cimed.hokkienAvatar border
TS
cimed.hokkien
Tentang Indochina yang Sedang Ramai Jadi Bahasan
Jakarta - Kata Indochina sedang ramai dibicarakan oleh netizen sejak kemarin. Berawal dari umpatan seorang pengguna media sosial.

Gempar mengenai kata Indochina itu berawal dari posting seorang pengguna akun Facebook saat berada di Bandara Kuala Lumpur.

Pengguna akun Facebook tersebut bercerita, pada Rabu (22/2) lalu, di berada di depan papan informasi yang ada di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2, di counter V untuk maskapai AirAsia. Dia tengah antre untuk peletakan bagasi.

Pada papan informasi tersebut muncul tulisan Indochina, Philippines, Singapore, Brunei, Australia, dan New Zealand. Lama menunggu, dia tak kunjung menemukan 'Indonesia' di papan tersebut.

"Pas mau check in di Bandara KLIA 2, Malaysia, pas lihat di papan info, ada tulisan Indochina, saya tunggu mana Indonesia tapi tetap muncul Indochina. Jadi di mana letak negara Indochina? Mikir dan sadarlah saudaraku Indonesia," kata si pengguna Facebook tersebut.



Posting tersebut lantas tersebar ke Twitter dan menjadi bahan perbincangan. Ada yang langsung ikut-ikutan mengumpat sampai-sampai 'menyerang' AirAsia, namun ada pula yang mengkritisi posting tersebut.

Mereka yang mengkritisi posting menjelaskan bahwa Indochina merupakan sebutan untuk suatu wilayah yang sudah umum dipakai, bukan merujuk pada nama negara atau selengekan untuk merendahkan negara tertentu.

Di tengah ramai perbincangan mengenai Indochina di linimasa, AirAsia Indonesia melalui akun Twitter-nya menyampaikan definisi kata tersebut.

"Indochina adalah sebuah nama ciptaan orang Eropa pada abad 19 untuk sebuah area di Asia Tenggara yang budayanya dipengaruhi oleh India & Cina," demikian cuitan dari akun AirAsia Indonesia.

Masih merujuk pada penjelasan Twitter AirAsia Indonesia, wilayah Indochina itu pernah dijajah Prancis. Wilayah Indochina kini adalah Vietnam, Laos, dan Kamboja.

Tak hanya itu, AirAsia Indonesia juga memberikan penjelasan mengenai di mana seharusnya calon penumpang di KLIA2 dengan tujuan Indonesia meletakkan begasi. Bagasi diletakkan di counter U, bukan counter yang lain. Untuk diketahui, dalam posting Facebook miliknya, si pengguna akun yang mengumpat mengenai Indochina tengah antre di counter V.



"Letakkan bagasimu di konter U, yang khusus untuk destinasi menuju Indonesia untuk terbang pulang dari Bandara KLIA2 di Kuala Lumpur," demikian cuitan AirAsia Indonesia.

Sekilas tentang Indochina



Merujuk pada sejumlah sumber, Indochina, adalah sebuah kawasan di Asia Tenggara yang posisinya berada di sebelah timur India dan di sebelah selatan negeri China. Dinamakan Indochina karena kawasan ini mempunyai pengaruh budaya peradaban India dan peradaban China.

Kini istilah Indochina digunakan secara mutlak untuk memerikan kawasan Laos, Kemboja, dan Vietnam. Semenanjung Malaysia juga sering dimasukkan dalam wilayah ini, namun wilayah tersebut lebih sering dimasukkan ke Asia Tenggara Maritim. Wilayah Republik Rakyat China selatan juga sering dimasukkan dalam Indochina.
(fjp/tor)

https://news.detik.com/berita/d-3431...i-jadi-bahasan

kaum nasbung emang bodoh dan tolol, tiada kaum nasbung yang tidak bodoh emoticon-Betty emoticon-Leh Uga
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 249 suara
Mana kah Pilihan yg paling benar?
Ya
68%
Tidak
1%
Ya
17%
Tidak
9%
Ya
0%
Tidak
0%
Ya
4%
Diubah oleh cimed.hokkien 25-02-2017 08:39
0
21.8K
230
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.