Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

godok.indonesiaAvatar border
TS
godok.indonesia
Ternyata, Ini Efek Tato buat Tubuh
Ternyata, Ini Efek Tato buat Tubuh


Tato, oh, tato.

Tato, seni merajah tubuh ini memang telah lama digandrungi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Semua kalangan, tanpa peduli usia dan status, berlomba-lomba menghiasi tubuhnya dengan berbagai macam ukiran artistik, seperti tulisan penuh makna, simbol-simbol tertentu, gambar orang terdekat hingga lukisan wajah sang artis idola. Di Indonesia sendiri, Gan-sis dapat dengan mudah menemukan studio tato, mulai dari yang berlokasi di kota besar, pedalaman atau bahkan di daerah-daerah wisata. Harganya pun bermacam-macam, tergantung dari jenis alat yang digunakan hingga tingkat kesulitan pembuatan gambar.

Ternyata, Ini Efek Tato buat Tubuh


Tertarik mengikuti tren merajah tubuh yang satu ini? Ada baiknya Gan-sis simak terlebih dahulu penjelasan lengkap mengenai dampak buruk tato bagi kesehatan berikut ini:

1. Rentan infeksi

Ternyata, Ini Efek Tato buat Tubuh


Tahu nggak Gan-sis, kalau prosedur mentato tubuh ternyata membuat kulit Gan-sis lebih rentan terkena infeksi? Seperti yang diutarakan oleh Dr. Luch, infeksi dapat muncul karena pada proses merajah tubuh, seniman tato akan menusuk kulit Gan-sis dengan jarum berulang-ulang kali agar tinta menempel secara permanen. Masalahnya adalah, proses tadi akan menyebabkan beberapa senyawa asing yang terkandung pada tinta masuk ke pembuluh darah dan saraf, hingga akhirnya mempengaruhi fungsi serta kinerja sel imun tubuh. Hasilnya, kulit akan lebih rentan terkena infeksi, bahkan berisiko memunculkan sel kanker di jaringan dermis.

2. Reaksi Alergi

Ternyata, Ini Efek Tato buat Tubuh


Pada beberapa orang, prosedur merajah tubuh dapat menimbulkan beberapa reaksi alergi. Hal ini dikarenakan sistem imun menolak masuknya senyawa asing ke dalam tubuh. Reaksi yang muncul pun sangatlah bervariasi, mulai dari timbulnya bercak-bercak kemerahan, rasa terbakar di permukaan kulit, hingga gatal dan ruam parah.

Selain itu, kurang diperhatikannya tingkat kehigienisan alat serta jarum tato dapat membuat Gan-sis terpapar beberapa penyakit mematikan, seperti tetanus, hepatitis B, dan hepatitis C. Hal ini dikarenakan alat yang dipakai berulang dan tidak dibersihkan secara maksimal berisiko tinggi menjadi tempat tumbuh kembangnya bakteri, seperti staphylococcusaureus dan pseudomonas. Bahkan dapat menyebabkan si pengguna terkena virus mematikan HIV (Human Immunodeficiency Virus). Mengerikan, bukan?

3. Mengganggu tes MRI

Ternyata, Ini Efek Tato buat Tubuh


MRI /Magnetic Resonance Imagingmerupakan prosedur pencitraan tubuh guna mendeteksi jaringan lunak, seperti kista dan tumor. Jarang yang mengetahui, bahwa dengan merajah tubuh, Gan-sis telah meningkatkan risiko munculnya peradangan serta pembengkakan kulit yang terpapar gelombang magnetik saat melakukan tes MRI.

4. Sulit dihapus atau dihilangkan

Ternyata, Ini Efek Tato buat Tubuh


Meskipun saat ini sudah ditemukan teknik laser yang dapat digunakan untuk menghilangkan tato, namun teknologi tersebut masih terbatas pada beberapa warna tinta saja. Selain itu, bagi Gan-sis yang berpigmen kulit gelap, teknik laser tidak akan dengan efektif menghilangkan tato. Setidaknya, Gan-sis harus melakukan prosedur laser sebanyak 3 kali sampai tato benar-benar hilang.

Setelah menyimak informasi berikut, jadi bagaimana masih berminat membuat tato pada tubuh ?
Diubah oleh godok.indonesia 16-02-2017 04:11
0
9.4K
85
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.