Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sunshineformeAvatar border
TS
sunshineforme
Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?
Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?


Kali ini ane bakal ngasih kabar gembira buat agan semua, terutama para gamers yang punya mimpi besar menjadi salah satu gamers profesional. eSport sekarang memang lagi ngehits banget dan menjadi ajang olahraga yang resmi dibeberapa negara, tidak terkecuali Indonesia sendiri. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada salah satu sekolah SMA yang mengajarkan mata pelajaran khusus eSport tapi hanya terbatas di game DOTA2 saja. Nah, sekarang di Asia sendiri, sudah ada Universitas yang mengkhususkan diri untuk mengajarkan para mahasiswanya tentang seluk beluk eSport yang sedang mendunia! Kampus tersebut berada di Malaysia yaitu Asia Pasific University (APU) yang bekerja sama dengan eSport Malaysia (ESM) dan menghasilkan eSport Academy pertama di Asia! Keren! Berikut penampakannya gans!


Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?

Tidak hanya di Indonesia, di Malaysia pun banyak gamers yang menuju ke kancah Internasional. Mereka tidak serta merta hanya ingin main game tanpa menghasilkan apa-apa, tapi berusaha semaksimal mungkin menjadi Pro Player yang bisa menjajal di tingkat dunia!

Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?

eSports Malaysia adalah suatu organisasi yang turut membantu pembentukan akademi ini, eSports Malaysia (ESM) telah bekerja sama dengan kampus Asia Pacific University (APU), untuk mendirikan eSports Academy yang kemudian disebut APU eSports Malaysia Academy, sebuah platform maupun jalan bagi mahasiswa yang ingin berkembang sekaligus terjun langsung dalam berbagai macam perlombaan game yang kompetitif.

Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?

"eSports merupakan tren yang terus meningkat terutama dijaman millenial sekarang dan APU sangat memperhatikan hal tersebut. Mereka sangat mendorong siswa-siswinya untuk berpartisipasi dalam game kompetitif dan tentu dengan cara sehat," kata Datuk Dr Parmjit Singh, CEO APIIT Education Group yang dikutip Garena.

Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?

"APU eSports Klub telah aktif di beberapa turnamen nasional seperti League of Legends Malaysia Campus League (MYCL) Grand Final. Sebagai imbalannya, siswa kami juga telah mewakili APU dan Malaysia di berbagai kompetisi internasional seperti League of Legends International Collegiate Championship (LICC) di Taiwan, "katanya.

Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?

eSport Academy ini Terletak di Bukit Jalil, berada di pinggir kota Kuala Lumpur, yang terletak sekitar 20 km sebelah selatan Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia. APU adalah lembaga pendidikan pertama yang memiliki fitur maupun pembalajaran khusus eSport. Semua dosen maupun pembinanya langsung diajarkan oleh para gamers profesional terutama untuk game-game yang sekarang lagi ngehitz banget seperti; "League of Legends", "Dota 2", "Counter Strike: Global Offensive" dan "FIFA Online 3".

Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?

Mereka yang berada di kampus ini tentu bakalan merasa senang karena bisa main game serta belajar taktiknya langsung dari sepuh gamersnya. Belum lagi fasilitas dari hardware-hardware yang disediakan disana ga mungkin abal-abal. Masih besar kemungkinan kedepannya fokus game yang masuk kurikulum di kampus tersebut akan bertambah mengingat potensial game lain seperti Overwatch, Heroes of the Storm dan lainnya juga terus berkembang.
Fase awal dari kurikulum akan berfokus pada pengembangan menjadi profesional gamers dari tiap fokus game. Selanjutnya juga akan ada pelatihan pengembangan dari team managerial skills dan shout-caster training. Tidak hanya pengembangan program, APU eSports Academy juga memiliki agenda dalam membuat game tournaments, seminars, industry talks.

Kampus eSport Untuk Para Gamers, Pertama di Asia! Kebayang Gak?

Walaupun begitu, di Indonesia dari tahun lalu juga udah ada salah satu sekolah menengah atas (SMA 1 PSKD) di Jakarta yang memasukkan kurikulum eSport kedalam pembelajarannya. Sementara diwebsite resminya sendiri para Guru yang dicari untuk game CS, LOL masih belum ada loh gan. Sekolah ini keren banget menurut ane, dimana pola pikir terhadap anak ga harus ikut cerdas cermat doang tidak terlalu signifikan sehingga para siswa tidak merasa tertekan. Mereka bisa mengikuti kegiatan lain sesuai kemauan dan hobbynya masing-masing. Bahkan, masing-masing kelas di sekolah ini disediakan 1 unit PS4 gan! Wahahaha. Jika ada siswa yang ingin menjadi katakanlah atlet eSports, maka pihak sekolah pun mendukung dengan penuh! Keren ya!


eSport masa kini memang menjadi ladang dan sesuatu hal yang positif banget. Kalau diluar, mungkin eSport bukanlah hal yang baru, bahkan menjadi ladang duit tersendiri bagi para pesertanya yang berhasil memasuki ajang kompetisi tingkat dunia. Tinggal menunggu di Indonesia, akankah membuat hal serupa layaknya kampus tersebut? Mengingat gamers yang ada di Indonesia ini sebenarnya juga super-super! Haha..


Referensi dimari.. Bantu jadiin HT gans jika berguna dimarih


emoticon-NyepiThanks gans udah mau mampir kemarihh emoticon-Nyepi
Diubah oleh sunshineforme 08-03-2017 07:52
0
5K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.