BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Abang tiri pemimpin Korea Utara mati diracun

Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un semasa hidup.
Kim Jong-nam, 46 tahun, diwartakan telah lama masuk daftar orang yang harus dihabisi. Saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, itu acap kali bepergian dengan nama samaran, yang salah satunya Kim Chol.

Pada Selasa (14/2), laki-laki yang pernah ketahuan memakai paspor palsu ketika akan memasuki Jepang pada 2001 tewas di Malaysia kala tengah berada di area pertokoan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

Situs berita ABC melaporkan bahwa Jong-nam kemungkinan besar dibunuh dengan semprotan kimia. Keterangan itu berasal dari petugas medis yang berupaya menyelamatkan nyawa pria dalam sakratulmaut.

Sementara itu, ada pula informasi yang menyatakan bahwa Jong-nam mati karena racun yang disalurkan lewat jarum, seperti ditulis oleh Time.

Namun, apa pun metode eksekusinya, pelakunya diduga berjumlah dua orang. Semuanya perempuan, dan mereka dicurigai sebagai agen rahasia Korea Utara. Setelah selesai beroperasi, para pencabut nyawa itu hengkang dari lokasi menumpang taksi.

"Korban...merasa ada orang yang membekap atau menahan wajahnya dari arah belakang," ujar Fadzil Ahmat, seorang petugas kepolisian. "Ia lantas merasa pusing, dan langsung meminta bantuan...(kepada petugas bandara)".

Menurut Fadzil, polisi Malaysia telah mulai menyelidiki kasus pembunuhan itu.

Dilansir BBC, sumber dari pemerintahan Amerika Serikat meyakini bahwa Jong-nam diracuni oleh agen Korea Utara.

Dugaan itu diperkuat oleh keterangan dari direktur badan intelijen Korea Selatan (NIS), Lee Byung-ho. Menurutnya, pemerintahan Korea Utara telah lama berhasrat menewaskan Jong-nam. Namun, masalahnya, sang target dilindungi oleh Tiongkok.

Jong-nam dikenal kerap menghabiskan waktu di luar Korea Utara. Ia tak sungkan-sungkan mengecam kekuasaan dinasti keluarganya di hadapan khalayak luas.

Jika memang pembunuhan itu dilakukan oleh Korea Utara, maka kasus dimaksud bakal memperpanjang daftar ratusan pejabat senior yang mati di tangan pemerintahan Jong-un.

Kim Jong-un diyakini telah mengeksekusi mati 140 pejabat senior sejak duduk di kursi kepemimpinan Korea Utara menggantikan sang ayah, Kim Jong-il, pada 2011.

Namun, kematian Jong-nam menjadi yang paling mengejutkan sejak Chang Song-thaek, paman Jong-un, dieksekusi mati pada 2011.

Menurut media Inggris, The Guardian, alat eksekusi favorit Jong-un adalah penyembur api dan senapan mesin.

Meski begitu, trik yang diambil untuk menewaskan Jong-nam lebih mirip insiden serupa di Korea Selatan pada 2011. Saat itu, seorang agen Korea Utara menyerang seorang aktivis antipemerintah dengan jarum beracun yang disamarkan dengan pulpen.

Anak tertua Jong-il itu terlahir pada 1971 dari seorang perempuan yang di negerinya dikenal sebagai artis, Song Hye-rim.

Dalam perjalanannya, Jong-nam diasuh oleh bibinya, Sung Hae-rang.

Pada usia 27 tahun, Jong-nam mulai bekerja di Kementerian Keamanan Umum.

Meski dirasa cocok untuk mewarisi kekuasaan bapaknya, kasus paspor palsu Jong-nam di Bandar Udara Narita, Jepang, pada 2001 menghapuskan peluang.

Ketika ditangkap, ia sedang bersama seorang bocah yang dikenali sebagai putranya bermodalkan paspor Republik Dominika. Dalam pengakuannya di hadapan petugas imigrasi, Jong-nam berkata ia ingin mengunjungi Disneyland Tokyo.

Peristiwa tersebut, bergandengan dengan kasus pembelotan ibunya--yang meninggal di Rusia pada 2002--membuatnya tersingkir. Adiknya, Jong-un, lantas malah dapat angin dan ditahbiskan sebagai "Sang Penerus Agung".

Time menulis bahwa pada wawancara dengan Asahi TV, Jepang, pada 2010, Jong-nam mengatakan pengangkatan Jong-un sebagai pemegang obor kepemimpinan selanjutnya adalah keputusan sang ayah.

Ketika itu, ia mengaku tidak berkeberatan untuk memberikan bantuan kepada sang adik meski "dari luar negeri".

Negara tempat Jong-nam tewas, Malaysia, menjadi salah satu tempat yang punya relasi dekat dengan Korea Utara. Warga dari masing-masing negara tersebut dapat melakukan kunjungan tanpa harus mengajukan visa.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-mati-diracun

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sengit Antasari dengan SBY di tengah panas Pilkada DKI

- Warga Jakarta memilih

- Gunakanhak suara di TPS bonus transportasi gratis

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
18.4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread730Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.