mulangsarakAvatar border
TS
mulangsarak
Anies Janji Beri Ormas Dana Kalau Menang: Nanti Tunggu Pelantikan
Suara.com - Jika menang pilkada Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan akan memberikan bantuan dana kepada organisasi kemasyarakatan. Dananya akan bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah.

Tapi, untuk sekarang pasangan Sandiaga Uno belum dapat menyebutkan nilai dana untuk ormas.
"Nanti tunggu pelantikan," ujar Anies di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Anies pertamakali menyampaikan rencananya tersebut ketika menghadiri pertemuan dengan Muslimat Nahdlatul Ulama Jakarta Utara di Jalan Fort Barat 104, nomor 27, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Sabtu (18/3/2017).

"Waktu itu sederhana aja, biasa ramai nih. Muslimat NU menyampaikan bahwa kami di muslimat NU tidak mendapatkan cukup dukungan dari pemerintah daerah. Sehingga kami merasa perhatiannya kurang," kata dia.

"Jadi saya sampaikan, insya Allah muslimat NU dan ormas-ormas itu akan mendapat perhatian, karena memang ini organisasi yang memiliki basis masa, yang memiliki kegiatan dan kegiatan kegiatannya positif kok," Anies menambahkan.

Apakah ormas baru, seperti Advokat Cinta Tanah Air juga akan mendapat dana bantuan dari pemerintah, Anies mengatakan pemberian bantuan tentu harus melalui kriteria.

"Saya nggak komentar dulu, itu kriterianya ada kok, ada aturan-aturan hukumnya," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air Novel Chaidir Hasan Bamukmin mendukung janji Anies.

"Alhamdulillah membantu ormas manapun, kami buka pintu. Tapi boleh juga diperluas. Kan banyak ormas yang baru terbentuk dengan semangat untuk membela gubernur muslim," kata Novel kepada Suara.com, Minggu (19/3/2017).

Novel menambahkan organisasi baru, seperti ACTA, yang selama ini konsisten mendukung calon gubernur muslim harus diperhatikan.

"Selama ini, ACTA berjalan sendiri, dengan biaya sendiri, tidak ada sepeserpun dana dari pasangan calon. Itu perlu diperhatikan kalau Anies-Sandiaga menang," kata Novel yang juga sekretaris jenderal Front Pembela Islam untuk wilayah Jakarta.

Novel ACTA maupun jaringan-jaringan relawan selama ini konsisten untuk membantu mengantisipasi kecurangan pilkada agar pesta demokrasi dapat berlangsung lancar.

"ACTA, advokat paling terdepan, selain ACTA kan tidak ada. Setiap hari kami advokasi warga, setiap hari turun ke lapangan. Kami jungkir balik, nggak ada gajinya, betul-betul ini kesadaran untuk membuat pilkada berlangsung baik," kata Novel.

Dengan modal kesadaran untuk membantu membuat pilkada berlangsung demokratis, kata Novel, ACTA sekarang membentuk tim reaksi cepat untuk mengantisipasi kecurangan.

"Ini perlu diperhatikan untuk bisa advokasi Islam secara keseluruhan atas tindakan yang tidak sejalan dengan Islam. Ormas-ormas yang bermanfaat kawal aqidah umat Islam, itu wajib untuk terus diperjuangkan," kata dia.

Novel mengatakan pada dasarnya ormas memang tak banyak memiliki dana, itu sebabnya janji Anies-Sandiaga untuk memberikan dana, didukung




http://m.suara.com/news/2017/03/20/140120/anies-janji-beri-ormas-dana-kalau-menang-nanti-tunggu-pelantikan
0
2.5K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.