Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaka77ciaoAvatar border
TS
kaka77ciao
Bupati Mimika: Gaji pekerja Freeport Rp 5 juta hanya tukang sapu
Merdeka.com - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng membantah pekerja PT Freeport Indonesia mendapatkan gaji sekitar Rp 5 juta per bulan. Menurutnya, gaji sekitar Rp 5 juta tersebut hanya sebagai tukang sapu.

"Gaji segitu tukang sapu saja, tukang bersih-bersih," ujar Eltinus Omaleng di Kantor Kemaritiman, Jakarta, Selasa (28/2).

Dia mengatakan, para pekerja Freeport mendapatkan gaji sangat besar. Sehingga, mereka melakukan demo karena tidak rela kehilangan mata pencahariannya.

Namun, ia tak menyebutkan detail gaji yang didapatkan para pekerja raksasa tambang asal AS ini. "Tidak ada itu, mereka gaji gede-gede di Freeport. Mereka gaji gede makanya mereka demo, kalau kecil ya tidak demo mereka," katanya.

Dia meminta beberapa pihak tak membuat pernyataan yang tidak benar. Apalagi menyebutkan gaji pekerja Freeport hanya Rp 5 juta.

"Jangan percaya omongan seperti itu, tidak benar itu," tukasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR Yaqut Cholil Qoumas mengaku mendapatkan laporan hasil pengkajian beberapa data yang diperoleh GP Ansor. Berdasarkan laporan terkait ketenagakerjaan di Freeport, diketahui dari sekitar 32.000 pekerja Freeport sebagian besar merupakan pekerja kontrak atau outsourcing, tepatnya sebanyak 63,2 persen. Selain itu, data juga menunjukan pekerja berkewarganegaraan Indonesia hanya sebanyak 36,8 persen.

"Dari 36,8 persen pekerja langsung berkewarganegaraan Indonesia, hanya 35,8 persen yang merupakan saudara kami, putra-putri asli Papua. Di mana sebanyak 98,9 persen di antaranya adalah buruh tambang dengan 24 jenjang upah dengan jenjang terendah mendapatkan upah sebesar Rp 3.316.000 dan jenjang tertinggi untuk karyawan hanya mendapat upah sebesar, Rp 5.517.000," jelas Yaqut di Bandara Internasional Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah Senin (27/2).

Data lain menyebutkan, rasio pendapatan antara buruh berpendapatan terendah dengan Komisaris Utama Freeport di Amerika adalah 1 banding 535. Sementara, upah keseluruhan yang diterima oleh 4.321 pekerja asal Indonesia di Papua setiap bulannya hanya 59,8 persen dari pendapatan Komisaris Utama Freeport.

"Jumlah itu hanyalah 0,017 persen atau sebanyak-banyaknya 0,028 persen dari laba bersih yang diterima Freeport tiap bulan," ungkap Gus Yaqut.

https://m.merdeka.com/uang/bupati-mi...kang-sapu.html

Damailah nasbung & nastak... Sana kerja jd tukang sapu drpd nganggur emoticon-Ngakak
0
3.7K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.