smarteezAvatar border
TS
smarteez
Kecewa Dengan Pusat Resolusi Tokopedia Yang Merugikan Seller.
Selamat sore,
Ijinkan saya untuk sharing kekecewaan saya sebagai seorang seller di Tokopedia. Saya berjualan mainan Diecast koleksi. Dan sudah lama juga saya bergabung di Tokopedia. Tapi ternyata ada satu transaksi saya yang dikomplain oleh pembeli, dan dimasukkan ke dalam pusat resolusi untuk proses refund, karena barang tidak sesuai.
Barang yang ditransaksikan ada sebuah mainan diecast alat berat, kondisi masih dus segel plastik dari pabrik belum saya buka sama sekali, dan saya foto sesuai dengan kondisi aslinya, tanpa ada yang ditambah atau dikurangi. Dan saya berusaha untuk tidak mencomot foto dari seller lain. Dan saya berikan keterangan pula no refund/no retur.

Nah berikut adalah isi dari komplain buyer kepada saya :


Buyer menganggap saya menjual barang yang tidak sesuai dengan kemauan buyer, yaitu buyer tidak mau menerima barang dikarenakan unit ketika dibuka bentuknya adalah seperti mainan anak anak, dan unitnya tidak sesuai dengan gambar di dus, karena tidak lengkap (tidak dilengkapi tali pada crane).
Sementara saya sebagai seller hanya menjual unit yang sesuai dengan pabrik Takara Tomy yang membuatnya. Dan sayapun melampirkan beberapa contoh gambar dari web, bahwa unit mainan diecast tersebut memang isinya seperti itu. Dan mayoritas kemasan mainan diecast menampilkan illustrasi mirip aslinya, sementara isinya ya mainan, tidak 100 persen detail seperti aslinya ataupun 100 persen mirip illustrasi di dus. Sama halnya kita membeli mi instan, di kemasan illustrasinya lengkap dengan telur dan sayuran, tetap saja isinya mi instan dan bumbu. Dan saya pun memberi penjelasan kepada buyer, masih di pusat resolusi, bahwa unit tersebut masih segel plastik, dan dari pabriknya memang seperti itu, dan unit masih mint belum pernah dibuka samasekali.

Disitu juga saya berikan contoh isi dari beberapa web, jelas jelas memang unitnya seperti itu dari pabriknya, dan tidak ada tali pada crane samasekali. Karena memang ini hanya mainan. Dan saya berusaha meminta bantuan pada pihak resolusi tokopedia. Malah pihak Tokopedia menyalahkan saya bahwa saya menjual barang tidak sesuai Foto yang ada diluar dus.


Sampai saya meminta bantuan pusat resolusi sebanyak dua kali, jawabannya tetap sama, bahwa saya harus tetap meretur barang, dan uang dikembalikan ke buyer. Padahal jelas jelas banyak seller lain yang menjual barang mirip dengan saya, isinya sama persis. Dan jelas jelas dari pihak Tomica Jepang pun menjual seperti itu. Dus dan isi berbeda. Dan banyak yang menjual hanya mencantumkan foto dus saja, tidak pernah ada masalah. Karena memang ini hanya mainan, sesuai dengan harganya. Dan tidak mungkin akan sama persis seperti aslinya. Sebagai buyer pun sebelum membeli, harusnya kalau memang tidak tahu atau tidak paham, gunakan fitur diskusi produk atau hubungi penjual sebelum membeli, atau setidaknya browsing terlebih dahulu mengenai produk yang akan dibeli. Karena ini memang mainan, bukan replika detail.

Sebagai Seller saya merasakan kerugian,
  1. karena barang saya kirim dalam keadaan tersegel pabrik
  2. kalaupun diretur, barang pasti saya terima dalam keadaan segel terbuka, dan karena ini merupakan mainan koleksi, maka akan menurunkan nilai barang, karena sudah dianggap bekas
  3. Hak perlindungan Seller tidak ada samasekali, malah cenderung disudutkan. Dan Pihak admin pusat resolusi tidak berusaha mencari tahu tentang produk. Padahal sudah saya lampirkan foto dari beberapa sumber.
  4. Saya tidak sedikitpun memberikan keterangan bahwa ini adalah mainan yang mirip dan selengkap aslinya. Dan saya dituduh menjual mainan yang tidak sesuai.


Semoga pihak tokopedia bisa memahami kekecewaan seller dan teman teman seller mainan yang mengalami hal sama, supaya ke depannya pihak pusat resolusi Tokopedia lebih memperhatikan seller juga. Dan tidak ada kasus seperti ini lagi. Jelas jelas ini merugikan seller.


Diubah oleh smarteez 21-02-2017 11:19
1
15.5K
62
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.