mejasempitAvatar border
TS
mejasempit
Pengorbanan Seorang Guru Lalui Jembatan Bambu Demi Mengajar
emoticon-Mewek


Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Coba ingat-ingat bagaimana para guru berjuang membebaskan rakyat Indonesia dari kebodohan di tengah segala keterbatasan. Simpelnya, pahlawan tanpa tanda jasa adalah orang yang berani dan rela berkorban dalam membela kebenaran tanpa mengharapkan keuntungan pribadi.

Perjuangan seorang guru demi mengajar murid-muridnya pun punya cerita sendiri. Lusia, seorang guru SDN 27 Sungai Manyan, Dedai, Kab. Sintang, Kalimantan Barat ini harus berjuang dengan melawan derasnya air sungai saat berangkat mengajar.



Perjuangan itu terekam dalam sebuah foto yang diunggah akun Facebook Askiman Sintang, yang tak lain adalah Wakil Bupati Kabupaten Sintang. "Perjuangan seorang guru di pedalaman terpencil perhuluan kayan demi mencerdaskan kehidupan bangsa."

Lusia mulai mengajar dari tahun 2002 sebagai guru kontrak di daerah sampai tahun 2006. Namun sekarang ia sudah diangkat sebagai PNS pada tahun 2009. Sekolah yang jadi tempatnya mengajar juga punya 6 tenaga pengajar, termasuk kepala sekolah.

Sebenarnya, jarak dari rumahnya ke sekolah tidak terlalu jauh tapi kendalanya jika banjir harus melewati sungai itu. Namun air banjir selalu melebihi jembatan yang ada. Bahkan jembatan itu sudah lumayan lama dibangun sekitar 20 tahun lalu.

Akibat tidak ada akses jembatan, saat banjir masyarakat membuat titian seadanya supaya bisa melewati sungai itu. Selain Lusia, ada juga guru yang lain dan anak murid yang harus jalan kaki ke sekolah dengan jarak sekitar 3 kilometer dengan kondisi jalan dan jembatan yang parah. Fasilitas di sekolah juga masih kekurangan buku pelajaran, WC bahkan pagar.

Askiman sebagai Wakil Bupati Kabupaten Sintang menegaskan, pihak pemerintah daerah akan berupaya mangatasinya secara perlahan namun pasti, karena selama ini dianggap terabaikan.

Meski lokasinya cukup jauh dari ibu kota kabupaten dan masih terisolasi, semoga pemerintah daerah bisa membantu para pendidik dan generasi penerus bangsa di sini ya emoticon-Mewek


Diubah oleh mejasempit 22-03-2017 02:43
0
16.1K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.