kaskus.infoforumAvatar border
TS
kaskus.infoforum
Content Marketing, Berkreasi untuk Menarik Hati
Pekerjaan content marketer tidaklah pernah selesai, Secara terus-menerus kami meng-update dan mengoptimalisasikan strategi-startegi berdasarkan hal-hal baru, observasi, wawasan, dan teknologi.

Kali ini KASKUS mau berbagi mengenai beberapa hal yang sudah kami lakukan dalam menggunakan konten untuk bisnis, berdasarkan strategi dan pembelajaran dari NewsCred.



Keharusan Membuat Konten

Dalam industri kita sekarang, content marketing sudah menjadi sebuah hal yang wajib dimiliki, bukan sekedar bagus untuk dimiliki saja. Content Marketing dipercaya menjadi cara paling efektif untuk menyampaikan pesan dengan lebih melibatkan konsumen yang kualifikasinya sesuai untuk brand, sehingga bisa mendorong brand awareness, dan meningkatkan penjualan dibandingkan dengan metode beriklan yang biasa.

Konten ini menjadi kekuatan dari customer experience, hal ini tidak terpisahkan dalam membangun hubungan yang bermakna dengan pelanggan. Menurut studi mengenai Meaningful Brands yang dilakukan oleh Havas Group pada tahun 2017, sebanyak 84% orang mengharapkan brand untuk memproduksi konten. Namun sayangnya sebanyak 60% dari konten yang dibuat oleh brand hasilnya jelek, tidak relevan, dan gagal untuk menyampaikan pesan.

Bagaimana Konten Bisa Menggiring Value

Brand harus fokus dalam membuat konten yang sejalan dengan konsumen, dan menghibur, melibatkan, serta memberi informasi untuk mereka.

Kami melihat content marketing sebagai kesempatan untuk menyampaikan user value dalam setiap interaksi. Tapi harus diingat juga, konten yang dibuat harus bernilai bagi brand dan konsumen sekaligus. Biasanya brand lebih banyak bicara soal produknya saja, sementara konsumen tidak mau mendengar 'jualan' terus-menerus. Konten Anda akan lebih efektif jika mengangkat topik yang Anda kuasai.

Sebagai contoh, value yang bisa diberikan dalam konten misalnya informasi, tips, hiburan, dan lainnya.

Salah satu contoh konten dengan value yang memberikan tips bagi konsumen bisa dilihat pada thread berikut. Thread ini membahas mengenai cara menyiasati uang THR agar bisa mencukupi kebutuhan kosumen di hari raya. Misalnya salah satunya adalah keinginan untuk memiliki ponsel baru yang bisa terpenuhi dengan mengikuti campaign 4Ginaja yang digelar oleh Smartfren.

Konten yang menghibur menjadi salah satu konten yang mudah diterima. Misalnya saja thread ini. Pada thread tersebut brand awareness dibangun dengan memperkenalkan seorang ikon wanita cantik, yang merupakan tema yang sangat mudah diterima oleh Kaskuser.



Konten tidak selalu dalam bentuk thread. Di KASKUS, konten bisa berwujud macam-macam, seperti video, grafis bergerak, infografis, gambar, posting-an di sosial media, email newsletters, event, dan masih banyak lagi.

KASKUS sudah melakukannya, secara satu persatu maupun terintegrasi. Misalnya saja content marketing yang dibuat dalam bentuk thread, thread yang di-posting bisa melalui berbagai channel promosi, mulai dari promosi di website KASKUS itu sendiri (seperti Hot Thread, Top Thread) sampai promosi di berbagai channel sosial media KASKUS (facebook, twitter, instagram).

Salah satu contoh dapat dilihat pada thread berikut.



Selain thread, KASKUS juga membuat konten dalam wujud lain, seperti gambar atau video.

Gambar bisa berupa infografis, sehingga konsumen merasa diberi sebuah informasi, meskipun 'terselip jualan' di dalamnya.



contoh infografis, hanya untuk kebutuhan mock up

Contoh video sketsa yang bisa diselipkan brand.





Selain itu, konten juga bisa disampaikan dalam bentuk event. KASKUS memiliki event seperti community spotted, KASKUS The Lounge, Meet The Expert, dan masih banyak lagi. Event-event ini banyak memberikan informasi untuk konsumen mengenai topik-topik yang seru, sehingga konsumen datang bisa mendapatkan sesuatu yang menjadi valuetersendiri untuk mereka, dan sekaligus memberi nilai tambah untuk brand. Pada event offline, konsumen juga bisa mendapatkan user experience secara langsung dari produk dan berdiskusi mengenai produk untuk memenuhi kebutuhannya dengan para ahli di bidangnya, maupun dengan sesama konsumen lainnya.

Contoh Event KASKUS



Ketika dibuat dengan efektif, content marketingbisa memberikan hasil yang menguntungkan bagi brand dan meningkatkan brand equity.



Bagaimana Melakukan Content Marketing : Attract, Capture + Convert

Ada 3 tahapan kunci dalam buyer journey, yaitu Attract, Capture dan Convert.



How to Attract the Right Users

Pada tahap 'Attract' kami berusaha membawa orang yang tepat untuk masuk ke konten yang sudah dibuat. Orang yang tepat adalah target yang sesuai dengan produk. Dalam membuat strategi, semuanya harus dimulai dengan mengidentifikasi tujuan dan target konsumen. Prosesnya adalah membuat konten, channel distribusi, dan ukuran & rencana optimalisasi. Untuk brand tahap 'attract' ini bisa melalui content marketing yang kami buat dalam bentuk soft selling produk. Caranya adalah dengan mengangkat topik yang relevan dengan produk dan konsumen, mencoba menempatkan diri melihat kebutuhan dan keresahan konsumen, lalu pada akhirnya menjadi jawaban atas kebutuhannya itu. pada tahap 'attract' komunikasi dibuat secara organik, sehingga konsumen merasa tidak 'digurui'.



How to Capture Users

Pada tahap 'Capture' KASKUS menerapkan newsletter untuk semua pengguna. Ketika seseorang membuat akun KASKUS, maka ia otomatis akan mendapatkan newsletter setiap bulan yang dikirim ke email. Dengan ini kami bisa mulai membangun interaksi dengan konsumen dalam kesehariannya dan membangun hubungan dengan mereka. Melalui newsletter, konsumen bisa mendapat berbagai update dari kami secara langsung. Membawa orang untuk masuk ke website kita memang penting, tapi mereka tidak akan jadi pelanggan hanya dengan satu interaksi saja. Makanya penting untuk membuat konsumen berinteraksi dengan kita secara berkelanjutan. KASKUS sendiri sudah menerapkan newsletter kepada para usernya, dengan mengirimkan melalui berbagai channel seperti email, dan yang terbaru adalah menggunakan aplikasi KASKUS Chat untuk mengirimkan pesan langsung ke pengguna. Di KASKUS user juga bisa memilih untuk berlangganan forum-forum sesuai dengan minatnya, hal ini memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi terbaru dari forum yang mereka sukai.

Hal ini bisa diterapkan untuk brand. Pada content marketing yang dibuat KASKUS, kami menyelipkan link untuk pembaca agar bisa langsung menuju halaman website atau halaman sign up, dari link tersebut user bisa melanjutkan interaksi yang berkesinambungan dengan brand.


How to Convert Users

Pada tahap terakhir, 'Convert', kami berusaha membuat konsumen mewujudkan hubungan yang sudah terjalin tersebut untuk mulai memakai produk dari brand. Tahap ini disesuaikan dengan goals dari brand.

Misalnya saja campaign untuk meningkatkan brand awareness . KASKUS pernah melakukannya untuk campaign produk-produk smartphone yang baru rilis, salah satunya adalah Vivo V5+. KASKUS menggelar acara KASKUS The Lounge yang mengundang Kaskuser untuk hadir dan bisa mencoba langsung fitur-fitur yang dimiliki smartphone tersebut.

Lain lagi untuk campaign yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan secara online, maupun secara offline. Misalnya KASKUS pernah membuat content marketing untuk MatahariStore, di mana user diajak berbelanja menggunakan voucher diskon dari KASKUS.

Cara lainnya adalah melalui activity online, seperti KasQuiz, di mana user bisa mengikuti games online dengan tema yang sesuai dengan produknya. Contohnya KASKUS pernah membuat KasQuiz Potabee, di mana user harus menyertakan produk dalam submission quiz nya.

Contoh lainnya adalah KASKUS bisa membuat activity online untuk mendukung campaign brand. Salah satunya adalah activity Superband untuk mendukung acara Rockin Battle dan menaikkan jumlah voting untuk band-band yang berkompetisi.

KASKUS juga memberikan analisis performa dari konten, seperti pageviews, sentiment analysis, engagements dan sebagainya. Hal ini juga bisa membantu kami untuk mengidentifikasi performa konten.

KASKUS menyediakan segala kebutuhan brand dalam content marketing. Sebagai forum online terbesar di Indonesia, KASKUS menjadi tempat bagi konsumen mencari tahu mengenai berbagai hal, termasuk konsumen berbagi mengenai user experience nya terhadap berbagai produk. KASKUS menyediakan berbagai forum yang bisa mewadahi itu. Tak hanya forum online, KASKUS juga mengintegrasikannya dalam event offline yang melibatkan komunitas dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan menyediakan ruang untuk brand menjual produknya di forum Jual Beli.

Inilah beberapa kunci sukses agar Anda bisa mengadaptasi apa yang sudah kami lakukan untuk program content marketing Anda.

Attract: Membuat audiens yang berkualitas yang benar-benar berinteraksi dengan konten Anda.

Capture: Buat audiens memilih untuk berlangganan konten-konten Anda, sehingga Anda bisa mengontrol mereka dan bisa mengajak mereka masuk ke pembicaraan produk lebih dalam.

Convert: Arahkan audiens untuk memakai produk sebagai pemenuhan kebutuhannya.

Mari berkreasi bersama KASKUS emoticon-Smilie



Diubah oleh kaskus.infoforum 01-03-2017 08:33
0
27K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & ResearchKASKUS Official
6.2KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.