• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Alasan Kuat Kenapa Kita Perlu Memikirkan Untuk Beli Rumah Dari Sekarang!

mochzainalftAvatar border
TS
mochzainalft
Ini Alasan Kuat Kenapa Kita Perlu Memikirkan Untuk Beli Rumah Dari Sekarang!
Hoollaaa!
Welkam to my thread Gan!

emoticon-Haiemoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Hai


Beli rumah bukan perkara mudah, tapi gak susah juga kalo di niatkan. Niatkan dengan muali menabung. Kalo tabungan belum cukup buat beli rumah, tapi pengen punya tempat tinggal sendiri, biar bisa mandiri dan nggak selalu ngerepotin orang tua. Nyicil! Ya nyicil rumah adalah solusinya, dari pada ngontrak, sama aja qt buang uang qt ke tempat sampah, tapi kalo nyicil rumah, itu sama aja lagi investasi. Gw yakin setiap kita pasti pengen punya rumah, tapi sering kali ini dikesampingkan. Dan gak betul-betul di niatkan. Padahal, kalo di niatkan betul, ane yankin kita semua bisa kok.



Kalo kalian masih mengkesampingkan niat untuk beli rumah, coba baca dulu thread ane sampe selesai. Supaya kamu bisa punya alasan juga, kenapa kita harus mulai niatin atau bahkan langsung beli rumah mulai dari sekarang. Apa aja alasannya? Berikut:

Harga rumah makin mahal

Harga rumah makin tinggi dari waktu ke waktu. Permintaan yang tinggi dan nggak sebanding dengan ketersediannya membuat harga rumah terus melonjak.
Gw juga dulu sebelum ambil rumah mikirnya begini… “dari pada dinanti2 malah makin mahal”. Akhirnya setelah pertimbangan ini-itu, gw putusin buat ngambil rumah, gw niatin dan gw mulai nabung.

Beli Rumah Secara Tunai atau Nyicil bisa jadi pilihan dari sekarang.

Kalo udah punya cukup uang kita beli rumah harus secara tunai. Tapi kalau emang belum punya uang, nyicil juga bisa jadi alternative kaan. Mungkin seorang karyawan kantoran biasa kaya gw butuh nabung lama kalo mau beli cash, tapi ya diniatkan ternyata bisa juga. Sambil kerja sampingan. Yang penting niaaaat emoticon-Big Grin
Untuk itu, nyicil rumah bisa jadi solusi. Bayangin aja, kalo harga rumah harga rumah berkisar antara Rp 100 juta sampe Rp 300 juta. Kalo yang Rp 100 jutaan, kita bisa banget buat nabung, kalo yang udah diatas Rp 300 jutaan, pegel juga nabungnya kan. Jadi mending di cicil.
Selain itu, dalam beberapa tahun ke depan harga rumah yang tadinya Rp 300 juta tersebut bakal jauh meningkat, bahkan bisa berkali-kali lipat. Makanya lebih cepat ambil ya lebih baik.

Properti masih jadi investasi yang menjanjikan

Berhubung harga rumah selalu meningkat dari tahun ke tahun, maka bisa dibilang rumah atau properti masih menjadi investasi yang menjanjikan.
Mulai investasi dari sekarang. Bisa mulai nabung atau ambil cicilan kalo udah ada DP dan jadiin rumah yang kita beli sebagai investasi. Karena buat investasi juga, pastiin rumah kita itu bagus dan kokoh. Biasanya rumah yang bagus dan kokoh itu dari developer yang bagus juga.
Karena kalau investasi, biasanya dalam beberapa tahun ke depan harganya bisa melonjak tinggi. PR buat perawatan rumah nya juga tinggi kalo gak dibangun sama developer yang bagus. Tapi sejauh ini, karena gue ambil di developer yang terkenal bagus gue gak ngeluarin banyak buat perawatan. Gue ambil di Grand Sutera tanggerang, developernya Mas Group. Itu emang terkenal bagus dan harganya juga mulai dari Rp 100 Jutaan. Adek gw malah lagi ngincer Grand sutera yang di Leuwiliang, Bogor. Tempatnya cukup terjangkau. Kalo kita beli dari developer bagus dan terpercaya, kita juga gak akan banyak keluarin uang buat perawatan atau betulin rumah. emoticon-Big Grin

Sampe kapan mau numpang terus?

Dari kecil kita tinggal bersama orang tua, bahkan sampai lulus kuliah atau kerja. Kalau belum nikah, masih oke-oke aja sih kalo tinggal di rumah ortu. Kalau saat ini udah nikah tapi masih tinggal di rumah orang tua atau mertua, coba deh untuk belajar lebih mandiri dengan keluar dari rumah tersebut, entah itu ngontrak atau tinggal di rumah sendiri, kalo udah jadi beli rumah.
Dananya belum cukup? Coba nyicil rumaha aja, selama uang yang cukup untuk uang muka, maka beranikan diri untuk melakukan hal tersebut. Kalo gak diberanikan mulai dari sekarang? Ya mau kapan lagi.


Belajar mengatur keuangan

Kalau udah niat, pasti bisa. Karena dengan niat yang benar-benar niat, kita bisa banget buat menyisihkan uang kita buat nabung beli rumah atau nyisihin buat bayar cicilan rumah nantinya.
Dengan niat nabung atau dihasurkan bayar cicilan rumah, kita akan dituntut disiplin ngatur uang. Karena, udah punya niat nabung dan bayar cicilan itu wajib kalo nggak ingin kena denda. Jadi, lambat laun kita akan semakin jago dalam mengatur keuangan kita.
Kaya gw sekarang, sejak ambil rumah gw jadi lebih teliti banget ngatur keuangan. Nggak sembarangan pake uang buat hal2 yang nggak penting, karna gw selalu inget ada cicilan rumah yang mesti gw bayar. Bukan berarti pelit, Cuma gue membatasi hal-hal yang gak penting emoticon-Big Grin

----

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kita harus mulai buat mikirin untuk beli rumah dari sekarang. Gue juga dulunya nyari-nyari alasan buat beli rumah ataupun nabung. Enak sih penghasilan kita bisa diabisin buat seneng-seneng. Tapi mau sampe kapan? Kerja gak keliatan hasinya kan capek

Kalo kalian gimana? Udah kepikiran buat beli rumah?
Share di komentar pendapat kalian yaa.
Terima Kasih
emoticon-Jempol

Diubah oleh mochzainalft 22-02-2017 09:45
0
2.7K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.