Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PutraKucinkAvatar border
TS
PutraKucink
Humbahas Tuan Rumah PRSU, Dibuka Tari Pangurason dan Tari Sisingamangaraja
Humbahas Tuan Rumah PRSU, Dibuka Tari Pangurason dan Tari Sisingamangaraja

MetroTabagsel.com- Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang akan digelar selama sebulan, 17 Maret hingga 17 April 2017, akan digelar di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas ). Ini kali pertama Kabupaten Humbahas sebagai tuan rumah PRSU sejak tahun 2003 pemekaran dari kabupaten Tapanuli Utara. Kabupaten Humbahas pun tahun ini membangun paviliun di area PRSU.

Paviliun Humbahas tak kalah saing dengan paviliun lainnya. Mereka memamerkan hasil pertanian Humbahas, seperti tanaman endemik yang khas tumbuh di kabupaten tersebut. Tanaman-tanaman endemik seperti kemenyan, minyak nilam, kopi, andaliman.

Selain itu, juga hasil pertanian sayur-mayur lainnya dan juga Ihan Batak atau ikan jurung. Sejarah yang dimiliki oleh Kabupaten Humbang Hasundutan adalah sosok Raja Sisingamangaraja I hingga XII yang lahir dan meninggal di Humbahas.

Pemkab Humbahas akan menyajikan tarian Sisingamangaraja saat pembukaan. Pada pembukaan PRSU nanti Humbahas sudah mempersiapkan seperangkat pakaian adat Batak khas Toba kepada Gubsu HT Errry Nuradi dan tarian Pangurason yang merupakan tarian sambutan untuk menyambut tamu kenegaraan.</p>

Tari khas ini dengan membawa air dalam mangkuk dengan campuran jeruk perut lalu dipercikkan ke tamu, dengan makna membersihkan diri. Ke depan Kabupaten Humbahas juga akan terasa istimewa karena akan mempunyai objek wisata Taman Bunga Nasional berdasarkan instruksi Presiden Jokowi pada waktu lalu bersama istri.

Dan, pada momen PRSU ini, Pemkab Humbahas patut berbangga hati karena tahun ini memiliki paviliun sendiri dan rencananya, pada Kamis (16/3) pukul 10.00 WIB akan ada upacara memasuki rumah baru, yaitu upacara adat Mangompoi


Tercatat 12 artis papan atas ibu kota akan menghibur pengunjung Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) pada 17 Maret - 17 April 2017.

Even provinsi itu akan terpusat di dj Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara. Selain itu, ada sekitar 33 Kabupaten dan Kota di Sumut akan menampilkan berbagai kesenian budayanya di tempat yang sama.

"Sukses untuk acara PRSU di Medan"; ucap Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Arief Yahya yang mantan Dirut PT Telkom itu semakin confidence, Sumut terus berbenah, semakin baik. Dia berharap soal kebersihan, kerapian, dan 14 pilar di Travel and Tourism Competitiveness Index World Economic Forum itu dibenahi terus.

Kalau ingin menjadi global , ya harus benchmark dengan global standart; sebut Arief Yahya.

Dengan tema Prestige, Reborn, Spirit, dan Up to Date, PRSU akan menghadirkan konsep dan kemasan baru yang berbeda dengan hadirnya wahana atraktif dan pementasan budaya dan seni terbesar yang pernah terselenggara.

Adapun artis ibukota yang akan tampil antara lain Band Kotak (Sabtu18 Maret 2017), Band Netral (Minggu, 19 Maret 2017), Band Last Child (Jumat, 24 Maret 2017), Band Lyla (Sabtu, 25 Maret 2017), Band Musikimia (Minggu, 26 Maret 2017), dan Band Gangstarasta (Selasa, 28 Maret 2017).

Kemudian dilanjutkan penampilan Judika (Jumat, 31 Maret 2017), Rosemary (Minggu, 2 April 2017), Rizky Ridho (Minngu, 9 April 2017), Govinda (Jumat, 14 April 2017), Band Sheila On7 (Sabtu, 15 April 2017) dan Band NAFF (Minggu, 16 April 2017).

PRSU ini untuk memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh tiap kabupaten dan kotamadya yang ada di Sumatera Utara dalam seni dan budaya yang menjadi ciri khasnya. Dengan penampilan artis-artis ibukota, akan membuat PRSU lebih istimewa.

Ini harus dimaksimalkan agar menjadi menarik dan semakin diminati pengunjung; ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti.

Event yang diadakan sejak tahun 1972 ini ditargetkan mendapat kunjungan 200.000 sampai 230.000 orang setiap harinya. Dengan harga tiket masuk Rp15.000 untuk hari biasa, dan Rp20.000 untuk akhir pekan, PRSU 2017 juga akan menyediakan berbagai jajanan kuliner.

Warga Sumatera Utara patut berbangga hati karena di Indonesia hanya ada dua pekan raya yakni Pekan Raya Jakarta (PRJ) di ibukota dan PRSU di Sumut.

PRSU ini sebagai miniatur Sumatera Utara, dengan menghadirkan lebih dari 30 atraksi seni dan budaya yang melibatkan 33 kabupaten dan kotamadya dari Sumatera Utara; ujar Esthy.

Pekan Preman Sumut

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Preman sumut sudah global standart koq emoticon-Leh Uga

Siap" kocek ke PRSU, untuk parkir liar ormas okp preman sumut, dgn tarif suka", uang izin jalan di tiap lobang jalan selama perjalanan dari medan ke humbahas, uang timbun jalan, uang preman setempat, dll emoticon-Leh Uga
0
4.5K
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.