Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

raprayogaAvatar border
TS
raprayoga
Kenapa Sih Kita Masih Setia Pada Pekerjaan Kita Sekarang? Mungkin ini alasannya
ALASAN KITA SETIA PADA PEKERJAAN KITA SEKARANG

yang namanya rejeki itu sudah ada yang ngatur gan. Kita cuma bisa berusaha keras mencari rejeki yang halal dan baik, seberapa besar jumlahnya!? ya.... itu terserah yang maha kuasa mau kasih kita berapa

Kadang terpikir gak sih agan-agan kenapa dari dulu sampe sekarang masih setia dengan pekerjaan sekarang. mungkin ada agan yang sudah bekerja bertahun-tahun, belasan tahun atau bahkan puluhan tahun.
Pada dasarnya sifat manusia adalah mudah jenuh, ya... secara logika, kalo bertahun-tahun menggeluti pekerjaan yang sama semestinya manusia merasa bosan dan ingin mencari pengalaman dan pekerjaan yang baru. Tapi kenapa yah kita masih saja bertahan dengan pekerjaan sekarang!?

Berdasarkan pengalaman ane bekerja yang ga seberapa ini, ane mau membagikan beberapa faktor atau alasan kenapa seseorang setia pada pekerjaannya dari dulu hingga sekarang..... check this out

1. Passion
kalo di terjemahkan kedalam bahasa indonesia bisa diartikan dengan kegemaran atau ketertarikan. Jika kita dapat memilih pekerjaan yang akan kita dapatkan, selain faktor besaran gaji (yaiyalah namanya kerja cari duit) kita juga pasti berpikir agar dapat bekerja dibidang yang kita gemari. contohnya saja kita hobi bermain sepakbola dan dikemudian hari bekerja sebagai pemain sepakbola profesional, atau hobi fotografi jadi fotografer profesional, atau juga anak bus mania bisa kerja jadi sopir bus (hehehe). Secara psikologi ketika kita mengerjakan hal yang kita gemari maka kita akan mengerjakannya dengan senang hati dan perasaan nyaman, begitu pula ketika kita bekerja di bidang yang kita memiliki ketertarikan terhadapnya. Apalagi kalo kerja udah kita ngerjain hobi kita sendiri terus di gaji lagi, pasti bikin seseorang betah akan pekerjaanya.

2. Jabatan/Gaji yang Besar
Sebagian dari kita memprioritaskan besaran gaji dibanding hal lain ketika kita mempertimbangkan dalam memilih pekerjaan. Mungkin ini pula salah satu alasan agan untuk bertahan pada pekerjaan yang saat ini digeluti. Beberapa perusahaan senantiasa memberikan reward pada karyawan yang berprestasi seperti kenaikan jabatan atau kenaikan gaji (bukan kenaikan gaji karena tuntutan inflasi ya gan). Pastinya untuk mendapatkannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan butuh perjuangan. Ketika kita sudah mendapatkan semuanya pasti berpikir ratusan bahkan ribuan kali untuk mencari pekerjaan yang lain, karena kita belum tentu mendapatkan kondisi yang sama apabila kita mencari pekerjaan lain.

3. Motivasi
menurut KBBI, motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Berdasarkan hukum sebab-akibat segala sesuatu harus memiliki sebab kenapa suatu hal terjadi, dan juga akibat yang dihasilkan ketika suatu hal terjadi. Begitu pula manusia ketika melakukan suatu pekerjaan tertentu, pasti ada sebab yang mendorong kita melakukan sesuatu dan ada hasil yang ingin di peroleh. Ketika kita bekerja pastinya ada suatu alasan kenapa kita harus bekerja dan apa sih yang ingin kita raih dalam pekerjaan yang kita jalani. Contohnya seorang guru yang memiliki motivasi untuk mencerdaskan bangsa, dokter yang ingin membantu menyembuhkan orang lain, dan sebagainya. kalo motivasi agan apa?

4. Terpaksa
Sebagian dari kita mungkin tidak bisa memilih dibidang mana kita ingin bekerja karena beberapa faktor, misalnya keterbatasan pengetahuan, keterbatasan kemampuan. Sehingga cuma bisa bekerja hanya dibidang yang bisa dikuasai. Kalo kondisi kayak begini yang penting agan sabar dan berusaha bersyukur gan dengan rejeki yang ada.

5. Kondisi yang Nyaman
Menurut ane ini alasan yang paling kuat buat ane, yaitu nyaman. Nyaman disini ane titik beratkan kedalam lingkungan kerja ya gan misalnya teman kerja yang baik dan bersahabat (perlu agan ketahui persaingan diantara karyawan atau pekerja itu adalah hal yang nyata gan dan aksi saling sikut dan saling menjatuhkan adalah hal yang biasa guna mendapat pandangan yang baik dari atasan.


Nah.....
itulah beberapa alasan dan faktor kenapa kita masih bertahan dengan pekerjaan kita sekarang
bila ada faktor yang belum ana sebutkan silahkan ditambahkan aja gan supaya kita bisa saling melengkapi

mohon maaf bila ada kekurangan dalam thread pertama saya ini
dan pastinya saran serta kritik sangat dibutuhkan untuk si newbi yang tidak berdaya ini

terimakasih, semoga bermanfaat
0
2.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.