Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

novalfebriAvatar border
TS
novalfebri
Selain Emas Inilah Jenis Logam Favorit Wanita
Bagaimana kabarmu hari ini Gan? Hampir semua perempuan menyukai perhiasan kan? Umumnya, perhiasan terbuat dari logam emas. Akan tetapi, tak hanya logam emas saja yang bisa dipakai sebagai perhiasan, lho! Ada beberapa logam mulia lain yang bisa dijadikan perhiasan seperti perak, palladium, platinum, dan tungsten. Yuk, kenali lebih dalam 4 jenis logam yang bisa digunakan sebagai perhiasan berikut ini.


1. Perak


Selain Emas Inilah Jenis Logam Favorit Wanita
Image Source: @orori_id

Nama perak berasal dari kata Inggris kuno Anglo-Saxon ‘seolfor’ yang artinya perak. Ada beberapa fakta perak yang menarik untuk diketahui. Pertama, awalnya perak diciptakan dan digunakan sebagai mata uang sejak 700 SM. Perak mulai digunakan sebagai perhiasan pada zaman logam. Saat itu, perak banyak ditemukan di Eropa dan Asia Barat.

Perak murni memiliki sifat yang lembut. Oleh karena itu, logam perak harus dicampurkan dengan logam lainnya supaya dapat dibentuk menjadi perhiasan. Ada tiga jenis campuran perak yang biasa digunakan sebagai perhiasan seperti Fine Silver, Sterling Silver, dan Argentium Silver. Diantara ketiga jenis perak tersebut, Sterling Silver banyak digunakan sebagai perhiasan karena memiliki warna keperakan yang terang dan berkilau, Gan! Kelebihan logam perak sendiri, yaitu terjangkau, memiliki berat yang ringan, dan mudah dibentuk. Selain itu, kekurangan yang dimiliki, seperti mudah tergores dan memudar warnanya, Gan!

Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya agar tetap terlihat cantik dan berkilau. Perhiasan perak yang terkena noda tertentu tak akan indah dilihat, Gan! Kamu bisa membersihkan noda pada perhiasan perak dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan di rumah seperti, sabun cuci piring dan air hangat. Logam perhiasan yang terbuat dari perak memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding logam lainnya. Hal ini tentu sangat membantu kamu yang mencari perhiasan dengan budget terbatas.


2. Palladium

Selain Emas Inilah Jenis Logam Favorit Wanita
Image Source: @orori_id

Sebagai salah satu logam perhiasan palladium ternyata menyimpan sejarah dan fakta yang menarik untuk diketahui. Sekitar tahun 19600-am, kata paladium digunakan di Inggris untuk mendeskripsikan sesuatu yang memberikan perlindungan dan keamanan. Plus dan minusnya logam Palladium yakni harga terjangkau, tahan lama. Tak hanya itu saja, palladium termasuk jenis logam baru yang belum diketahui banyak orang. Tak seperti logam lainnya, merawat perhiasan palladium begitu mudah. Kamu cukup membersihkannya dengan air hangat dan kain yang halus. perawatan yang terbilang mudah ini juga membuat logam palladium layak dipertimbangkan untuk cincin kimpoi kamu.

3. Platinum

Selain Emas Inilah Jenis Logam Favorit Wanita
Image Source: orori_id

Platinum merupakan logam putih yang paling mahal dibandingkan dengan logam lainnya. Platinum pun tak perlu lagi dilapisi rhodium, karena sudah memiliki warna putih yang cantik. Platinum sendiri melambangkan cinta yang murni dan abadi, Gan. Walapun kuat, seiring dengan berjalannya waktu cincin platinum akan membentuk lapisan kecokelatan atau kehijauan karena oksidasi. Akan tetapi, warna putih berkilau pada platinum bisa dikembalikan dengan memolesnya di toko perhiasan.


4. Tungsten


Selain Emas Inilah Jenis Logam Favorit Wanita
Image Source: @orori_id

Tungsten adalah jenis logam dengan tingkat titik lebur yang yang tinggi dan kekuatan menarik yang baik sehingga mudah dibentuk menjadi sebuah cincin yang sangat tahan lama. Logam tungsten bisa dijadikan alternatif selain emas untuk sebuah cincin kimpoi. Selain itu, cincin yang terbuat dari logam tungsten pun tahan lama, tidak berkarat atau bernoda, serta harganya yang terjangkau.


Bagaimana Gan menarik sekali pembahasan kita hari ini. Kini, kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilih logam perhiasan yang akan dikenakan. Hayo logam mana yang kamu pilih? Tentu kamu sudah bisa memutuskan pilihan logam lain untuk memberikan sentuhan yang berbeda pada perhiasanmu yah! Selamat mencoba, Gan!

Sumber Artikel
0
4K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.