sukhoivsf22Avatar border
TS
sukhoivsf22
Pengusaha Arab Urungkan Rencana Investasi di Kawasan Wisata
Pengusaha Arab Urungkan Rencana Investasi di Kawasan Wisata

Masalah kurangnya infrastruktur membuat pengusaha Arab urung berinvestasi di sektor wisata. Pendekatan terus dilakukan.

Kemarin siang, di Kompleks Istana Kepresidenan, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menyatakan optimisme rombongan raja Salman bin Aldulaziz Al Saud akan mendatangkan investasi jumbo ke Indonesia.

Angkanya bahkan digadang-gadang lebih besar ketimbang yang diperoleh Malaysia dari lawatan Raja Salman pekan lalu sebesar US$ 7 miliar (sekitar Rp 93 triliun). "Targetnya kurang lebih US$ 9 miliar (sekitar Rp 120 triliun) dan disaksikan beberapa menteri baik dari Indonesia maupun Arab Saudi," kata Rosan, Kamis (2/3) siang.

Rosan menjelaskan, nilai investasi itu merupakan total dari lima nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Di antaranya adalah pembangunan rumah, pengembangan infrastruktur, haji dan umroh, serta pariwisata.

Ternyata, tak semua rencana itu terwujud. Dalam Indonesia-Saudi Arabia Business Forum di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, sore harinya, hanya empat dari lima nota kesepahaman yang diteken. Nilainya pun jauh menyusut.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh beberapa menteri itu, nilai kerja sama bisnis yang disepakati hanya US$ 2,4 miliar atau sekitar Rp 32 triliun, selisih US$ 6,6 miliar atau sekitar Rp 88 triliun dari yang ditargetkan.

Rinciannya, proyek pembangunan perumahan di Arab Saudi oleh PT Wijaya Karya (Wika) senilai US$ 2 miliar, pembangunan pembangkit listrik tenaga Biomassa senilai US$ 100 juta, pengadaan fasilitas kesehatan US$ 100 juta dan kerja sama fasilitasi haji dan umroh sebesar US$ 200 juta.

Sedangkan rencana kerja sama di sektor pariwisata gagal disepakati. Rosan menjelaskan, investor Arab Saudi tadinya tertarik untuk berinvestasi di tiga kawasan, yakni Mandeh (Sumatera Barat), Tanjung Kelayang (Belitung), serta Mandalika (Nusa Tenggara Barat).

Hanya saja, infrastruktur di ketiga kawasan itu dinilai belum siap. “ Nanti yang bangun infrastruktur airportnya juga akan dari Arab, itu yang membuat mereka coba akan mendapat informasi lebih banyak dari kita,” katanya.

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Umum Asosiasi Agen Tur dan Perjalanan Indonesia (Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies/ASITA), Asnawi Bahar. Menurutnya, sementara Raja Salman melakukan beberapa kegiatan kenegaraan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, sebagian rombongannya ada yang langsung melakukan survei.

Mereka ada yang berkunjung ke Padang (bandara terdekat dengan Mandeh), Lombok, Medan dan Yogyakarta. “Beberapa hari lalu saya sudah dapat informasi, ada booking-an satu grup terdiri dari 50 orang ke Padang,” ujarnya.

Sebelumnya, ketertarikan para pengusaha Arab ini juga telah disampaikan pada pemerintah. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pemerintah bahkan telah menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk rencana investasi ini. "Lokasi yang mereka telah sampaikan ketertarikannya ada tiga itu," kata Arief di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/2) lalu.

Untuk kawasan Mandalika di Lombok, pemerintah telah memiliki lahan seluas 1.100 hektare. Sementara di Mandeh, pemerintah telah menyediakan lahan dengan luas 400 hektare.

Mengacu pada data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sepanjang 2016 realisasi investasinya hanya US$ 900 ribu atau sekitar Rp 11,9 miliar untuk 44 proyek. Begitu juga kunjungan wisatawan Arab Saudi tahun lalu juga hanya sekitar 150 ribu orang
http://m.katadata.co.id/berita/2017/...vestasi-wisata

Hmm,,,
Masih dilakukan pendekatan sob,yah kekurangan infra masih diupayakan,dan informasi yang mereka ingin ketahui masih diupayakan juga,sudah ada yang berhasil ada yang belum jadi ga tercapai target dah.

Rombongan raja ada yang survei langsung,menandakan mereka memang serius invest tapi jadi bisa lihat langsung dah infranya kurang dimana-mana.

Investor alergi sama wilayah yang infranya belum lengkap sob...

emoticon-Turut Berduka
0
3.1K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.