, yaitu dengan memasang tali. Dengan demikian pengaturannya bisa dari bawah. Jendela berfungsi untuk mengontrol naik turunya suhu kamar kumbung jamur. Apabila suhu terlalu tinggi jenjela bisa di buka dan sebaliknya.
4.\tKonstruksi lantai
Lantai bagian lorong diusahakan terbuat dari pasangan batu bata yang di plester, dengan ukuran 0,70 m dan tingi 6 cm dari permukaan tanah berguna untuk mengurangi becek dan memudahkan penyipanan plastik lantai. Sedangkan bagian lantai di bawah rak dari tanah subur, dengan tujuan agar selalu terjadi penyesuaian kelembaban, penyimpanan air,pH atau stabilitas suhu secara alamia.
5.\tSterelisasi Kumbung
Kumbung jamur sebaiknya sebelum digunakan dilakukan sterelisasi secara baik fumigasi, tretmen ataupun yang lainnya. Hal ini berguna untuk menghindari tumbuhnya jenis microbia atau jamur liar yang akan mengganggu tumbuhnya jamur merang.
Yang terbaik adalah dengan fumigasi belerang dalam kumbung caranya : belerang sebanyak satu ons dipanaskan dengan bantuan sabut kelapa atau yang lainnya dalam wadah kaleng. Biarkan asap belerang tersebut memenuhi ruangan biarkan selama 1 (satu) hari.


next ke bawah
0
13.8K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.