Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bint4Avatar border
TS
bint4
[FR] Animasi Kreasi Anak Negeri PASOA & Sang Pemberani.
Asalamuallaikum Wr.Wb



Halo semua Kaskuser setia dimana saja berada. Kali ini ane akan mengulas tentang Film Animasi yang ga kalah menarik yg dibuat oleh Adik-Adik kita Siswa SMK Raden Umar Said (Kudus). Kebetulan kemarin ane di undang nih sama kaskus untuk hadir dalam gala Premiere Film Pasoa & Sang Pemberani.

Quote:


Latar Belakang

Hubungan manusia dan alam tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Oleh karenanya, manusia harus bijak dalam memanfaatkan segala yang disediakan oleh alam. Kemudian menjaganya, agar keseimbangan tetap terjaga.

Hal inilah yang melatarbelakangi pembuatan film Pasoa & Sang Pemberani. Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat Dunia dan Indonesia khususnya agar menjaga alam kita tercintai ini yg kita tinggali hingga kelak anak cucu dan cicit kita nanti.

Film ini bercerita tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa, Perwujudan dari perpaduan beberapa hewan di Indonesia. Ia hadir untuk melindungi kekayaan hayati Negeri Indonesia tercinta ini. Kisah Pasoa diharapkan dapat mengenalkan lebih dalam tentang nilai-nilai keluhuran lokal dalam menjaga alam Indonesia sekaligus menyebarkan kekayaan dongeng tradisional yg berakar dari Indonesia.

Quote:


Oke pertama-tama kita akan ulas para karakter di Film Animasi Pasoa dan Sang Pemberani.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Dan itulah beberapa karakter utama, dalam film animasi kreasi Anak Bangsa siswa SMK Raden Umar Said. Yang pasti masih ada beberapa karakter pendukung.

BEHIND THE SCENE
Nah udh dapet kan bayangan untuk karakternya sekarang kita ke behind the scene pembuatan film PASOA ini. Pembuatan film ini membutuhkan waktu selama15 Bulan bahkan kalo ane denger kemarin sampe2 ada siswa yang ga mau pulang alias menginap di sekolah karna mereka ingin memberikan yang terbaik untuk hasil karya mereka. Pastinya juga mereka di bantu oleh beberapa senior industri Animasi dari dalam maupun luar Negeri agar dapat memuluskan beberapa teknis yg dianggap kurang. Salah satunya adalah Woody Woodman, yang bekerja untuk Walt Disney Animation Studio dan para animator Jepang.

Quote:


Quote:


Dan berbicara tentang teknologi 3D di zaman yang sangat super2 digital ini.. ane mau bahas sedikit tentang animasi.
Program animasi ini mempelajari semua aspek Animasi Efek Visual. Dalam program animasi ini keterampilan yang komprehensif di bidang grafis 2D & 3D yang dihasilkan komputer, animasi & pengomposisian VFX, dengan menggunakan perangkat lunak produksi yang paling banyak digunakan dalam industri animasi, seperti Autodesk Maya, Autodesk Mudbox, Adobe After Effect, dan Adobe Premiere.

Ya kurleb nya itu lah teknologi2 yg digunakan dalam membuat film animasi ini...

Dan ini Pic pada saat kunjungan ke both
Inilah semua Hardware dan software dalam pembuatan film animasi ini.

Quote:

Quote:

Quote:


Dalam film ini ada beberapa kata mutiara..
"Apapun yang tumbuh di alama ada manfaatnya, kita harus menjaga keseimbangannya"
"Binatang harus dihormati layaknya saudara sendiri"


Dan terakhir adalah testimony dari Siswa SMK dan Kepala Staff Kepresidenan.

Naufal Ijlal (15), siswa kelas 10, mengatakan bahwa ia tertarik masuk SMK Raden Umar Said karena suka menggambar.

Ia mengaku bahwa selepas lulus dari pesantren ia langsung mendaftarkan diri, ketika SMK tersebut membuka jurusan animasi pada 2015.

"Suka nonton animasi dan tertarik gimana cara buatnya. Aku di pesantren suka gambar-gambar. Terus, pas lulus, disuruh cari SMK sendiri," ujar remaja berkacamata.

Kegemaran Naufal tersebut tersalurkan. Apalagi, materi pertama yang diajarkan  adalah menggambar di kertas dan memindahkannya ke bentuk virtual di layar LCD.

"Sulit, belum pernah pegang komputer sama sekali," akunya lalu tersenyum malu-malu.

Namun, dalam lima bulan, ia sudah bisa mengerjakan animasi digital.

Selanjutnya, Naufal memilih Departemen Lighting untuk konsentrasinya. Tugasnya mengatur pencahayaan setelah dibuat oleh Departemen Layout & Animation.

Biasanya, kata Naufal, butuh waktu berjam-jam baginya untuk menyelesaikan tugasnya.
"Ini lagi proses compositing, penggabungan elemen-elemen dari semua yang dikerjain mereka (Departemen Layout & Animation)," ujar Naufal, yang sedang mempraktekkan pembuatan unsur api di layar komputernya.
Waktu belajar reguler di SMK Raden Said Umar adalah pukul 07.00-14.00 WIB. Di luar jam-jam itu Pasoa & Sang Pemberani digarap.

Naufal merasa puas atas kerja keras dirinya dan rekan-rekannya selama  15 bulan. Ia juga merasa puas akan film Pasoa & Sang Pemberani, yang mereka hasilkan.
"Puas, ya, mendekati Disney lah," katanya kemudian tersenyum bangga.
Quote:


Featuring
Trio Pakusadewo
Sebagai Raja Alas
Quote:


Supported By
Quote:


Bagi yang penasaran pengen nonton ini filmnya bisa disaksikan si salah satu stasiun TV swasta S*TV tanggal 4 Maret Jam 15.30

Nih Link Trailernya ane kasih


Itulah beberapa ulasan dari film animasi Kreasi Siswa dan Siswi SMK Raden Umar Said. kalo ada tambahan silakan komen aja dibawah
Terima kasih untuk semua kaskuser yg sudah mampir di thread ane ini. Jgn lupa rate, komentar ya.

Ayo Dukung Kreasi Anak Negeri sudah saatnya kita bisa bersaing di Dunia Industri Animasi.

Wasalamuallaikum Wr.Wb

For Bonus foto ane sama teman2 yg hadir acara kemarin.
Quote:

Quote:
Diubah oleh bint4 05-03-2017 08:31
0
5.1K
52
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.