Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

reiza06Avatar border
TS
reiza06
Tips ampuh mencegah terkena penyakit jantung



Penyakit jantung dapat menjadi penyebab utama kematian, tapi itu bukan berarti Anda harus menerimanya sebagai takdir Anda. Meskipun Anda tidak bisa mengubah beberapa faktor risikonya seperti riwayat keluarga, jenis kelamin atau usia. ada beberapa langkah yang bisa di lakukan untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung.

Anda dapat menghindari masalah jantung di masa depan dengan menerapkan gaya hidup sehat anda sehari hari. Berikut adalah tujuh tips pencegahan penyakit jantung yang anda bisa segera mulai.





1. Jauhi Rokok Dan Tembakau

Merokok atau menggunakan tembako adalah salah satu faktor risiko yang paling besar dan signifikan untuk mengembangkan potensi terkena penyakit jantung. Bahan kimia yang terdapat di dalam tembakau dapat mengakibatkan rusaknya jantung dan pembuluh darah, menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Aterosklerosis ini yang akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

Karbon monoksida dalam asap rokok dapat mengganti kadar oksigen yang terdapat di darah. Hal ini menyebabkan naiknya tekanan darah dan denyut jantung dengan memacu jantung bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup.

Bagi wanita yang merokok dan meminum pil KB memiliki risiko lebih besar terkena serangan jantung atau stroke di bandingkan dengan mereka yang tidak merokok atau minum pil KB, karena keduanya dapat meningkatkan risiko pembekuan darah.

Ketika membahas tentang mengenai pencegahan penyakit jantung, tidak ada jumlah berapa kali merokok yang aman. tapi, semakin Anda sering merokok, semakin besar risiko yang Anda timbulkan. Tembakau tanpa asap, rendah tar dan rokok rendah nikotin, dan asap rokok juga dapat berisiko.

Bahkan anda yang tidak merokok pun bisa disebut sebagai Perokok social. saat teman anda merokok di sebuah bar atau restoran dengan teman-teman bisa berbahaya, karna anda yang tidak merokok pun menghirup udara dari asap rook tersebut dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kabar baiknya, anda dapat mengurangi resiko tersebut saat anda mulai berhenti untuk merokok. risiko penyakit jantung koroner berkurang secara signifikan setelah anda mulai berhenti merokok 1 tahun. risiko penyakit jantung koroner akan turun hampir sama dengan yang bukan perokok dalam waktu sekitar 15 tahun. Dan tidak peduli berapa lama atau berapa banyak Anda merokok, Anda akan mulai merasakan manfaatnya segera setelah Anda berhenti.



http://blog.en.rukunseniorliving.com...a-1024x571.jpg



2. Berolahraga secara rutin selama 30 menit pada setiap harinya
Melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dan ketika Anda menggabungkan aktivitas fisik dengan langkah gaya hidup lainnya, seperti menjaga berat badan yang sehat, hasilnya akan lebih menyehatkan anda.

Aktivitas fisik dapat membantu Anda mengontrol berat badan dan mengurangi potensi lain yang dapat menambah beban pada jantung Anda, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Secara umum, Anda harus melakukan olahraga ringan, seperti lari pagi/atau lari sore, sekitar 30 menit di hampir setiap hari dalam seminggu. Selain itu, bertujuan untuk melakukan melatih kekuatan fisik di lakukan dalam latihan dua hari atau lebih hari seminggu.

rekomendasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk jantung, jadi jika Anda tidak bisa memenuhi rekomendasi tersebut, jangan menyerah. Anda masih mendapatkan manfaat kesehatan yang sama jika Anda membagi waktu olahraga Anda menjadi 10 menit dalam 3 sesi setiap hari dalam seminggu.

Dan ingat bahwa kegiatan seperti berkebun, kegiatan rumah tangga, mengambil tangga dan berjalan dengan anjing juga dihitung sebagai aktivitas olahrga secara keseluruhan. Anda tidak perlu berolahraga keras untuk mencapai manfaat, tetapi Anda dapat melihat manfaat yang lebih besar dengan meningkatkan intensitas, durasi dan frekuensi olahraga Anda.





3. melakukan diet untuk jantung sehat
Makan makanan yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung
Diet dengan mengkonsumsi buah buahan, sayuran dan biji-bijian dapat membantu melindungi jantung Anda. bertujuan Makan kacang-kacangan, rendah lemak atau produk susu bebas lemak , daging tanpa lemak, dan ikan sebagai bagian dari diet yang sehat.

Hindari terlalu banyak menggunakan garam dan gula dalam diet Anda.

Membatasi lemak tertentu yang Anda konsumsi juga penting. Dari jenis asam lemak , tak asam ganda, tak asam tunggal dan asam lemak trans - mencoba untuk membatasi atau menghindari lemak jenuh dan asam lemak trans. Bertujuan untuk menjaga asam lemak 5 atau 6 persen dari kalori harian Anda. Dan mencoba untuk menjaga menjauhi asam lemak trans dari diet Anda.
sumber utama munculnua asam lemak yaitu :
a. Daging merah
b. produk susu penuh lemak
c. Kelapa dan minyak kelapa
Sumber asam lemak trans meliputi:
a. Gorengan, dan makanan cepat saji lainnya
b. Produk Roti Rotian
c. Makanan ringan yang dikemas
d. Mentega
e. Kerupuk, keripik dan kue
Jika label nutrisi memiliki istilah "partially hydrogenated" atau "dihidrogenasi," itu berarti bahwa produk mengandung asam lemak trans.

Tapi Anda tidak perlu membuang semua lemak dari diet Anda. karena Ada jenis lemak sehat yang baik bagi jantung yaitu lemak sehat dari sumber nabati: contoh seperti a, kacang-kacangan,kacang kacangan buah zaitun dan minyak zaitun dapat membantu jantung untuk menurunkan jenis kolesterol jahat.

Kebanyakan orang memerlukan banyak buah buahan dan sayur sayuran pada makanan diet mereka dengan membuat porsi makan sesuai selera. Mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran tidak hanya dapat membantu mencegah penyakit jantung, tetapi juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol, dan meningkatkan diabetes.

Makan dua porsi ikan jenis tertentu dalam seminggu , seperti salmon dan tuna, dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Mengikuti diet jantung sehat juga berarti mengawasi seberapa banyak alkohol yang Anda minum. Jika Anda adalah peminum alkohol, anda harus mengurangi jumlah takaran alkohol yang anda konsumsi untuk menjaga kondisi jantung anda . Untuk orang dewasa yang sehat, satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan laki-laki yang lebih tua dari usia 65 tahun, dan sampai dua gelas sehari untuk pria berusia 65 dan untuk yang lebih muda. Satu minuman didefinisikan sebagai 12 ons (355 mililiter, atau mL) bir, 5 ons anggur (148 mL), atau 1,5 ons cairan (44mL) dari 80-bukti roh suling.

Pada tingkat menengah, alkohol mungkin memiliki efek pada perlindungan pada jantung Anda. Terlalu banyak mgnkonsumsi alkohol dapat menjadi bahaya pada kesehatan anda.





4. Menjaga berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan - terutama jika Anda mengalami kelebihan berat badan itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi yang meningkatkan kemungkinan penyakit jantung - termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Metabolik sindrom - kombinasi dari lemak di sekitar perut Anda, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan trigliserida tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
Salah satu cara untuk melihat apakah berat badan Anda sehat adalah untuk menghitung indeks massa tubuh , yang menganggap tinggi dan berat badan dalam menentukan apakah Anda memiliki persentase yang sehat atau tidak sehat dari lemak tubuh. Indeks massa tubuh nomor 25 keatas pada umumnya berkaitan dengan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Indeks massa tubuh (IMT) adalah panduan yang baik, tapi tidak sempurna. Otot lebih berat dari pada lemak, misalnya, laki laki dan perempuan yang sangat berotot dan fit secara fisik dapat memiliki IMT tinggi tanpa risiko kesehatan tambahan. Karena itu, lingkar pinggang juga dapat menjadi alat yang berguna untuk mengukur berapa banyak lemak perut Anda memiliki

Secara umum pria dianggap kelebihan berat badan jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 40 inci (101,6 cm, atau cm) sementara itu untuk wanita kelebihan berat badan jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 35 inci (88,9 cm).
Menurunkan berat badan secara kecil juga dapat bermanfaat. Mengurangi berat badan Anda dengan hanya 3 sampai 5 persen dapat membantu menurunkan trigliserida dan gula darah (glukosa), dan mengurangi risiko diabetes.
Menurunkan lebih banyak berat badan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah.





5. Pola tidur yang cukup dan berkualitas

Kurang tidur dapat menyebabkan anda memenguap sepanjang hari; dapat membahayakan kesehatan Anda. Orang-orang yang tidak mendapatkan cukup tidur memiliki risiko lebih tinggi terjadinya obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi.

Orang dewasa pada umumnya dapat di katakan mendapat tidur yang cukup jika, bisa tidur 6 sampai 9 jam setiap malam. Jika Anda bangun tanpa jam alarm dan Anda merasa segar, Anda mendapatkan cukup tidur. Tapi, jika Anda terus-menerus mematikan tombol snooze alarm anda itu merupakan perjuangan untuk keluar dari tempat tidur, tanda tersebut membuktikan Anda perlu lebih banyak tidur setiap malam.

Jadikan tidur sebagai prioritas dalam hidup Anda. Mengatur jadwal tidur dan tongkat itu dengan pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Jaga kamar tidur Anda gelap dan tenang, sehingga lebih mudah untuk tidur.

Jika Anda merasa seperti Anda sudah mendapatkan cukup tidur, tapi anda masih merasakan lelah sepanjang hari, konsultasikan ke dokter tentang masalah tersebut.




6. Mengatasi stres
Beberapa orang mengatasi stres dengan cara yang sehat - seperti makan berlebihan, minum atau merokok. Menemukan cara-cara alternatif untuk mengatasi stres - seperti aktivitas fisik, olahraga relaksasi atau meditasi - dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.





7. Periksakan kesehatan anda secara rutin



tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Tapi jika anda tidak memeriksanya Anda mungkin tidak akan tahu apakah Anda memiliki kondisi ini. skrining rutin dapat memberitahu Anda apa yang sebenernya terjadi dan tindakan yang di butuhkan selanjutnya.

Tekanan darah. pemeriksaan tekanan darah secara teratur biasanya mulai di masa kecil. Anda harus melakukan tes tekanan darah dilakukan minimal sekali setiap dua tahun untuk menyaring tekanan darah tinggi sebagai faktor risiko penyakit jantung dan stroke, dimulai pada usia 18.

Jika Anda berusia 40 atau lebih tua, atau Anda berusia antara 18 dan 39 dengan risiko tinggi tekanan darah tinggi, periksalah ke dokter Anda untuk mengetahui tekanan anda setiap tahun. Tekanan darah yang optimal adalah kurang dari milimeter 120/80 merkuri (mm Hg).

kadar kolesterol. Secara umum Orang dewasa seharusnya memeriksakan kolesterol mereka setidaknya sekali setiap lima tahun dimulai pada usia 18. pengujian awal mungkin disarankan jika Anda memiliki faktor risiko lain, seperti riwayat penyakit jantung keluarga .

screening diabetes. Karena diabetes merupakan salah satu faktor risiko untuk berkembangnya potensi penyakit jantung, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memeriksakan diabetes. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang kapan Anda harus melakukan tes gula darah atau hemoglobin A1C tes puasa untuk memeriksa diabetes.

Tergantung pada faktor-faktor risiko, seperti kelebihan berat badan atau memiliki riwayat keluarga diabetes, dokter anda dapat merekomendasikan rongsen awal untuk diabetes. Jika telah di ketahui berat badan Anda normal dan Anda tidak memiliki faktor risiko lain untuk diabetes tipe 2, organisasi American Diabetes Association merekomendasikan mulai skrining pada usia 45, dan kemudian pengujian ulang setiap tiga tahun.

Jika Anda memiliki kondisi seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi atau diabetes, dokter mungkin meresepkan obat dan merekomendasikan perubahan gaya hidup. Pastikan untuk mengambil obat Anda seperti yang diatur dokter dan mengikuti rencana gaya hidup sehat.



sumber artikel



Jika artikel ini bermanfaat, boleh lah gan kasih ane cendol, dan share artikel ini emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Ultah emoticon-Toast emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Selamat
0
1.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.