remofAvatar border
TS
remof
Mudahnya Pakan Fermentasi Untuk Kambing
Spoiler for Kambing:

Beternak kambing merupakan biasanya hanya menjadi usaha sambilan didesa, Namun suadah bukan menjadi rahasia lagi kalau sudah banyak peternak kambing yang serius untuk mengebangkan usaha ternaknya. Dengan makin berkembangnya usaha ternak kambing para peternak juga berlomba - lomba menghasilkan kambing yang berkualitas. Kambing yang sehat dan gemuk bisa disebut sudah berkualitas, karena faktor ini juga bisa meningkatkan harga jual kambing.

Banyak cara yang ditempuh untuk mendapat kambing yang sehat dan gemuk salah satunya adalah memberikan pakan dengan baik dan teratur. Pakan yang diberikan haruslah yang memiliki nilai gizi yang mencukupi bagi kambing. Pakan fermentasi bisa menjadi solusi pakan yang baik untuk kambing.

Pakan fermentasi juga memiliki banyake keunggulan diantaranya bisa menghemat waktu dan biaya peternak dalam mencari rumput. Nah berikut ini saya berikan cara membuat pakan fermentasi untuk kambing :

BAHAN DAN UKURAN:

1.) 5-8 ikat atau 1000 kg jerami padi , pilih yang kering
2.) 20-25 Liter, tetes tebu atau molase bila tidak ada dapat diganti gula yang dilarutkan. Penggunaan larutan gula memang lebih mahal dibandingkan dengan tetes tebu, namun untuk jangka panjangnya akan lebih aman menggunakan larutan gula jawa atau gula aren.
3.) 1 botol probiotik
4.) 250-300 Liter, air untuk melarutkan probiotik dan tetes
5.) Dedak atau bekatul padi sebanyak 30 kg


PERALATAN:

1.) Tempat untuk fermentasi jerami dapat berupa tembok semen, bis semen, drum plastik, plastik bening, (silahkan disesuai dengan kemampuan dana dan jumlah ternak).
2.) Alat pemotong berupa mesin pemotong rumput/jerami atau sabit atau sejenisnya
3.) Ember atau timba, gembor, terpal plastik atau karung plastik




LANGKAH PEMBUATAN
* Sediakan tempat untuk pembuatan fermentasi, pastikan kondisinya bagus
* Jerami kering atau bahan-bahan kering, dipotong-potong memakai alat atau mesin pencacah rumputdengan ukuran kurang lebih 5 cm
* Larutkan tetes tebu / air gula serta probiotik dengan air menjadi satu sesuai perbandingan bahan-bahan di atas.
* Siapkan terpal plastik untuk alas mencampur antara jerami dengan campuran tetes, probiotik dan air.
* Jerami padi yang sudah dipotong ditaruh di atas terpal sedikit demi sedikit kira -kira 1 lapis sekitar 15-20 cm kemudian bekatul ditebar secara tipis, sambil disiram larutan air tetes dan probiotik sesuai perbandingan di atas sampai merata dan jerami kelihatan basah.
* Setelah jarami benar-benar telah disiram rata dengan larutan tersebut, jerami dimasukkan ke dalam wadah sedikit demi sedikit sambil dimampatkan/diinjak-injak supaya padat.
* Setelah penuh dan padat, wadah ditutup hingga rapat, usahakan agar udara benar-benar kosong

Setelah 14 hari jerami tersebut baru dapat mulai diberikan pada ternak kambing sesuai dengan kebutuhan. Itu tadi cara membuat pakan fermentasi untuk kambing, semoga bisa dapat menambah informasi bagi anda. Cukup dulu dan Terimakasih banyak gan emoticon-Wowcantik .
0
2.6K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.