nemesis007Avatar border
TS
nemesis007
[Share]Sulitnya membuat SIM melalui jalur TES resmi
Selamat malam agan - sista sekalian,
ane cuma mau sekedar share aja mengenai pengalaman ane pagi ini...

Ceritanya ane mau buat SIM A ,soalnya udah terlalu sering ane kena tilang karena bawa mobil tapi ga punya SIM A,
Tapi kok ane ngerasa untuk mendapatkan SIM A melalui jalur test, bukan yang nembak/suap / sogok / jalur belakang atau apalah kok rasanya susah sekali ya...

Rasanya malah ane dicurangin gan...
Begini nih kronologinya...

Tadi pagi ane datang ke polres tempat ane tinggal di cilacap,untuk buat sim melalui jalur test.Tapi ane ga punya sama skali kenalan / hubungan di polres tersebut.

-Awalnya ane disuruh fotokopi ktp dan si polisi meminta surat keterangan kesehatan.Itu oke lah.

-Lalu Setelah ane antri buat ikut testnya tibalah giliran rombongan ane untuk mengikuti test teori
Soalnya ada 30 soal gan...Soalnya tentang kasus di jalanan gitu gan,yang di tampilkan lewat video animasi gitu gan, dalam satu kelas itu harus menjawab melalui semacam joystick gitu gan...
Pilihannya cuma ada benar dan salah..
Dari 30 soal itu untuk lulus kita harus mendapat skor minimal 24 gan dari 30 soal...,disini banyak yg tidak lulus gan...dan untungnya ane lulus dengan hasil lumayan gan... ane dapet skor 27.. emoticon-Malu (S)

-Lalu dari banyak yang ikut ujian teori hanya 3 orang yang dinyatakan lulus ujian teori,diantaranya ane gan...
Tapi anehnya banyak dari yang tidak lulus ujian teori yang bercakap2 dengan polisi gitu gan...ane udah pikiran buruk di sini gan,ane mikirnya udah pada mulai main uang nih gan....,dan ane denger samar2 yang tidak lulus besok harus datang jam 2 buat apa gitu...padalah aturannya kalo yg tidak lulus harus mengulang
Tapi tak masalah,ane sudah siap untuk lanjut ke ujian praktek karena ane sudah lama pegang mobil,dan ane merasa sudah siap karena ane udah latihan lama.

-Tes prakteknya kita harus mahir dalam mengendalikan mobil,melalui tikungan yang berbentuk belokan angka delapan yang agak panjang,baik maju dan mundur gan.

gini nih skemanya

Setelah melihat peserta pertama gagal dalam prakteknya karena telah menjatuhkan beberapa patok rintangan,peserta pertama dinyatakan gagal gan,ane maklum itu soalnya ane lihat peserta pertama kelihatan belum begitu mahir nyetir mobilnya gan...padahal mobil peserta pertama honda jazz gan gan.. emoticon-Matabelo

Lalu tibalah giliran ane gan...ane testnya pake mobil ane sendiri gan...
ini nih boil kesayangan ane


ane lancar gan,melewati rintangan patok2 yang ada,tapi kejadian yang paling menjanggal ada disini gan...
Setelah ane lewat rintangan maju membentuk angka 8 yang panjang,ane lancar gan.Setelah itu ,lalu tinggal praktek mundur membentuk angka 8 melewati beberapa rintangan,disini ane juga lancar gan,begitu di tengah2 rintangan,si polisi penguji bilang ke ane "coba koplingnya dilepas mas,jangan main setengah koling terus"
ane mikir disini dah,kalo ane lepas kopling berarti mobil harus diimbangi dengan gas atau mesin mobil akan mati,dan kalau mau mobil akan terus jalan,gas harus ditekan walapuin pelan,secara tuh rintangan jaraknya pendek bgt gan,kalo mobil kondisi kopling dilepas pasti mobil akan meluncur dengan kecepatan agak tinggi,dan susah untuk membentuk angka 8 dalam jarak yg sangat dekat,nah disitu mesin mobil ane mati gan.Yaiya lah secara kalo kita lepas kopling kondisi mobil berjalan sangat pelan dalam gigi 1 pasti mobil akan mati.Tapi si polisi ga mau kalau ane main kopling.

Yang paling aneh tuh polisi kenapa ngomongnya ke ane kalau ane ga boleh main setengah kopling di saat rintangan terakhir dimana ane hampir berhasil gan.Kesannya kayak mau bikin ane gagal aja,kenapa ga bilang dari awal emoticon-Marah .

Setelah itu ane dinyatakan gagal gan,padahal cuma ane doang yg bisa lewatin rintangan itu gan,Setelah itu ane disuruh tes ulang minggu depan.
Ane kesel bgt jadinya gan... emoticon-Marah

Kalo menurut agan yang udah pernah lewat jalur test tanpa sogok/nembak/jalur belakang gimana gan...?

Emang kalo mau punya SIM harus nembak atau harus punya relasi atau gimana gan..?
Diubah oleh nemesis007 07-02-2013 04:48
0
40.9K
455
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.