Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
China Diyakini Akan Jadi Investor Terbesar di Indonesia
Peta investasi di Indonesia telah mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Melejitnya China sebagai raksasa ekonomi dunia menjadi penyebabnya.

Kini, Negeri Tirai Bambu itu sudah berada di posisi ketiga sebagai negara dengan investasi terbesar di Indonesia. Hanya kalah dari Singapura dan Jepang.

"(Padahal) Investasi China 4 tahun lalu peringkat ke-13, sekarang jadi nomor 3," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Nusa Dua, Bali, Jumat (24/2/2017).

Sepanjang 2016 lalu, nilai investasi China di Indonesia mencapai 2,7 miliar dollar AS dengan jumlah proyek mencapai 1.734. Di atasnya ada Jepang yang mencapai 5,4 miliar AS dengan 3.320 proyek, dan Singapura mencapai 9,2 miliar dollar AS dengan 5.874 proyek.

Adapun negeri dengan ekonomi sebesar Amerika Serikat (AS) hanya duduk diperingkat ke-6 dengan nilai investasi di Indonesia mencapai 1,2 miliar dollar AS.

Kedigdayaan China dinilai wajar lantaran memiliki ekonomi terbesar di Asia-Pasifik yang nilainya mencapai 11,4 triliun dollar AS per tahun. Lebih tinggi dari Jepang yang hanya 4,7 triliun dollar AS, India 2 triliun dollar AS, dan Korea yang hanya 1,4 triliun dollar AS.

Thomas Lembong yakin, dengan ekonomi sebesar itu, China akan menjadi investor terbesar di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

"Wajar negara terbesar, akan menjadi investor terbesar juga. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara," ujarnya.

Bagi Thomas Lembong, kedigdayaan China tidak bisa dibendung. Namun bukan berarti tidak ada hal yang bisa dikerjakan Indonesia.

Pemerintah tutur ia, harus tetap menjaga kepentingan nasional. Banjir investasi harus dimanfaatkan dengan cerdas untuk kesejahteraan rakyat.

http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...r.di.indonesia

terbesar gan
0
3.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.