Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

scarosdAvatar border
TS
scarosd
Disebut Jokowi Cuma Sebatas Plastik, di Manakah Chip di e-KTP?
Jakarta - Presiden Joko Widodo menyindir kualitas e-KTP yang hanya sebatas plastik. Padahal e-KTP ini digembar-gemborkan memiliki chip canggih di dalamnya. Lantas di manakah keberadaan chip itu?

Jokowi pun menyesalkan proyek yang menghabiskan anggaran Rp 6 triliun tersebut hanya berhasil memindahkan jenis KTP 'kertas' menjadi 'plastik'.

"Jadi kita mohon maaf kalau masih ada problem seperti itu. Karena memang mestinya peralatannya kan, 'crek' rampung, 'crek' rampung. Habisnya (Rp) 6 triliun, jadinya hanya KTP yang dulunya kertas sekarang plastik, hanya itu saja. Sistemnya tidak benar," kata Jokowi saat ditemui wartawan usai dirinya meninjau pameran IFEX 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 11 Maret 2017.

Untuk diketahui, sebenarnya perbedaan KTP Elektronik (e-KTP) dengan KTP konvensional terletak pada chip yang disematkan di dalamnya. Tetapi banyak yang tak mengerti apakah betul chip itu benar-benar bisa berfungsi.

Penyematan chip dalam e-KTP memunculkan proyek bernilai 5,8 triliun Rupiah di tahun 2012. Bahkan 49 persen duit dari proyek ini pun jadi bancakan sederet oknum pejabat korup.

Berbeda dengan kartu ATM atau pun kartu kredit, chip pada e-KTP tak tampak di luar. Tak jarang orang mengira bahwa e-KTP hanyalah sama dengan KTP biasa namun berbahan dasar plastik.

"KTP-el tersusun dari 7 lapisan. Chip ada dalam lapisan keempat. Bisa dibaca dengan card reader. Chip tidak bisa dilihat dengan mata, harus dilihat dengan card reader tersebut," ujar Dirjen Dukcapil Zudan Arif saat dikonfirmasi detikcom, Senin (27/3/2017).

Pada tahun 2013, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memamerkan card reader buatannya. Fungsi dari alat itu adalah untuk membaca data yang terdapat pada e-KTP seseorang.

https://m.detik.com/news/berita/d-3457994/disebut-jokowi-cuma-sebatas-plastik-di-manakah-chip-di-e-ktp?utm_medium=cpc&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_source=facebook&utm_content=detikcom
0
8.2K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.