Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribratanewsAvatar border
TS
tribratanews
Keberhasilan dalam Tugas, 140 Personel FPU 8 Akan Peroleh Penghargaan Santi Darma
Keberhasilan dalam Tugas, 140 Personel FPU 8 Akan Peroleh Penghargaan Santi Darma
Tribratanews.polri.go.id- JAKARTA –
Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Inspektur Jenderal H. Saiful Maltha mengatakan Formed Police Unit (FPU) 8, nama tim kepolisian Indonesia yang bertugas menjaga perdamaian selama setahun di Sudan, Afrika Utara, sebagai yang terbaik. “So far FPU kita terbaik,” kata di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu , 5 Maret 2017.

Oleh karena itu, sebanyak 140 personel FPU 8 akan mendapat penghargaan Santi Darma. Penghargaan akan diberikan meski FPU 8 dirundung isu penyelundupan senjata.
Penjaga perdamaian FPU 8 seharusnya kembali ke Indonesia pada Januari lalu setelah digantikan oleh FPU 9. Namun kepulangan mereka tertunda karena diduga menyelundupkan senjata. Di dekat barang-barang mereka ditemukan senjata tak bertuan. Beberapa personel diperiksa dalam kasus ini.
Polri dan Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas telah menyatakan FPU tidak bersalah.


Keberhasilan dalam Tugas, 140 Personel FPU 8 Akan Peroleh Penghargaan Santi Darma

“Sudah clear, semua enggak ada masalah. Kalau ada masalah kami enggak bisa pulang.” Irjen Saiful mengatakan kejadian ini menjadi pelajaran bagi FPU dan Indonesia.

FPU bertugas mengendalikan ketertiban umum dan perlindungan terhadap personel, fasilitas PBB, serta mendukung operasi Kepolisian yang membutuhkan bantuan FPU, termasuk melindungi warga sipil. FPU juga aktif dalam kegiatan community policing terhadap para internally displaced persons (IDPs) atau pengungsi korban konflik di Darfur, Sudan.

Polri berpartisipasi dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia sejak 1989 dengan mengirimkan 50 personel civilian police ke misi perdamaian PBB, Untag ke Namibia yang ketika itu baru merdeka. Sejak saat itu Polri selalu aktif dalam misi PBB dengan mengirim anggota ke Kamboja, Mozambik, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Afghanistan, Haiti, Sudan, Somalia, dan Sudan Selatan. | Iswanez

Editor: Kang Iqbal Asik, 96

Sumber berita di atas didapat dari Portal Berita resmi POLRI Tribratanews

UNTUK SELENGKAPNYA SILAHKAN MELUNCUR KE TRIT UTAMA Pasukan FPU VIII Kebanggaan Indonesia Telah Tiba di Tanah Air dari Sudan
Diubah oleh tribratanews 05-03-2017 13:57
0
2.4K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.