Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mtx98Avatar border
TS
mtx98
Teka-teki hadir tidaknya Rizieq Shihab saat pidato Raja Salman di DPR
Teka-teki hadir tidaknya Rizieq Shihab saat pidato Raja Salman di DPR


Di DPR, Raja Salman disambut Ketua DPR Setya Novanto, yang mengantarnya masuk dan menandatangani apa yang disebut Piagam Kunjungan, sebelum menyaksikan film dokumenter pendek tentang kunungan Raja Faisal di jakarta, 47 tahun silam.
Dalam acara ini, hadir antara lain Presiden RI ke-6, Soesilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden RI ke 5, Try Soetrisno, Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto, selain Ketua MPR dan para wakil ketua DPR.

Masih belum jelas, apakah Muhammad Rizieq Shihab benar-benar diundang dan benar-benar datang di DPR untuk menghadiri acara pidato Raja Salman dari Arab Saudi.
Sebelumnya, pengacara Rizieq Shihab, Kapitra Ampera mengatakan kepada wartawan, bahwa kliennya mendapat udnangan itu bersama sejumlah tokoh dari Gerakan Nasional Penegakan Fatwa MUI (GNPF MUI), namun pihak DPR yang dihubungi BBC tidak bisa memberikan kepastian.

Dalam daftar undangan terakhir yang diperoleh BBC yang belum bisa diverifikasi kebenarannya, terdapat 61 nama dari berbagai lembaga dan organisasi Islam. Nama Rizieq Shihab berada di urutan 12.

Namun seorang anggota DPR yang tak bersedia disebutkan namanya mengatakan, undangan terhadap Rizieq Shihab dibatalkan atas perintah seorang pimpinan DPR.

"Tapi sebelumnya juga undangan buat Rizieq Shihab itu manuver dari seorang unsur pimpinan DPR yang lain. Dan terus dibatalkan oleh manuver lain dari unsur pimpinan DPR yang lain lagi," katanya. Ia menyebut nama para pimpinan DPR yang saling bermanuver itu, namun meminta untuk tidak ditulis.

Betapa pun, pengacara Kapitra Ampera mengatakan kepada wartawan bahwa Rizieq Shihab akan diusahakan untuk tetap hadir dan bertemu Raja Salman di DPR.
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tidak mengukuhkan benar tidaknya undangan itu, namun ia mengatakan, jika pun diundang, tak ada yang salah.
"Kalau di antara undangan yang hadir ada tokoh yang dikenal kritis, itu kan biasa. Masak yang itu tidak boleh diundang," katanya kepada BBC Indonesia.


Teka-teki hadir tidaknya Rizieq Shihab saat pidato Raja Salman di DPR


Hadir tidaknya Rizieq Shihab cukup jadi perbincangan, terkait dengan suasana politik Pilkada Jakarta, kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Asep Salahudin.
Terutama setelah Basuki Tjahaja Purnama, terkait posisi protokolernya sebagai gubernur Jakarta, turut menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusumah.
Menurut Asep, sebagai pemimpin Arab Saudi, raja Salman dianggap salah satu lambang Islam, karena Arab Saudi adalah tanah tempat kelahiran para nabi, sehingga pertemuan dengan Raja Salman dianggap jadi lambang legitimasi dua pihak yang berseteru.
Pidato singkat
Di DPR, Raja Salman hanya memberikan pidato sangat singkat, kurang dari lima menit, sementara Ketua DPR Setya Novanto berbicara jauh lebih panjang sebelumnya, lapor wartwan BBC Rafki Hidayat.
Raja Salman ternyata juga tidak berbicara tentang 'Islam moderat' sebagaimana yang banyak diduga sebelumnya. Ia hanya berbicara tentang pentingnya hubungan baik Indonesia-Saudi, dan menyinggung tentang diperluasnya hubunganmelalui penandatanganan 11 nota kesepahaman di hari pertama kunjungannya.
Sebelumnya. Setya Novanto berpidato dengan diimbuhi berbagai kalimat dalam bahasa Arab, dan ia beberapa kali tertawa sendiri di tengah pidatonya.
Hal menarik lain, berbeda dengan pemandangan saat kedatangan Raja Salman Rabu (1/3) kemarin, ketika semua perempuan, termasuk anak-anak, para menteri, petugas keamanan perempuan, dan lain-lain mengenakan jilbab, dalam acara DPR ini kaum perempuan tampil beragam.
Sampai akhir acara, yang ditandai dengan keberangkatan Raja Salman dan rombongannya ke Masjid Istiqlal, tak tampak Rizieq Shihab di Ruang Nusantara DPR.
Teka teki sementara terjawab -namun kunjungan Raja Salman masih akan berlangsung hingga tanggal 9 Maret mendatang.

http://www.bbc.com/indonesia/dunia-39137379
0
2.4K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.